Pembagian Ilmu Ekonomi

 


Secara umum ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Haugues, penulis buku A Textbook of Economic Theory (1980), pembagian ilmu ekonomi mencakup:

  1. Ilmu Ekonomi Deskriptif
    Ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan ekonomi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian.

  2. Ilmu Ekonomi Teori
    Ekonomi teori adalah ilmu ekonomi yang berusaha menjelaskan dan merumuskan pengertian, menjelaskan hubungan sebab akibat, dan menjelaskan cara kerja sistem perekonomian dalam kehidupan masyarakat.

    Ruang lingkup ekonomi teori dapat dibedakan menjadi ekonomi mikro dan makro.


  3. Ilmu Ekonomi Terapan
    Ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan, pedoman, atau standar yang tepat dalam mengatasi masalah ekonomi tertentu.

    Misalnya, terdapat warga A dan B. Warga A terbiasa menerapkan konsep ilmu ekonomi, misalnya dengan menyusun skala prioritas kebutuhan. Warga B tidak menerapkan konsep ilmu ekonomi karena tidak menguasai konsep ilmu ekonomi. 

    Pola konsumsi warga B yang terlalu mengedepankan keinginan, mendorong gaya hidup yang berlebihan dan sifat konsumtif. 

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive