No. 6 - 10 Latihan Soal Opinion Clause BAHASA INGGRIS 12 SMA


Soal 6

I enjoy hiking in the mountains; ..... , my sister prefers staying indoors.
A. on the other hand
B. therefore
C. moreover
D. because
E. consequently

Soal 7

He often stays up late; ..... , he always wakes up early.
A. conversely
B. however
C. but
D. besides
E. yet

Soal 8

She tried very hard; ..... , she didn’t pass the exam.
A. because of
B. however
C. therefore
D. fortunately
E. conversely

Soal 9

The movie was long, ..... , it was very entertaining.

A. yet
B. because
C. however
D. but
E. consequently

Soal 10

He studied for hours; ..... , he failed the test.
A. yet
B. moreover
C. because of
D. on the other hand
E. besides

Share:

No. 1 - 5 Latihan Soal Opinion Clause BAHASA INGGRIS 12 SMA


Soal 1

She has excellent writing skills; ..... , she can speak three languages fluently.
A. however
B. furthermore
C. because
D. yet
E. consequently

Soal 2

The hotel is located near the beach; ..... , it offers free breakfast.
A. moreover
B. but
C. because of
D. therefore
E. conversely

Soal 3

I’m too tired to go out; ..... , I have a lot of homework to do.
A. but
B. besides
C. however
D. therefore
E. consequently

Soal 4

The product is expensive; ..... , it is not very durable.
A. moreover
B. yet
C. because
D. conversely
E. fortunately

Soal 5

This book is well-written; ..... , the illustrations are beautiful.
A. because of
B. furthermore
C. conversely
D. yet
E. unfortunately

Share:

Nomor 11- 15 Persiapan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Matematika Umum Paket 3


Soal 11
Tentukan P65!

Pembahasan

Soal 12
Tentukan P90!

Soal 13
Sekolah akan memberikan subsidi transportasi kepada 25% siswa yang memiliki waktu tempuh paling lama. Berdasarkan data di atas, berapa perkiraan waktu minimal yang dimiliki siswa agar termasuk penerima subsisi?

Pembahasan

Soal 14
Pelatih ingin memilih 20% atlet terberat untuk posisi center. Berdasarkan data, berapa berat badan terendah yang masuk kategori tersebut?

Pembahasan

Soal 15
Untuk menentukan beasiswa, sekolah memilih siswa dengan nilai 10% teratas. Berapa nilai minimal yang harus dicapai agar termasuk kelompok tersebut?

Pembahasan

 

Share:

Nomor 6-10 Persiapan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Matematika Umum Paket 3


 Soal 6

Tentukan D2!
Pembahasan

Soal 7
Tentukan D5

Pembahasan

Soal 8
Data: 5, 10, 15, 20, 25
Tentukan P40

Pembahasan

Soal 9
Data: 8, 12, 15, 18, 20, 25, 30
Tentukan P75!

Pembahasan

Soal 10
Tentukan P20!

Pembahasan
Share:

Nomor 1- 5 Persiapan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Matematika Umum Paket 3




Soal 1

Diketahui data nilai ujian: 
55, 60, 65, 70, 75, 80, 85 
Tentukan kuartil pertama (Q1)!

Pembahasan

Soal 2

Data: 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20
Tentukan kuartil kedua (Q2)

Pembahasan

Soal 3

Data: 7, 5, 9, 4, 8, 6, 3, 2 
Tentukan kuartil ketiga (Q3)

Pembahasan


Soal 4
Tentukan Q1!

Pembahasan

Soal 5
Data: 10, 20, 30, 40, 50
Tentukan desil ke-3 (D3)

Pembahasan



Share:

Peradaban Indus

 


1. Penemuan Awal

Pada 1920-an di situs Harappa dan Mohenjo‑daro ditemukan segel batu dengan tulisan yang tidak dikenal. Hal ini memicu penggalian dan mengungkap peradaban besar yang sebelumnya tidak dikenal dalam catatan sejarah

2. Skala dan Lokasi

Peradaban Harappan ini mencakup area lebih dari 1 juta km², membentang dari Pakistan barat hingga India barat laut, melampaui Mesopotamia dan Mesir dari segi luas wilayah 

3. Perencanaan Kota dan Sanitasi

Kota‑kota seperti Harappa dan Mohenjo‑daro didirikan dengan tata kota petak, sistem drainase tertutup, 

4. Egalitarianisme Sosial

Tidak ditemukan bukti istana, makam kerajaan, atau hierarki yang jelas. Masyarakatnya diduga egaliter dan berbasis perdagangan, bukan militer atau kekuasaan pusat 

5. Teknologi dan Inovasi

  • Sistem timbangan dan bata berstandar digunakan di seluruh wilayah 

  • Pembuatan alat dari tembaga dan perunggu sangat maju, termasuk figur logam seperti "Dancing Girl" dari Mohenjo‑daro yang menunjukkan estetika dan teknik tinggi 

  • Industri kapas dan sistem distilasi tembikar juga sudah dikenal sejak milenium ke-3 SM 

6. Sistem Tulisan yang Tidak Terdekripsi

Tulisan Harappan berupa simbol singkat pada segel batu belum berhasil diuraikan. Namun analisis jejaring menunjukkan tanda-tanda struktur gramatikal 
Sebuah penelitian terbaru bahkan menemukan kemiripan visual antara skrip Indus dan sistem tulisan di Koridor Tibet‑Yi, yang menunjukkan kemungkinan interaksi budaya yang lebih luas 

7. Pertukaran Perdagangan

Mereka berdagang dengan Mesopotamia, Iran, dan daerah Badakhshan. Bukti segel dan barang impor seperti lapis lazuli, gading, dan kayu menunjukkan hubungan ekonomi luas jangkauannya 

8. Faktor Kemunduran

Peradaban mulai meredup sekitar 1900 SM. Faktor yang mungkin termasuk:

  • Perubahan iklim dan kekeringan berat mengganggu pertanian di dekat sungai Ghaggar‑Hakra;

  • Penurunan perdagangan luar;

  • Penyakit atau konflik internal, meski tanpa bukti kekerasan masal;

  • Deurbanisasi dan migrasi ke lembah Gangga poniak timur 


🧭 Kesimpulan Video

Video ini menekankan bagaimana penemuan segel dan kota-kota kuno tersebut mengungkap sebuah peradaban besar, sangat maju dari segi perencanaan kota dan teknologi, namun tanpa struktur politik atau agama yang mencolok. Fokus lebih pada perdagangan, sanitasi, dan kehidupan relatif egaliter.

Share:

No. 16-20 Persiapan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Matematika Umum

 16. Jika g(x) = x + 1 dan (f o g) (x) = x2 + 3x + 1, maka f(x) = ...

A.     x2 + 5x + 5

B.     x2 + x - 1

C.     x2 + 4x + 3

D.     x2 + 6x + 1

E.     x2 + 3x -1

pPPEMBAHASAN 



17. Diketahui f(x) = 3x + 2 dan (g o f) (x) = 6x - 4 . Nilai dari g- 1(- 4) =

 A.     4

B.     2

C.     1

D.     -2

E.     -4

PEMBAHASAN 



18. Seorang pengusaha plastik mendaur ulang bahan dasar sampah plastik (x) dengan dua langkah. Langkah pertama peleburan menghasilkan plastik cair mengikuti fungsi m = x2 - 3x - 2 Langkah kedua pencetakan menghasilkan plastik jadi mengikuti fungsi g= 4m + 2. Jika bahan limbah plastik tersedia 4 kg, maka banyaknya plastik jadi yang dihasilkan adalah .....

 A. 5 kg

B. 10 kg

C. 15 kg

D. 20 kg

E. 30 kg

PEMBAHASAN 

 


19. Grafik fungsi g(x) = 2x ditranslasikan horizontal ke kanan sejauh 3 satuan dan ditranslasikan vertikal ke bawah sejauh 1 satuan sehingga membentuk grafik fungsi f(x). Fungsi f(x) adalah ....

A.     2x + 3 + 1

B.     2x - 3 + 1

C.     1 - 2x – 3

D.     1 - 2x + 3

E.     2x - 3 - 1

PEMBAHASAN 


 

20. Jika fungsi g(x) diperoleh dari grafik fungsi f(x) = x2 - 2x + 4 yang direfleksikan secara vertikal terhadap sumbu-X, maka fungsi g(x) adalah ...

A.     - x2 + 2x – 4

B.     x2 + 2x – 4

C.     - x2 - 2x + 4

D.     x2 + 2x + 4

E.     -x2 - 2x - 4

PEMBAHASAN 



Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive