SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 9 BUNYI DAN CAHAYA (4)


II.Isian

Soal 6
Sumber bunyi dengan frekuensi bunyi 550 Hz dan pengamat bergerak saling menjauhi. Pengamat mendengar frekuensi bunyi 500 Hz. Diketahui kecepatan pengamat 15 m/s dan kecepatan bunyi di udara 340 m/s. Tentukan kecepatan sumber bunyi!

Soal 7
Perhatikan gambar berikut!

Sebuah cahaya monokromatik dengan panjang gelombang 6.000วบ mengenai dua celah seperti gambar di atas. Hitunglah jarak y!

Soal 8
Pada sebuah eksperimen interferensi celah tunggal digunakan cahaya merah dan ungu dengan panjang gelombang masing-masing 680 nm dan 425 nm. Pada eksperimen tersebut menggunakan celah yang sama dengan lebar celah sebesar d. Saat menggunakan cahaya merah pola interferensi terbentuk pada layar yang berjarak L dari celah tunggal. Selanjutnya, menggunakan cahaya ungu, agar jarak pita terang kedua dari terang pusat sama dengan jarak pita gelap keempat dari terang pusat ketika disinari cahaya merah, di manakah layar harus diletakkan?

Soal 9
Selaput tipis air sabun disinari dengan arah tegak lurus dengan menggunakan cahaya natrium 589,3 nm, Jika indeks bias air sabun 1,33, hitunglah:
a.tebal minimum selaput agar terjadi penguatan saat m=1
b.tebal minimum selaput agar terjadi pelemahan saat m=2

Soal 10
Diameter pupil seorang pengamat adalah 3,2 mm. Pengamat melihat cahaya tampak dengan panjang gelombang 600 nm pada jarak 100 cm. Jika indeks bias mata 4/3, tentukan daya urai lensa mata!




Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 9 BUNYI DAN CAHAYA (4)


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive