SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (4)



Soal 6
Sebuah lensa plan-konkaf memiliki indeks bias 1,5. Jari-jari lensa konkaf adalah 15 cm. Sebuah benda di udara diletakkan di depan lensa konkaf dengan jarak 15 cm. Jika benda dipindah di depan lensa plan dengan jarak yang sama ketika benda diletakkan di depan lensa konkaf, apakah terbentuk bayangan yang sama? Jelaskan!

Soal 7
Sebuah akuarium yang terbuat dari kaca diisi air setengahnya. Jika ada sinar datang yang mengarah ke akuarium, apakah dapat terjadi pemantulan sempurna? Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk memperoleh pemantulan sempurna?

Soal 8
Penghapus setinggi 4 cm diletakkan di depan lensa cekung sehingga diperoleh bayangan setinggi 6 cm. Jika letak penghapus 12 cm di depan lensa dan diperoleh bayangan bersifat maya, tentukan jari-jari kelengkungan lensa tersebut!

Soal 9
Lensa bikonkaf mempunyai jari-jari kelengkungan 10 cm dan 12 cm. Besar indeks bias lensa 1,5. Berapakah jarak fokus lensa jika lensa berada di udara?

Soal 10
Lensa bikonveks mempunyai jari-jari kelenkungan 12 cm dan 14 cm. Besar indeks bias lensa 1,6. Lensa diletakkan pada zat cair dengan indeks bias 1,2. Tentukan kekuatan lensa tersebut!

Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (4)

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive