BESARAN, SATUAN, DAN DIMENSI

BESARAN DAN SATUAN


Besaran fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Besaran fisika terbagi menjadi 2, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan lebih dulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada 7 besaran pokok.

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Berikut contohnya.

1.Satuan Sistem Internasional

Akibat kesulitan yang ditimbulkan oleh penggunaan sistem satuan yang berbeda-beda antar daerah, muncul gagasan untuk menggunakan hanya satu jenis satuan untuk besaran-besaran dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Suatu perjanjian internasional telah menetapkan satuan Sistem Intenasional (International System of Units) yang disingkat satuan SI. Contoh satuan SI, yaitu meter (m), kilogram (kg), sekon (s), ampere (A), dll.

Satuan tiap besaran fisika dapat dinyatakan dalam satuan pokok SI, yaitu m, kg, dan s hanya dengan menggunakan awalan. Awalan menyatakan kelipatan yang semuanya merupakan pangkat dari 10, persis seperti sistem desimal. Misalnya, 0,01 m sama dengan 1 cm; 0,001 s sama dengan 1 ms; 1.000 g sama dengan 1 kg, dan sebagainya.

Awalan-awalan pada satuan SI
Awalan < 1
Lambang
Pembagian 10n
Piko
p
10-12
Nano
n
10-9
Mikro
µ
10-6
Mili
m
10-3
Senti
c
10-2
Desi
d
10-1

Awalan > 1
Lambang
Pembagian 10n
Deka
da
101
Hekto
h
102
Kilo
k
103
Mega
M
106
Giga
G
109
Tera
T
1012

DIMENSI

Dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran tersebut tersusun dari besaran-besaran pokok. Dimensi besaran pokok dinyatakan dengan lambang huruf tertentu (ditulis huruf besar) dan diberi kurung persegi. Dimensi besaran turunan ditentukan oleh rumus besaran turunan tersebut jika dinyatakan dalam besaran-besaran pokok. Contoh:

Dimensi besaran pokok

Dimensi besaran turunan


Share:

2 comments:

  1. Dalam fisika, satuan tidak hanya ada Satuan Internasional tetapi juga ada satuan CGS, dapatkah anda menjelaskan apa itu satuan CGS?

    Untuk besaran besaran bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

    Bagaimana cara Anda mengajak siswa untuk berpikir konsep mengenai materi materi fisika yg diajarkan?

    ReplyDelete
  2. Video pembahasan alangkah lebih baik dilengkapi dengan gambar gambar yg menunjukkan keterangan dari soal yg dibahas, lebih diperbaiki lagi penggunaan bahasanya,
    Materi materi tidak hanya berpatok pada definisi dan rumus, karena fisika sejatinya tidak melulu tentang definisi dan rumus
    Trims

    ReplyDelete

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive