PENGERTIAN ILMU EKONOMI DAN PERKEMBANGANNYA

A. ILMU EKONOMI


PENGERTIAN ILMU EKONOMI

       Ekonomi berasal dari bahasa yunani yakni dari kata oikos yg berarti rumah tangga dan nomos yg berarti peraturan. Jadi, ekonomi adalah peraturan rumah tangga atau mengatur rumah tangga. Adapun yang dimaksud ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Adapun ilmu yg mempelajari tentang ekonomi disebut ilmu ekonomi.



      Berikut ini beberapa definisi ilmu ekonomi menurut pendapat tokoh ekonomi.

1. Prof. P. A. Samuelson

    Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan cara atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa yang akan datang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.

2. Adam Smith

   Ilmu ekonomi adalah ilmu kekayaanatau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dan kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya.

3. J.B Say

      Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang peraturan yg menentukan kekayaan.

4. David Ricardo

      Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat.

5. Lipsey

     Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yg langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yg tidak terbatas.

6. Alfred Marshall

       Ilmu ekonomi adalah ilmu yg mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas tentang kehidupan manusia yg berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.

    Berdasarkan berbagai pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencapai kemakmuran yg diharapkan, dengan memilih sumber daya produksi yg sifatnya lagka atau terbatas.

PERKEMBANGAN ILMU EKONOMI

     Masalah ekonomi sama tuanya dengan usia peradaban manusia. Tetapi, ilmu ekonomi baru muncul pada abad ke-18, melalui buku Adam Smith yg berjudul An Inquiri Into the Nature And Causes of the Wealth of Nation (1776). Itulah sebabnya Adam Smith dihormati sebagai bapak ilmu ekonomi modern.


   Adapun Smith melihatnya dari sudut rasionalitas, misalnya, zaman dulu kemiskinan dianggap sebagai takdir. Namun semenjak zaman modern (abad ke-18) kemiskinan dipandang ada kaitannya dengan ketidakmampuan bekerja produktif atau karena tidak memiliki tanah.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive