BAB 2 PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN, PENGINDRAAN JAUH, DAN SIG (Page 7)

G. DEFINISI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)


        Peta dan pengindraan jauh tidak dapat dipisahkan dari sistem informasi geografis (SIG). SIG merupakan sistem yang khusus mengelola database yang berisi data dengan referensi geografis dan memiliki informasi spasial.
       Input data SIG banyak diperoleh dari citra pengindraan jauh. Semua informasi itu diproses menggunakan komputer yang kemudian dapat dikombinasikan menjadi informasi yang diinginkan. Teknologi ini dapat digunakan untuk pengelolaan sumber daya, investigasi ilmiah, pembuatan peta atau kartografi, perencanaan pembangunan, tata guna lahan, informasi fasilitas, seperti fasilitas kesehatan, dan untuk keperluan tanggap bencana.
          Kesimpulannya, sistem informasi geografis merupakan sistem yang berfungsi mengumpulkan, mengatur, mengelola, menyimpan, dan menyajikan segala jenis data (informasi) yang berkaitan dengan kondisi geografis suatu wilayah. Keuntungan dari adanya SIG:
1. Pengelolaan data dalam format yang kompak dan jelas.
2. Analisis data dapat dilakukan dengan lebih efisien.
3. Pembaruan data dapat dilakukan dengan cepat.
4. Biaya lebih murah jika dibandingkan survei lapangan.
5. Dapat digunakan untuk membantu mengambil keputusan dengan lebih cepat.

Definisi sistem informasi geografis oleh para ahli:
 No
Tokoh 
Pandangan 
 1
Burrough (1986) 
SIG adalah seperangkat alat yang penuh daya untuk mengumpulkan, mengubah, dan menampilkan data spasial dari dunia nyata. 
2
Smith (1987)
SIG adalah sistem database data spasial dan seperangkat prosedur yang beroperasi dalam rangka menjawab pertanyaan tentang entitas spasial dalam database.
3
David Rhind (1988)
SIG adalah sistem berbasis komputer untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, dan menganalisis informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.
4
Blakemore (1989)
SIG adalah paket komputer, yang mengintegrasikan penyimpanan, manipulasi, analisis, pemodelan, dan pemetaan informasi spasial digital.
5
Congalton dan Green (1991)
SIG adalah sebuah sistem untuk memasukkan, menyimpan, manipulasi, menganalisis, dan menampilkan data geografis atau spasial. Data ini diwakili oleh titik, garis, dan poligon beserta atribut terkait.
6
Rowley (1995)
SIG adalah suatu sistem untuk menangkap, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan data yang memiliki referensi spasial dengan bumi.
7
Demers (1997)
SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menganalisis informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.
8
Chrisman (1997)
SIG adalah sistem yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia, organisasi, dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi mengenai daerah-daerah di permukaan bumi.
9
Guo Bo (2002)
SIG adalah teknologi informasi yang dapat menganalisis, menyimpan, dan menampilkan, baik data spasial maupun nonspasial.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive