EKONOMI MAKRO DAN MIKRO

Ilmu ekonomi teori dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu teori ekonomi mikro dan makro. Perbedaan antara ekonomi mikro dengan ekonomi makro dapat dilihat dari pembahasan berikut. 

EKONOMI MIKRO

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Fokus analisis ekonomi mikro adalah perilaku individu seperti perusahaan (produsen), tenaga kerja, dan konsumen dalam konteks yang lebih terbatas (industri).

Analisis ekonomi mikro terdiri atas teori harga teori produksi, dan teori distribusi.

  1. Teori harga, membahas proses pembentukan harga oleh interaksi antara penawaran dan permintaan terhadap suatu barang dan jasa di dalam suatu pasar, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, hubungan antara harga permintaan dengan penawaran, bentuk-bentuk pasar dan sebagainya.
  2. Teori produksi, antara lain menganalisis masalah biaya produksi, tingkat produksi yang paling menguntungkan produsen, serta kombinasi faktor-faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen agar tujuan untuk mencapai laba maksimum tercapai.
  3. Teori distribusi membahas faktor-faktor yang menentukan tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayar karena penggunaan modal dan tingkat keuntungan yang diperoleh para pengusaha.
Beberapa aspek yang dianalisis teori ekonomi mikro antara lain.
  1. Proses penentuan tingkat harga dan jumlah barang yg diperjualbelikan dipasar (teori harga)
  2. Perilaku pembeli dan penjual
  3. Interaksi di pasar faktor produksi

Anggapan dasar yang digunakan dalam ekonomi mikro :
"Semua sumber produktif bekerja dan dipergunakan sepenuhnya, dengan kata lain mekanisme pasar berjalan (fully employed) sehingga tidak ada satupun yang menganggur. Semua barang yg dihasilkan pasti terjual habis."

EKONOMI MAKRO

Ekonomi makro mempelajari kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Fokus pembahasannya berkaitan dengan bagaimana perilaku rumah tangga swasta, pemerintah, dan perdagangan luar negeri (ekspor-impor) dalam konteks keseluruhan (agregat).

Beberapa aspek yang dianalisis dalam teori ekonomi makro, antara lain :

  1. Menentukan kegiatan perekonomian negara, perubahan harga-harga, dan pengaruh perubahan jumlah uang beredar terhadap pengeluaran agregat.
  2. Pengeluaran agregat
  3. Mengatasi pengangguran dan inflasi
  4. Kebijakan fiskal dan moneter
  5. Pertumbuhan ekonomi
  6. Permintaan dan penawaran agregat


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive