JANGAN SALAH PILIH "JURUSAN AKUNTANSI"


JURUSAN AKUNTANSI

Jurusan Akuntansi mempelajari mengenai pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang nantinya berguna membantu dalam proaes pengambilan keputusan. Selain itu, jurusan akuntansi juga akan belajar mengenai penerapan prinsip akuntansi di dunia bisnis,  analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, pengendalian anggaran, dan lain sebagainya.

APA YANG AKAN KAMU PEROLEH?

Setiap jurusan kuliah, tentunya akan memberikan kita ilmu di masa depan. Lalu bagaimana dengan jurusan akuntansi? Ilmu atau keahlian apa saja yang akan kalian peroleh?

1.Ketelitian Menghitung
2.Kemampuan Menganalisis dan Mengelola Keuangan
3.Kemampuan Menyajikan Laporan Keuangan
4.Kemampuan Melakukan Rekomendasi Keuangan
5.Kemampuan Menilai Laporan Keuangan
6.Kemampuan Evaluasi Anggaran
7.Kemampuan Menginterpretasikan Angka

Dikarenakan jurusan akuntansi lebih berfokus mengajarkan analisa dan pengelolaan keuangan melalui laporan keuangan, maka setelah lulus nanti, kalian akan dipastikan bisa menguasai ketujuh poin di atas, yang nantinya dapat kalian gunakan di dunia kerja.

MATA KULIAH

Mata Kuliah sama halnya dengan mata pelajaran. Jika kalian kuliah di jurusan akuntansi, maka kalian akan akan mempelajari beberapa mata kuliah berikut ini.

Ekonomi Makro dan Mikro, Akuntansi Biaya, Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Resiko, Analitik Bisnis, Manajemen Keuangan, Perpajakan,
 
Auditing, Ekonomi Koperasi, Komunikasi Bisnis, Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia.

Setiap kampus, tentunya memiliki kriteria dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga mengakibatkan perbedaan mata kuliah walaupun sebenarnya jurusannya sama. Tetapi, daftar mata kuliah di atas bisa dijadikan parameter kalian, bahwa nantinya jika kalian masuk ke jurusan akuntansi akan mempelajari hal-hal yang kurang lebih seperti itu.

PROFESI ATAU KARIER LULUSAN 
  1. Akuntan
  2. Ekonom
  3. Pegawai Pajak
  4. Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai
  5. Analis Manajemen Bisnis
  6. Penilai Properti
  7. Pegawai Bank
  8. Dosen
  9. Konsultan Pajak
  10. Perencana Keuangan
  11. Credit Analyst
  12. Ahli Keuangan Pemerintah
BAGAIMANA AGAR KITA YAKIN BAHWA INI JURUSAN YANG TEPAT UNTUK KITA?
Sesuai Passion, bukan karena paksaan atau gengsi dengan teman.

Sangat suka berhitung dan mencatat sesuatu.

Ingin menjadi seorang pengusaha / karyawan perusahaan.

Memiliki banyak rencana setelah lulus kuliah (Target)

Buatlah rencana jika kamu tidak diterima di kantor manapun sebagai karyawan jurusan akuntansi, kamu akan melakukan apa? 

Jika kamu memiliki solusi dan bisa memanfaatkan ijazah dari jurusan ini, tanpa harus bekerja dengan orang lain, maka 90% jurusan ini akan membawamu ke kesuksesan. 

Tetapi jika kamu hanya berpikiran untuk mendaftar kerja di perkantoran, maka jurusan ini sebenarnya kurang tepat karena lowongan kerja dengan jurusan ini lebih kecil dibandingkan dengan lulusannya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive