Faktor Intern Terjadinya Perubahan


     Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial. Berikut ini termasuk ke dalam faktor intern, diantaranya

Perubahan Penduduk

     Perubahan penduduk berarti perubahan dalam jumlah baik berkurang maupun bertambah dalam suatu masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi dengan adanya kelahiran dan kematian, selain itu juga bisa terjadi karena adanya perpindahan penduduk baik datang maupun pergi dari masyarakat tersebut. Perubahan penduduk dapat menjadikan perubahan struktur masyarakat, seperti munculnya berbagai profesi dan kelas sosial.

Penemuan-Penemuan Baru

     Discovery, yaitu suatu penemuan unsur kebudayaan baru oleh individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Penemuan dapat berupa alat-alat baru ataupun ide-ide baru.

     Invention, yaitu pengembangan dari suatu discovery sehingga penemuan baru mendapatkan bentuk yang dapat diterapkan atau difungsikan. Discovery dinyatakan sebagai invention ketika masyarakat telah mengakui, menerima, serta menerapkan penemuan baru ini dalam kehidupan nyata di masyarakat.

     Innovation, yaitu proses panjang yang meliputi suatu penemuan unsur baru serta jalannya unsur batu dari diterima, dipelajari, dan akhirnya dipakai oleh sebagian besar warga masyarakat.

Konflik dalam Masyarakat

     Suatu konflik yang kemudian disadari dapat memecahkan ikatan sosial biasanya akan diikuti dengan proses akomidasi yang justru akan menguatkan ikatan sosial tersebut. Apabila demikian, biasanya terbentuk keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelum terjadi konflik.

Pemberontakan (Revolusi) dalam Tubuh Masyarakat

     Revolusi Indonesia pada 17 Agustus 1945 mengubah struktur pemerintahan kolonial menjadi pemerintahan nasional. Hal itu diikuti dengan berbagai perubahan mulai dari lembaga keluarga, sistem sosial, sistem politik, dan sistem ekonomi.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive