JANGAN SALAH PILIH "JURUSAN HUKUM"



JURUSAN HUKUM

Jurusan Hukum mempelajari mengenai berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan di masyarakat hingga kegiatan bisnis. Selain itu, jurusan ini juga akan mempelajari mengenai perundang-undangan (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum tata pidana, dll) hingga hukum internasional. Walaupun mahasiswa nantinya akan mendalami konsep dan teori, tetapi pada masa akhir kuliah, para mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan atau pengadilan, sehingga teori yang sudah dipelajari dapat dipahami relevansinya.

APA YANG AKAN KAMU PEROLEH?

Setiap jurusan kuliah, tentunya akan memberikan kita ilmu di masa depan. Lalu bagaimana dengan jurusan hukum? Ilmu atau keahlian apa saja yang akan kalian peroleh?

1.Ketelitian Menghafal 
2.Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis
3.Kemampuan Menganalisa
4.Kemampuan Komunikatif
5.Kemampuan Berpendapat

Dikarenakan jurusan hukum lebih berfokus mengajarkan konsep dan teori hukum di Indonesia ataupun Internasional, maka setelah lulus nanti, kalian akan dipastikan bisa menguasai kelima poin di atas, yang nantinya dapat kalian gunakan di dunia kerja.

MATA KULIAH

Mata Kuliah sama halnya dengan mata pelajaran. Jika kalian kuliah di jurusan hukum, maka kalian akan akan mempelajari beberapa mata kuliah berikut ini.

Pancasila, Hukum Islam, Hukum Perjanjian Internasional, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Adat, Hukum Dagang,

Hukum Lingkungan, Filsafat Hukum, Hukum Perburuhan, Ilmu Negara, Hukum Pertanahan, dan lain-lain.

Setiap kampus, tentunya memiliki kriteria dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga mengakibatkan perbedaan mata kuliah walaupun sebenarnya jurusannya sama. Tetapi, daftar mata kuliah di atas bisa dijadikan parameter kalian, bahwa nantinya jika kalian masuk ke jurusan hukum akan mempelajari hal-hal yang kurang lebih seperti itu.

PROFESI ATAU KARIER LULUSAN 
  1. Dosen
  2. Pegawai Yudisial
  3. Analis Intelijen
  4. Pengacara
  5. Petugas Hakim Hukum Administratif
  6. Penilai Properti
  7. Jaksa atau Hakim
  8. Konsultan
  9. Notaris
  10. PNS atau Staff Kementerian
BAGAIMANA AGAR KITA YAKIN BAHWA INI JURUSAN YANG TEPAT UNTUK KITA?

Sesuai Passion, bukan karena paksaan atau gengsi dengan teman.

Sangat suka menghafal dan berpikir kritis.

Memiliki banyak rencana setelah lulus kuliah.

Karena lowongan pekerjaan di perusahaan mengenai jurusan hukum lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang lulus nanti, maka kalian harus memiliki beberapa plan setelah lulus nanti.

Jika kalian tidak bisa mendaftar kerja sesuai jurusan, buatlah plan untuk berwirausaha baik di segi hukum seperti notaris ataupun bisnis lainnya.

Jika kalian tidak suka berbisnis, maka siapkan plan untuk mendaftar kerja di perusahaan yang bisa menerima sarjana dengan jurusan umum (tidak spesifik).

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive