Latihan Soal Gelombang Berjalan dan Stasioner 2 Fisika 11 SMA Part 2

SOAL 1

Gelombang yang memiliki frekuensi 450 Hz menjalar dengan kecepatan 350 m/s. Tentukan jarak dua titik yang memiliki beda fase 1/6​!

SOAL 2

Gelombang yang memiliki frekuensi 450 Hz menjalar dengan kecepatan 350 m/s. Tentukan beda fase pada salah satu titik dengan selisih waktu 10−3 s!  

SOAL 3

Seutas tali panjang 3 m salah satu ujungnya diikatkan pada tiang dan ujung yang lain digerakkan terus-menerus sehingga membentuk gelombang stasioner. Pada tali terbentuk tiga gelombang penuh. Tentukan jarak perut ketiga dari ujung terikat! 

SOAL 4 

Persamaan gelombang transversal yang merambat didefinisikan sebagai y=0,3 sin(1/60​t−1/20​x) dengan x dan y dalam meter dan t dalam sekon. Berapakah kelajuan maksimiun partikel dalam gelombang yang merambat? 

SOAL 5

Nada C tengah pada piano memiliki frekuensi 262 Hz dan nada A pada oktaf yang sama memiliki frekuensi 440 Hz. Jika senar A dan C memiliki kepadatan massa linear μ dan panjang l yang sama, tentukan rasio tegangan kedua senar! 

SOAL 6

Seutas tali panjangnya 2 meter bergetar dengan kecepatan 50 m/s. Tali ditegangkan dengan gaya 2,5 N. Hitung rnassa tali per satuan panjang! 



Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive