Manusia Hidup dalam Perubahan


     Perubahan merupakan ketidaksamaan suatu keadaan dengan keadaan lainnya dari waktu ke waktu. Perubahan dapat dikatakan sebagai gejala yang biasa terjadi dalam setiap masyarakat manusia. Cepat atau lambat, manusia atau masyarakat akan mengalami perubahan.

     Perkembangan kehidupan dalam masyarakat ada yang berlangsung lambat dan cepat. Arah perubahan dibedakan atas keadaan yang lebih baik (progres) dan keadaan yang lebih buruk (regres).

Perkembangan

     Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Perkembangan terjadi bukan hanya karena adanya pengaruh dari luar, melainkan juga karena faktor dalam masyarakat itu sendiri.

Kesinambungan

     Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Misalnya pada masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial mengadopsi kebiasaan lama raja-raja pribumi sebagai contoh dalam penarikan upeti.

Pengulangan

     Disebut pengulangan apabila peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Sebagai contoh bermunculan golongan bermodal besar atau kuat.

Perubahan

     Perubahan terjadi karena adanya pengaruh dari luar. Misalnya, gerakan nasionalisme di Indonesia sering dianggap sebagai kepanjangan dari gerakan romantik di Eropa.

     Ilmu sejarah mengenal adanya konsep 'perubahan' (change) kehidupan sejak adanya manusia sampai sekarang. Perubahan yang berlangsung secara perlahan dinamakan evolusi dan perkembangan secara cepat disebut revolusi. Arah perubahan, terdapat arah menuju lebih baik (progres) dan arah menuju yang lebih buruk (regres). Hal tersebut terjadi karena faktor intern dan faktor ekstern.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive