LATIHAN SOAL ENERGI FISIKA KELAS 10 SMA KURIKULUM MERDEKA

  1. Pak Agung sedang memetik buah durian pada pohon setinggi 20 m. Durian dilempar supaya tidak mengenai orang yang ada di bawah dengan kecepatan awal ketika dilempar 10 m/s dengan arah 45° dari garis horizontal. Berapakah energi potensial benda di titik tertinggi durian dan kelajuan durian sesaat sebelum menumbuk tanah jika massa buah durian 3 kg (g = 10 m/s2)

  2. Sebuah akuarium yang massanya 4 kg dipindahkan dari atas meja setinggi 120 cm ke lantai dua yang tingginya 370 cm. Jika percepatan gravitasi bumi di tempat itu 10 m/s2, maka berapa usaha yang dilakukan pada akuarium?

  3. Sebuah bola bermassa 500 g dilempar vertikal ke atas dari permukaan tanah dengan kecepatan awal 10 m/s. Bila g = 10 m/s2, maka tentukan besarnya usaha yang dilakukan gaya berat bola pada saat mencapai tinggi maksimum!

  4. Untuk meregangkan sebuah pegas sejauh 10 cm diperlukan gaya sebesar 50 N. Hitung energi potensial elastis yang dibutuhkan untuk meregangkan pegas sejauh 12 cm!

  5. Sebuah benda bermassa 2 kg mula-mula bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Setelah bergerak sejauh 400 m, kecepatan benda menjadi 144 km/jam. Tentukan besarnya usaha total yang dilakukan benda pada saat itu!

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive