Pengertian Sejarah


     Sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu "syajaratun" yang artinya "pohon". Pohon di sini melukiskan pertumbuhan yang terus menerus dari tanah (bumi) ke udara, dengan berbagai macam organnya, yaitu akar, batang, cabagn, daun, bunga, serta buahnya. Bagian dari pohon menunjukkan adanya aspek-aspek kehidupan yang satu sama lain saling berhubungan. Jika dikaitkan dengan sejarah dapat disimpulkan bahwa manusia itu hidup, terus bergerak dan tumbuh seiring perjalanan waktu dan tempat manusia berada.

Edward Hallett Carr

     Edward Hallett Carr lahir di London pada 28 Juni 1892. Menurut Hallet sejarah adalah suatu proses interaksi serba-terus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya, suatu dialog yang tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam.

Robert Vincent Daniels

     Robert Vincent Daniels atau sering disapa "Bill" lahir di Boston pada 4 Januari 1926. Menurut Bill, sejarah adalah kenangan pengalaman umat manusia.

Taufifk Abdullah

     Taufik Abdullah lahir di Bukittinggi pada 3 Januari 1936. Menurut Taufik, sejarah harus diartikan sebagai tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.

Muhammad Yamin

     Muhammad Yamin lahir di Sawahlunto pada 24 Agustus 1903. Menurut Yamin sejarah ialah pengetahuan umum yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain.

     Berdasarkan pengertian para ahli, dapat disimpulkan bahwa pengertian sejarah adalah sebagai berikut.
  • Ilmu yang mempelajari peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
  • Cerita atau kisah, catatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
  • Peristiwa yang bernar-benar terjadi pada masa lampau dan membawa perubahan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive