JANGAN SALAH PILIH "JURUSAN MANAJEMEN"


JURUSAN MANAJEMEN

Jurusan Manajemen mempelajari bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis, tetapi lebih berfokus pada kegiatan untuk mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses di dalam perusahaan agar mencapai tujuannya.

APA YANG AKAN KAMU PEROLEH?

Setiap jurusan kuliah, tentunya akan memberikan kita ilmu di masa depan. Lalu bagaimana dengan jurusan manajemen? Ilmu atau keahlian apa saja yang akan kalian peroleh?

1.Ketelitian Menghitung 
2.Kemampuan Menganalisis dan Mengelola Keuangan
3.Kemampuan Manajerial
4.Kemampuan Menganalisis
5.Kemampuan Mengelola Keuangan
6.Kemampuan Mengatur Manusia

Dikarenakan jurusan manajemen lebih berfokus mengajarkan pengelolaan dan pengaturan terhadap suatu hal, maka setelah lulus nanti, kalian akan dipastikan bisa menguasai keenam poin di atas, yang nantinya dapat kalian gunakan di dunia kerja.

MATA KULIAH

Mata Kuliah sama halnya dengan mata pelajaran. Jika kalian kuliah di jurusan manajemen, maka kalian akan akan mempelajari beberapa mata kuliah berikut ini.

Pengantar ekonomi makro, Pengantar bisnis, Akuntansi Keuangan Dasar, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Perilaku Organisasi, Matematika Bisnis, Statistika Bisnis, Studi Kelayakan Bisnis, Teknik Negosiasi Bisnis,
 
Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Analisis Optimasi, Penganggaran Bisnis, Statistik Multivariat, Ekonomi Manajerial, Komunikasi Bisnis, Manajemen Investasi, dan lain-lain.

Setiap kampus, tentunya memiliki kriteria dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga mengakibatkan perbedaan mata kuliah walaupun sebenarnya jurusannya sama. Tetapi, daftar mata kuliah di atas bisa dijadikan parameter kalian, bahwa nantinya jika kalian masuk ke jurusan manajemen akan mempelajari hal-hal yang kurang lebih seperti itu.

PROFESI ATAU KARIER LULUSAN 
  1. Akuntan
  2. Manajer Logistik
  3. Manajer Umum
  4. Manajer Pemasaran
  5. Analis Manajemen Bisnis
  6. Dosen
  7. Konsultan Bisnis
  8. Konsultasi Perbankan
  9. Manajer SDM
  10. Pengusaha
BAGAIMANA AGAR KITA YAKIN BAHWA INI JURUSAN YANG TEPAT UNTUK KITA?
Sesuai Passion, bukan karena paksaan atau gengsi dengan teman.

Bercita-cita membenahi atau mengelola bisnis/perusahaan keluarga. 

Ingin menjadi seorang pebisnis (bukan hanya mengandalkan kerja di kantoran) karena jurusan ini sangat bagus jika di masa depan setelah lulus sekolah, kita memiliki plan sebagai seorang pengusaha.

Memiliki banyak rencana setelah lulus kuliah. 

Buatlah rencana jika kamu tidak diterima di kantor manapun sebagai karyawan jurusan manajemen, kamu akan melakukan apa? 

Jika kamu memiliki solusi dan bisa memanfaatkan ijazah dari jurusan ini, tanpa harus bekerja dengan orang lain, maka 90% jurusan ini akan membawamu ke kesuksesan. 

Tetapi jika kamu hanya berpikiran untuk mendaftar kerja di perkantoran, maka jurusan ini sebenarnya kurang tepat karena lowongan kerja dengan jurusan ini lebih kecil dibandingkan dengan lulusannya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive