1.
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tanaman putri malu (Mimosa pudica) yang daunnya mengatup saat disentuh.
Di sisi lain, ia juga mengamati jamur yang tumbuh subur pada roti basi serta hewan cacing tanah yang muncul ke permukaan tanah setelah hujan.
Pernyataan berikut yang tepat menggambarkan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan tersebut adalah....
A. Tanaman putri malu menunjukkan pertumbuhan karena daunnya menutup saat disentuh.
B. Tertutupnya daun putri malu menunjukkan ciri iritabilitas terhadap rangsangan sentuhan.
C. Jamur tumbuh pada roti karena menunjukkan kemampuan adaptasi terhadap cahaya.
D. Cacing tanah menunjukkan karakteristik bernapas dengan cara keluar saat tanah lembap.
E. Jamur pada roti menunjukkan ciri ekskresi karena menghasilkan spora.
2. (HOTS)
Seorang petani menanam beberapa varietas padi lokal dan padi unggul di lahan berbeda. Ia mendapati bahwa varietas padi lokal lebih tahan terhadap hama, sedangkan varietas padi unggul memproduksi hasil panen lebih banyak.
Keduanya termasuk dalam spesies Oryza sativa, tetapi memiliki sifat bawaan yang berbeda.
Berdasarkan kondisi tersebut, beri tanda centang (✓) pada setiap pernyataan yang benar mengenai keanekaragaman genetik.
☑ Perbedaan antara padi lokal dan padi unggul menggambarkan keanekaragaman tingkat gen.
☑ Padi lokal dan padi unggul memiliki alel yang berbeda untuk sifat-sifat tertentu.
☑ Perbedaan daya tahan terhadap hama menunjukkan ekspresi gen yang berbeda.
3. (HOTS)
Virus sering kali menjadi subjek perdebatan dalam klasifikasi makhluk hidup karena strukturnya yang aseluler dan ketergantungannya pada sel inang untuk bereproduksi.
Covid-19, yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, menyoroti pentingnya klasifikasi virus selama pandemi.
Berdasarkan informasi tersebut, beri tanda centang (✓) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut mengenai klasifikasi virus dan implikasinya.
| Pernyataan | Benar | Salah |
|---|---|---|
| Virus dikelompokkan berdasarkan materi genetiknya (DNA atau RNA), struktur kapsid, dan ada tidaknya selubung, dan jenis inangnya. | ☐ | ☐ |
| Nama ilmiah untuk virus SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2) mengikuti sistem nomenklatur binomial Linnaeus yang juga digunakan untuk organisme seluler. | ☐ | ☐ |
| Sistem klasifikasi Baltimore mengategorikan virus berdasarkan metode sintesis mRNA-nya, yang mencerminkan strategi replikasinya. | ☐ | ☐ |
4.
Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan berikut yang benar mengenai peran organisme dalam ekosistem dan aliran energi adalah....
A. Elang dapat berperan sebagai konsumen tingkat II dan III, tergantung rantai makanan yang terbentuk.
B. Energi yang dimiliki oleh rusa lebih besar daripada energi yang dimiliki oleh pohon sebagai produsen.
C. Serigala dan rubah menempati tingkat trofik yang sama dan tidak saling berkompetisi.
D. Penurunan populasi ular yang signifikan kemungkinan akan menyebabkan penurunan populasi burung.
E. Aliran energi dalam jaring-jaring makanan bersifat siklik sehingga energi akan kembali ke Matahari.
5.
Proses yang ditunjukkan oleh tanda X merupakan bagian penting dalam menjaga ketersediaan fosfat dalam tanah untuk digunakan oleh tumbuhan.
Berdasarkan gambar tersebut, beri tanda centang (✓) pada setiap pernyataan yang benar mengenai proses X dan peranannya dalam siklus fosfor.
☐ Proses X dilakukan oleh bakteri dan jamur tanah yang mengubah fosfat organik menjadi fosfat anorganik.
☐ Proses X berperan penting dalam mengembalikan fosfat dari detritus dan bangkai ke dalam tanah.
☐ Tanpa proses X, tumbuhan tidak dapat menyerap fosfat dari tanah secara optimal.
☐ Proses X merupakan bagian dari fiksasi fosfor oleh mikroorganisme di atmosfer.
☐ Proses X terjadi terutama pada daerah yang tidak terjankau sinar matahari.
PEMBAHASAN




No comments:
Post a Comment