MATERI BIOLOGI KELAS 10 BAB 1 RUANG LINGKUP BIOLOGI (2)


2.Permasalahan Biologi

a.Tingkat Molekul
    Molekul dibedakan menjadi makromolekul yang lebih sederhana hingga atom (proton, neutron, dan elektron) yang membangunnya. Dalam tubuh makhluk hidup, selalu mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) dalam tubuhnya. Sekumpulan atom akan membentuk molekul yang disebut molekul organik.
      Ada 4 golongan molekul organik, yaitu molekul lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat. Interaksi antar molekul tersebut akan membentuk organ yang memiliki fungsi tertentu. Selanjutnya, interaksi tersebut membentuk organisasi tingkat sel. Contoh permasalahan biologi yang dapat muncul di tingkat molekul adalah virus.

b.Tingkat Sel
       Sel merupakan unit fungsional dan struktural terkecil bagi makhluk hidup. Semua makhluk hidup tersusun oleh sel, ada yang bersel satu atau bersel banyak. Ciri-ciri sel:
1. dapat berkembang biak atau menghasilkan keturunan
2. dapat menghasilkan energi
3. memberikan respon/tanggapan terhadap rangsang
4. melakukan pencernaan intraseluler
5. tumbuh dan berkembang
       Permasalahan biologi tingkat sel yaitu adanya perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan.

c.Tingkat Jaringan
        Jaringan adalah sekumpulan sel-sel yang bentuknya sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Jairngan penyusun tubuh hewan, antara lain, epitelium, otot, ikat, tulang, dan saraf. Jaringan pada tumbuhan, antara lain, epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim, endodermis, xilem, dan floem. Contoih permasalahan tingkat jaringan adalah cara jaringan otot dapat berkontraksi sehingga menggerakkan tulang.

d.Tingkat Organ
       Sekumpulan jaringan bekerja sama membentuk organ. Terbagi menjadi organ luar dan organ dalam. Sekumpulan organ bekerja sama membentuk suatu sistem untuk menjalankan fungsi tertentu yang disebut sistem organ. Manusia dan hewan mempunyai sistem organ, tetapi tumbuhan tidak. Contoh permasalahan di tingkat organ adalah infeksi usus halus.

e.Tingkat Individu atau Makhluk Hidup
         Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal.

f.Tingkat Populasi
        Populasi artinya kumpulan dari individu sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat. Contoh permasalahan tingkat populasi adalah budi daya ikan mas. Untuk budi daya ikan mas, perlu individu sejenis yang sifatnya unggul.

g.Tingkat Ekosistem
         Kumpulan beberapa populasi yang tinggal bersama di suatu wilayah tertentu.

h.Tingkat Bioma
       Ada 6 macam bioma, mulai dari khatulistiwa sampai kutub, yaitu bioma gurun, padang rumput, hutan gugur, hutan hujan tropis, taiga, dan bioma tundra.


3.Manfaat Biologi bagi Kehidupan Manusia
  • Hasil kemajuan dari bidang biologi disebut Bioteknologi.
  • Bioteknologi bidang kedokteran: ditemukannya berbagai penyakit dan cara menyembuhkannya, bayi tabung, transplantasi organ, dll
  • Bioteknologi bidang pertanian: persilangan untuk membuat bibit unggul, teknik menyambung pada budi daya tanaman, kultur jaringan, budi daya tanaman dalam waktu singkat dan jumlah banyak, serta rekayasa genetika yang berhasil menciptakan buah semangka tanpa biji, dll.
  • Bioteknologi bidang peternakan: teknik inseminasi buatan (kawin suntik) telah menciptakan berbagai hewan ternak unggul.
  • Bioteknologi bidang industri: pemanfaatan mikroorganisme pada industri makanan, contoh nata de coco, yoghurt, kecap, tempe, keju, dll.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive