INFO JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI 2020

Halo Sobat CB, Apa Kabarnya?

Halo juga untuk kalian para siswa kelas 12, bagaimana persiapan menuju Ujian Sekolah?
Semoga lancar jaya dan baik-baik saja ya :D
Untuk kalian yang ingin melanjutkan studi, sudah menentukan PTN untuk mendaftar kuliah belum?

Pemilihan PTN ini tentunya akan cukup berperan untuk masa depan kalian ya, karena selama kurang lebih 4 tahun kalian akan belajar disana, Jadi, jangan asal-asalan ya, 
Pilihlah sesuai dengan minat kalian.

Untuk Sobat CB yang ingin melanjutkan kuliah, 
Kalian perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya agar tidak tertinggal ya...

Apakah kalian sudah tau mengenai jalur masuk PTN?
Jika belum tau, berikut ini akan kami infokan mengenai

JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) 

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

     Jalur SNMPTN disebut juga sebagai jalur undangan. Jalur ini dapat kita ikuti tanpa mengikuti ujian tertulis. Jadi, kita tidak perlu berpusing-pusing ria untuk belajar kembali materi-materi untuk masuk perguruan tinggi.
      Kok tidak ada tes tertulis? Lalu bagaimana sistem penilaiannya? 
     Jadi, Sobat CB, untuk penilaian pada jalur ini hanya berdasarkan akreditasi sekolah asal, nilai rapor selama SMA dan prestasi selama masuk sekolah, baik akademik ataupun non akademik.
     Bagaimana cara mendaftar melalui jalur SNMPTN?
     Pendaftaran jalur SNMPTN cukup mudah kok, Sobat CB. Tata cara pendaftaran SNMPTN biasanya dikelola oleh sekolah masing-masing melalui BK (Bimbingan Konseling). Kita hanya mengumpulkan beberapa berkas-berkas sesuai ketentuan ke guru BK. Selamat mencoba!

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

     Jalur SBMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui tes tertulis. Disini kemampuan kalian benar-benar akan diuji dan diukur, jadi untuk masuk melalui jalur ini, Sobat CB memang harus belajar lebih ekstra lagi.
     Semua tes yang diujikan berbasis komputer. Jalur ini tidak memperhitungkan akreditasi sekolah asal ataupun prestasi yang Sobat CB miliki, melainkan murni dari kemampuan hasil tes tertulis.
     Ada 2 materi yang akan diujikan di jalur ini, yaitu:
1) TPS (Tes Potensi Skolastik) berisi kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum
2) TKA (Tes Kompetensi Akademik) berisi materi rumpun sains dan saintek, dan sosial humaniora
     Peraturan di jalur SBMPTN memang memiliki banyak perubahan dari tahun sebelum-sebelumnya. Jika beberapa tahun terakhir, jalur ini memiliki aturan memilih PTN terlebih dahulu baru tes tertulis, maka di tahun ini, kita harus mengikuti tes tertulis dahulu, setelah itu baru bisa memilih PTN yang kita inginkan.
     Selain itu, mulai beberapa tahun terakhir, ujian tes tertulis bisa dilakukan sampai 2x lho, jadi, untuk Sobat CB yang belum puas dengan hasil nilainya, bisa mencoba lagi agar nilainya lebih baik.

3. Jalur Mandiri

     Jika jalur SNMPTN dan SBMPTN merupakan jalur yang disediakan oleh pemerintah untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, berbeda dengan jalur mandiri.
     Jalur mandiri memiliki kebijakan yang berbeda-beda tergantung universitas masing-masing yang mengelolana.
     Untuk kuota SNMPTN minimal 30% dari total kuota yang telah ditetapkan oleh PTN tersebut. Cukup besar bukan? Jadi, untuk Sobat CB yang nantinya belum beruntung di jalur SNMPTN dan SBMPTN jangan berkecil hati ya, kesempatan masih terbuka lebar :D
     Khusus untuk ITB dan UNPAD, tidak ada jalur mandiri ya teman-teman, kemudian untuk universitas yang membuka jalur mandiri tanpa ujian tertulis, melainkan penilaiannya menggunakan nilai SBMPTN ada di  Universitas Airlangga dan Universitas Sebelas Maret.


So, buat kalian SELAMAT MENCOBA!!! TETAP SEMANGAT!!!


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive