Lampu Pijar

     Mungkin saat ini sudah mulai dilupakan karena sudah bermunculan teknologi-teknologi yang canggih menjadikan lampu lebih terang, tidak gampang mati dan yang paling penting adalah daya yang dibutuhkan rendah seperti lampu LED misalnya.
Gambar 1. Lampu Pijar

     Lampu pijar sendiri merupakan sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas (penyebab panasnya lampu pijar) dan menghasilkan cahaya. Fungsu kaca yang menyelubungi adalah untuk menghalau udara agar filamen tidak gampang rusak terkena angin.
Gambar 2. Thomas Alva Edison

     Meskipun sekarang telah dilupakan, pada abad XIX merupakan teknologi paling mutakhir. Thomas Alva Edison yang berasal dari Menlo Park, negara bagian New Jersey, Amerika Serikat merupakan seorang penemu yang merancang lampu pijar. Pada 1870-an, lampu pijar yang ditemukan oleh Edison hanya bertahan 13,5 jam sehingga dari segi komersil tidak dapat mendukung karena terlalu singkat dan tidak praktis, sehingga pada tahun 1879 berhasil menyalakan lampu pijar yang dia buat selama 40 jam.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive