Manusia Hidup dalam Keberlanjutan


     Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dengan peristiwa lain.

     Konsep berkelanjutan adalah kebalikan dari konsep perubahan, yaitu suatu keadaan yang telah berlangsung lama. Contoh konsep keberlanjutan adalah Dinasti Syailendra berkuasa di Jawa selama kurang lebih 250 tahun. Konsep berkelanjutan digambarkan sebagai garis lurus hingga terjadi perubahan yang digambarkan dengan zig-zag.


     Perubahan dan keberlanjutan dapat kita ketahui dengan membandingkan dua atau lebih peristiwa atau keadaan pada masa lampau. Selain itu, perbandingan juga dapat dilakukan antara dua atau lebih peristiwa masa lalu danperistiwa masa kini.

     Periodisasi adalah cara untuk menandai perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Periode sejarah ditentukan oleh perubahan penting. Adapun keberlanjutan menghubungkan periode-periode dalam sejarah. Sebagai contoh masa kerajaan Hindu-Budha hingga masa kerajaan Islam. Selama sejarah panjang masa Hidu-Buddha disebut sebagai konsep berkelanjutan, sedangkan ketika islamm masuk dan meruntuhkan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia hal tersebut digambarkan sebagai konsep perubahan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive