SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (6)

Soal 7
Pak Faozi terindikasi menderita gangguan penglihatan. Ia tidak dapat melihat benda jauh melebihi 75 cm dan ketika membaca, Pak Faozi menjauhkan bukunya sejauh 45 cm. Agar Pak Faozi dapat melihat dengan jelas benda-benda jauh dan dapat membaca dengan jelas seperti mata normal, Pak Faozi harus menggunakan kacamata dengan lensa ...
a.cekung dengan kekuatan lensa -1,33 dioptri
b.cembung dengan kekuatan lensa +1,78 dioptri
c.ragkap dengan kekuatan lensa -1,33 dioptri dan +1,78 dioptri
d.rangkap dengan kekuatan lensa +1,33 dioptri dan -1,33 dioptri
e.rangkap dengan kekuatan lensa +1,78 dioptri dan -1,78 dioptri

Soal 8
Sebuah benda diletakkan 8 cm di depan lensa cembung dengan fokus 5 cm. Kemudian, diletakkan lensa cekung dengan fokus 10 cm di belakang lensa cembung sejauh 80/3 cm. Apa yang terjadi pada bayangan benda tersebut? Apakah ada pengaruh peletakkan lensa cekung di belakang lensa cembung? Jelaskan!

Soal 9
Praktikan akan melakukan praktikum mengunakan cermin dan lensa. Praktikan tersebut mendapat hasil praktikum bayangan tertangkap layar dalam kondisi terbalik dan ukuran lebih besar dari ukuran aslinya. Prediksikan lensa atau cermin yang digunakan dan letak benda tersebut!

Soal 10
Lensa plan-konveks dengan jari-jari kelengkungan 20 cm dan indeks bias 1,5 diletakkan di tiga medium yang berbeda yaitu di udara, air, dan gliserin. Indeks bias ketiga medium tersebut secara berturut-turut adalah 1; 1,33; dan 1,47. Apakah terjadi perubahan fokus pada lensa tersebut? Jelaskan!

Soal 11
Perhatikan gambar berikut.

Pak Nandar dan pot bunga berjarak 100 cm. Pak Nandar mengalami cacat mata. Saat pot tersebut dipindah lebih dari 100 cm, mata kanan melihat pot bunga nampak seperti gambar A dan mata kiri melihat pot bunga nampak seperti gambar B.

Ketika pot bunga digeser lebih jauh melewati titik 200 cm, mata kanan melihat pot bunga nampak seperti gambar B. Selidikilah cacat mata yang dialami oleh Pak Nandar. Kacamata dengan lensa apakah yang dapat digunakan Pak Nandar agar dapat mengatasi cacat mata yang dideritanya?

Soal 12
Pak Galih menderita hipermetropia +2,5 dioptri. Suatu ketika Pak Galih lupa membawa kacamata untuk membaca surat kabar di kantornya.  Kemudian Pak Galih meminjam kacamata rekan kerja yang sama-sama menderita hipermetropia. Ternyata Pak Galih harus menempatkan surat kabar sejauh 50 cm dari matanya agar dapat membaca dengan jelas. Berapa kekuatan lensa kacamata yang dimiliki rekan kerja Pak Galih?

Soal 13
Pak Gara menggunakan teropong dengan mata tak berakomodasi dan menghasilkan ukuran bayangan menjadi 3 kali ukuran benda asli. Teropong tersebut mempunyai jarak fokus okuler sebesar 40 cm. Jika Pak Gara adalah penderita miopi dan menggunakan kacamata berkekuatan -1 dioptri, apakah Pak Gara dapat melihat dengan jelas bayangan benda yang dihasilkan teropong tanpa menggunakan kacamata?

Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 11 ALAT-ALAT OPTIK (6)

Share:

2 comments:

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive