Sensor Visual mulai 2,5 - 4 tahun (Tongkat Merah)

Manfaat Kegiatan:
  • Mengembangkan persepsi visual dimensi-ukuran, koordinasi mata-tangan, kemampuan prahitung dan menulis.
  • Melatih konsep dasar angka dan membedakan urutan.
  • Anak mengenal kata tongkat, merah, panjang, dan pendek
Alat yang Dibutuhkan:
  • Sepuluh tongkat merah ukuran bervariasi mulai 10 cm sampai 100 cm

Gambar 1.1

Cara Bekerja
  • Bawa tongkat satu persatu. Genggam bagian tengah tongkat terpanjang dengan dua tangan. Posisikan tongkat secara vertikal.

    Gambar 1.2
     
  • Untuk tongkat pendek, pegang dengan tiga jari, posisikan horizontal


    Gambar 1.3

  • Letakkan secara acak tongkat di atas alas kerja
  • Katakan "Kita akan membuat tangga dari tongkat merah berukuran panjang sampai yang pendek.


    Gambar 1.4
Share:

Soal KSN Kimia No.3 Bab Struktur Atom

Bagaimanakah struktur elektronik yang paling luar atom unsur X, dimana oksidanya membentuk XO2 dan XO3; serta membentuk H2XO4 sebagai asam kuat dan XF6 sebagai fluoridanta?

A. s2p2

B. s2p3

C. s2p4

D. s2p5

E. s2p6

Pembahasan

Bilangan oksidasi X tertinggi = +6, yaitu pada XO3, H2XO4, dan XF6. Dengan demikian, atom X mampu melepas elektron maksimal sebanyak 6 elektron, sehingga jumlah elektron valensi X = 6 dengan struktur elektronik s2p4.

Jadi, Jawaban yang tepat adalah C.


--> Berikutnya
Share:

Soal KSN Kimia No.2 Bab Struktur Atom


Berikut ini berurutan adalah delapan energi ionisasi suatu unsur (kJ/mol): 703; 1610; 2460; 4350; 5400; 8500; 10.300; 12.300. Nyatakan termasuk golongan berapa unsur tersebut?

A. III A
B. IV A
C. V A
D. VI A
E. VII A

Pembahasan
Atom unsur tersebut mulai sukar melepas elektron yang ke-6 dengan energi ionisasi 8.500 kJ/mol. Berarti, lima elektron yang dilepaskan sebelumnya terletak pada kulit terluar, sehingga unsur tersebut terletak pada golongan VA.

Jadi, Jawaban yang benar adalah C.

Share:

Soal KSN Kimia No.1 Bab Struktur Atom

Suatu unsur dapat melepaskan tujuh elektron secara berturut-turut dengan energi ionisasi sebagai berikut (dalam kJ/mol):


a. Berapa banyak elektron pada kulit valensi unsur tersebut?
b. Pada golongan berapa unsur tersebut ditempatkan pada SPU?
c. Tuliskan konfigurasi elektronik pada kulit valensinya!

Jawab

  • Bagian a
    Pelepasan elektron ke-5 memerlukan energi yang sangat besar (11700 kJ/mol). Hal ini menunjukkan bahwa elektron ke-5 adalah elektron yang berada pada kulit lebih dalam dan jauh lebih sulit dilepaskan daripada 4 elektron sebelumnya. Dengan demikian, unsur tersebut hanya mempunyai 4 elektron valensi.

  • Bagian b
    Karena mempunyai 4 elektron valensi, maka unsur tersebut berada pada golongan IVA

  • Bagian c
    Konfigurasi elektronik elektron valensi: s2p4


Share:

Latihan Soal dan Pembahasan KSN KIMIA

KSN adalah ajang Kompetisi Sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Sebelum berganti nama di tahun 2020, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).


Gambar 1.1

Perubahan ini terjadi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia, guna meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan ruang aspirasi serta apresiasi untuk pelajar dalam mewujudkan talenta emas Indonesia.

Daftar Isi Latihan Soal Olimpiade Kimia

  1. Struktur Atom dan Sistem Periodik
    No.1
    No.2
    No.3

  2. Ikatan Kimia dan Geometri Molekul
    No.1
    No.2
    No.3

  3. Stokiometri
    No.1
    No.2
    No.3

  4. Sel Elektrokimia dan Kimia Unsur
    No.1
    No.2
    No.3

  5.  

















Share:

Asal Usul Kolam Sampuraga (Part 1)

     Dahulu kala, di daerah Padang Lawas Utara, ada seorang pemuda yang bernama Sampuraga. Ia dan ibunya bekerja sebagai buruh tani. Pemilik ladang menyukai mereka, karena memiliki sifat jujur dan rajin bekerja.


Gambar 1.1 Padang Lawas Utara

     Suatu hari, pemilik ladang berbincang dengan Sampuraga di teras rumahnya. "Sampuraga, kau adalah pemuda yang jujur dan rajin bekerja. Sayang sekali jika kau tetap bekerja sebagai buruh tani. Di daerah Mandailing, kebanyakan penduduknya bekerja sebagai pendulang emas. Lebih baik kau pergi mencari peruntungan di sana, siapa tahu kau berhasil."


Gambar 1.2 Buruh tani

     Sampuraga merenung. Ia memang ingin sekali mengadu nasib agar kehidupannya lebih baik. Dengan cara itu pula, ia dapat membahagiakan ibunya.

     Sesampainya di rumah, Sampuraga menyampaikan keinginannya tersebut kepada sang Ibu. "Pergilah, Anakku. Jika kau ingin memperbaiki nasibmu. Ibu minta maaf, karena belum bisa membahagiakanmu selama ini." kata ibunya sedih.

     Sang ibu khawatir tidak bisa bertemu Sampuraga lagi, mengingat dirinya yang menua. Namun, ia tetap merelakan putranya pergi. "Terima kasih, Bu. Aku berjanji akan kembali ke sini menjemput Ibu jika telah berhasil nanti," janji Sampuraga kepada ibunya.

     Keesokan harinya, Sampuraga memulai perjalanan. Ia melepas lelah di sebuah desa bernama Pidoli Lombang. Kemudian, ia sampai di Desa Sirambas yang dipimpin oleh Raja Silanjang.


Gambar 1.3 Merantau



Share:

Sensor Visual mulai 2,5 - 4 tahun (Kotak Silinder)

Manfaat Kegiatan
  • Mengembangkan persepsi visual dimensi, koordinasi tangan-mata, dan kemampuan prahitung serta menulis
  • Melatih urutan dan membedakan ukuran besar-kecil
  • Mengenal kata silinder, kuning, hijau, merah, biru, besar, kecil, rendah, dan tinggi
Alat yang Dibutuhkan:
  • Kotak silinder kuning
    10 silinder kuning diameter besar dan tinggi sampai diameter kecil dan rendah
  • Kotak silinder hijau
    10 silinder hijau diameter besar dan tinggi sampai diameter kecil dan rendah
  • Kotak silinder merah
    10 silinder merah diameter besar dan tinggi sampai diameter kecil dan rendah
  • Kotak silinder biru
    10 silinder biru diameter besar dan tinggi sampai diameter kecil dan rendah

Gambar 1.1

Cara Bekerja I:
  • Buka hati-hati kotak silinder menggunakan tiga jari. Keluarkan satu per satu dari kotak. Susun acak di atas alas kerja meja
  • Katakan "Kita akan membuat tangga dari silinder ini, dimulai dari yang ...(katakan sesuai ukuran silindernya, misalnya, biru: tertinggi sampai yang terpendek."

Gambar 1.2

Cara Bekerja II
  • Langkah awal sama seperti Cara Bekerja I.
  • Susun silinder, menjadi menara, dari silinder terbesar paling bawah sampai silinder terkecil paling atas.

Gambar 1.3





Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive