SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (5)

Soal 1
Ria mencoba mencari kata di kamus dengan tulisan yang kecil menggunakan lup. Ketika perbesaran lup mencapai 3,5 kali tulisan asli, mata Ria cepat mengalami kelelahan. Ria memiliki titik dekat 30 cm. Jika Ria ingin mengamati tulisan tersebut dalam kondisi mata rileks, jarak tulisan dengan lup sebesar ...
a.2,4 cm                               d.6,4 cm
b.3,6 cm                               e.7,2 cm
c.4,8 cm

Soal 2
Peserta didik yang mempunyai titik dekat penglihatan 25 cm sedang melakukan pengamatan objek menggunakan mikroskop. Objek tersebut diletakkan pada preparat dengan jarak 2,5 cm di bawah lensa objektif. Ternyata pada jarak tersebut dapat mengatasi kondisi mata cepat lelah. Jarak fokus lensa objektif dan lensa okuler berturut-turut adalah 2 cm dan 4 cm. Benda tersebut mengalami perbesaran sebesar ... kali.
a.10                                       d.25
b.15                                       e.30
c.20

Soal 3
Seorang penderita hipermetropia +1,5 dioptri akan menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum pada pengaturan perbesaran lensa objektifnya 10 kali. Orang tersebut mengamati mikroskop tanpa menggunakan kacamata. Jika perbesaran total bayangan adalah 50 kali, jarak fokus lensa okuler mikroskop tersebut adalah ...cm.
a.50                                        d.20
b.40                                        e.10
c.30

Soal 4
Amatilah diagram pembentukan bayangan oleh mikroskop di bawah ini!

Perbesaran total bayangan adalah 10 kali. Dari gambar tersebut dapat dituliskan beberapa pernyataan, berikut.
1) Pengamat mengamati objek dengan mata berakomodasi maksimum
2) Pengamat mengamati objek dengan mata rileks
3) Fok = 12,5 cm
4) Mob = 6
5) Penderita miopi yang menggunakan kacamata -2 dioptri dapat melihat objek tersebut dengan jelas
     tanpa menggunakan kacamata.
Berdasarkan gambar, pernyataan yang benar ditunjukkan oleh angka ...
a.2,3,5
b.2,3,4
c.1,2,3
d.1,2,4
e.1,3,5

Soal 5
Agus menderita hipermetropia menggunakan kacamata dengan kekuatan lensa +1,5 dioptri. Ia sedang melakukan pengamatan objek kecil menggunakan mikroskop. Ia mengamati objek dengan mikroskop menggunakan kacamata sehingga bayangan yang diperoleh perbesarannya 30 kali. Jarak fokus lensa objektif dan lensa okuler mikroskop berturut-turut adalah 3 cm dan 5 cm. Ia mengamati objek dengan mata berakomodasi maksimum. Tentukan letak objek tersebut di depan lensa objektif!

Soal 6
Peserta didik bermata normal sedang mengamati mikroorganisme menggunakan mikroskop dan menghasilkan ukuran bayangan 60 kali ukuran mikroorganisme tersebut. Peserta didik mangamati mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum dan fokus okulernya sebesar 5 cm. Perbesaran lensa objektif yang digunakan adalah ... kali
a.50
b.40
c.30
d.20
e.10


Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (5)



Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive