PERSIAPAN MENJADI MAHASISWA


Hai Sobat CB, gak kerasa ya sebentar lagi sudah mulai tahun ajaran baru. 

Untuk kalian yang saat ini sudah menjadi Calon Mahasiswa, Selamat!
Perjalanan kalian masih sangat panjang dan akan menempuh berbagai macam sebagian permasalahan hidup di dunia kampus lho.

Menjadi seorang mahasiswa tentu tidaklah mudah. Banyak sekali hal yang perlu kalian ubah dan persiapkan untuk menjadi seorang mahasiswa.
Pada kesempatan kali ini Clinic Bimbel mau sharing berbagi pengalaman untuk kalian para Calon Mahasiswa. Yuk intip!

Persiapan Menjadi Seorang Mahasiswa

1.Persiapan Mental

   Kenapa Calon Mahasiswa perlu menyiapkan mental? Bukankah dunia perkuliahan itu layaknya sekolah-sekolah biasa yang sudah pernah kita jalani? Berangkat pagi dan pulang sore, serta belajar terus-menerus. Lalu apa bedanya?

     Yaps, jadi pada dasarnya secara garis besar kuliah memang seperti sekolah-sekolah yang sudah pernah kita lalui. Tentu ada beberapa perbedaan, contohnya,
Jika di SMA kita hanya menerima materi dari sekolah saja, maka saat kuliah kalian harus berinisiatif untuk belajar dan mencari materi sendiri. Jika kalian tidak aktif, maka kalian akan tertinggal atau menjadi mahasiswa yang tidak tahu apa-apa.

       Kuliah juga membuat kita memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja dan membuat diri kita benar-benar merasakan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Keberhasilan seorang mahasiswa benar-benar bergantung dari proses yang diambil mahasiswa tersebut selama belajar di jenjang perkuliahan.

2.Adaptasi

   Jika kalian kuliah di luar kota dan tinggal di kos-kosan, tentu kalian akan memiliki banyak tantangan. Kalian perlu beradaptasi dengan lingkungan kos dan lingkungan perkuliahan. Selain itu kita juga perlu beradaptasi dengan dosen pengajar. Mengetahui karakteristik dari masing-masing dosen juga diperlukan. Terkadang ada dosen yang sangat senang ketika jawaban ujian  kita sangat panjang, tetapi ada juga yang senang dengan jawaban ujian pendek. 

     So, jangan lupa ADAPTASI.

3.Manajemen Waktu

    Jika kalian kuliah di luar kota, kalian akan memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja. Kalian bisa membolos kelas, tidak belajar, asik nongs bareng teman-teman, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan pilihan kalian. Selama kuliah, seluruh tanggung jawab terhadap diri sendiri berada di tangan kalian. Kegagalan atau keberhasilan semuanya ada di tangan kalian.

     Latihlah manajemen waktumu mulai dari sekarang. Dimulai dari belajar bangun pagi tanpa harus dibangunkan orangtua, mengatur waktu kapan harus bermain, belajar, beribadah, membersihkan kamar, mencuci pakaian, hingga memasak.
     
      Rata-rata mahasiswa mengalami kegagalan di faktor ini.

4.Persiapkan Alat

  Sebenarnya rata-rata mahasiswa itu malas membawa buku dan mencatat. Mereka hanya mengandalkan fotokopi catatan teman saja saat ujian. Tentunya ini merupakan langkah yang salah. 

   Milikilah buku binder untuk mencatat segala hal di dunia perkampusan. Binder akan membuat kalian lebih mudah dalam mencatat sesuatu karena tidak perlu membedakan antar mata kuliah. Kamu bisa menulisnya menjadi 1 di buku binder tersebut.

   Alat yang tak kalah penting adalah buku atau materi ajar. Biasanya di perkuliahan tidak mewajibkan kalian memiliki buku. Tetapi percayalah, hanya mendengarkan dosen berbicara di depan kelas tidak akan cukup untuk menjawab ujian.

      Selain itu, tugas kuliah tentunya sangat banyak dan rata-rata menggunakan laptop. Jadi, sebaiknya kalian mulai menyiapkan sebelum perkuliahan dimulai. Jika kalian tidak bisa membeli yang baru, carilah laptop bekas saja, yang penting bisa membantu kalian mengerjakan tugas, karena jika kalian mengerjakan di warnet, tentu akan memboroskan uang saku.

5.Kenalilah Kampus

     Sebelum kalian memilih kampus, jangan lupa untuk mencari banyak informasi mengenai kampus yang akan kalian tuju. Sesuaikan dengan karakter diri, tujuan, jurusan, dan finansial. Walaupun untuk masalah finansial kita bisa berusaha untuk memperoleh beasiswa, tetapi tidak ada salahnya kita mengantisipasi agar tidak terjadi pemutusan kuliah akibat masalah finansial.

     Selain itu kenalilah organisasi dan komunitas yang bisa kalian ikuti. Masuk ke organisasi atau komunitas tentunya membuat kalian belajar mengenai sesuatu dan bisa berguna untuk masa depanmu di dunia kerja nantinya.

6.Persiapkan Pakaian dan Tempat Tinggal

    Di perkuliahan, kalian akan dibebaskan untuk berpakaian sesuai dengan masing-masing ketentuan dari kampus. Biasanya kalian harus menggunakan celana panjang/rok panjang dengan kemeja dan sepatu. 

  Selain itu carilah tempat tinggal/kos di sekitar kampus. Banyak sekali jasa android yang memudahkan kita mencari kos-kosan sesuai budget. Tetapi, hal ini akan berbeda jika kalian datang langsung ke lokasi lalu melakukan observasi sendiri.

    Jika kalian datang untuk mencari kos secara langsung, carilah yang tidak terlalu dekat dengan area kampus jika ingin biaya sewa yang lumayan murah. Lalu bagaimana sistem pembayarannya? Tentunya mengenai pembayaran sewa, bermacam-macam. Ada yang harus dibayarkan per 6 bulan, 3 bulan, atau bahkan perbulan.

7.Pergaulan

  Di dunia perkuliahan, kalian akan menjumpai berbagai individu yang berbeda-beda karakteristiknya. Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan hal menyimpang. Jadi, berhati-hatilah. 

8.Mulailah Menabung

      Rata-rata mahasiswa akan kesulitan untuk menabung dengan alasan banyak keperluan termasuk nongkrong bersama teman-teman akan menjadi agenda yang sangat wajib tiap minggu atau bahkan tiap hari.

      Cobalah membuat rencana keuangan untuk membagi uang sakumu untuk berbagai kebutuhan dan menyisihkannya untuk menabung. Menabung bisa kita gunakan untuk berbagai keadaan darurat. So, gak bakal ada ruginya kok.

9.Kreatif dan Kerja Part Time

    Walaupun kalian memiliki keluarga yang kecukupan dalam hal finansial. Tapi belajar berbisnis kecil-kecilan ataupun melamar sebagai Pekerja Part Time sangatlah bagus untuk mencari pengalaman dan menambah uang jajanmu lho.

10.Buatlah Dream-Planner

    Setelah lulus kuliah, rata-rata mahasiswa tidak memiliki tujuan mau kemana, mau apa, atau bahkan hanya memiliki satu tujuan saja. Mindset seperti ini perlu kita ubah agar angka pengangguran mahasiswa tidaklah meningkat.

    Buatlah dream planner atau rencana kalian selama di perkuliahan hingga setelah lulus. Pikirkanlah kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi beserta solusinya. Seperti mau apa setelah lulus? Jika tidak diterima di perusahaan tertentu lalu harus bagaimana? dan lain sebagainya.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive