Memasukkan Data ke Lembar Kerja

 





Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Setelah mengetahui lembar kerja dan cara mengatur lebar kolom, kita dapat memasukkan data teks, angka, tanggal, atau waktu ke dalam sel lembar kerja. Cara memasukkan data ke dalam sel adalah sebagai berikut:




  1. Klik sel di mana kita akan memasukkan data untuk menjadikannya sebagai sel aktif.

  2. Kemudian ketikkan data yang akan dimasukkan ke dalam sel (Jakarta). Data yang diketik terlihat pada bar rumus seperti pada Gambar dibawah ini.

  3. Perhatikan dua tombol di kiri bar rumus, yaitu tombol Cancel X dan tombol Enter. Klik tombol Cancel untuk membatalkan pemasukan data. Klik tombol Enter pada bar rumus atau tekan tombol Enter pada keyboard untuk memasukkan data ke dalam sel.



    Gambar Data yang diketik pada bar rumus

Share:

Mengubah Lebar Kolom dengan Mouse

 


Mengubah Lebar Kolom dengan Mouse
Jika lebar sel tidak cukup untuk menampung data angka, tanggal, atau waktu, Excel akan menampilkan data tersebut dengan lambang ########. Jika lebar kolom tidak cukup menampung data teks, data teks tersebut akan terpotong oleh kolom data di sebelah kanan. Lebar kolom sel harus disesuaikan dengan panjang data. Supaya kita dapat mengubah lebar kolom segera, kita akan membahas pengubahan lebar kolom dengan mouse. Cara mengubah lebar kolom dengan mouse adalah sebagai berikut:



  1. Pada kepala kolom, tunjuk batas kanan kolom yang akan diubah lebarnya sampai penunjuk mouse berubah menjadi panah ganda ke kiri dan kanan. Sebagai contoh, batas kanan kolom F dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.


    Gambar Batas kolom



  2. Kemudian seret ke kanan untuk memperbesar lebar kolom atau seret ke kiri untuk memperkecil lebar kolom. Setelah lebar kolom yang dibutuhkan diperoleh, lepaskan tombol mouse.

Share:

Memindahkan Sel Aktif

 

  • Memindahkan Sel Aktif
    Sel aktif ada pada alamat A1 ketika buku kerja dibuka. Data yang diketik akan dimasukkan ke sel aktif. Kita dapat memindahkan sel aktif ke sel lain dengan menggunakan mouse atau keyboard. Untuk memindahkan sel aktif ke sel lain dengan mouse cukup dengan mengklik sel tersebut.



    Gambar bagian lembar kerja




    Kita menggunakan satu tombol atau kombinasi tombol keyboard untuk memindahkan sel aktif dengan keyboard. Lebih jelasnya, tombol atau kombinasi tombol yang kita gunakan untuk memindahkan sel aktif dapat dilihat pada tabel di bawah ini.










Share:

Buku Kerja dan Lembar Kerja

  • Buku Kerja dan Lembar Kerja
    Buku kerja adalah file dokumen di mana kita bekerja dan menyimpan data. Setiap buku kerja terdiri atas beberapa lembar kerja di mana kita dapat memasukkan dan menyusun bermacam-macam data atau informasi yang berhubungan. Gunakan lembar kerja untuk mendaftarkan, menghitung, dan menganalisa data. Kita dapat memasukkan dan mengedit data pada beberapa lembar kerja, dan melakukan perhitungan berdasarkan data dari banyak lembar kerja. Ketika membuat grafik, kita dapat menempatkan grafik pada lembar kerja dengan data yang berhubungan atau pada lembar kerja yang terpisah.

    Lembar kerja mempunyai nama. Nama dari lembar kerja terlihat pada tab lembar kerja yang berada di bagian bawah. Kita dapat berpindah dari suatu lembar kerja ke lembar kerja lain dengan cara mengklik tab lembar kerja tersebut.

  • Bagian Lembar Kerja
    Lembar kerja terdiri atas baris dan kolom. Kolom ditunjukkan dengan huruf pada kepala kolom (A, B, C, ..., Z, AA, AB, AC, ..., AZ, BA, BB, BC, .... , BZ, dan seterusnya). Baris ditunjukkan dengan angka pada kepala baris (1, 2, 3, ..., sampai 65536).

    Potongan antara baris dan kolom disebut sel. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Sebagai contoh, sel B20 adalah sel yang merupakan perpotongan antara kolom B dan baris 20. Sel aktif atau sel yang dipilih ditandai dengan garis tebal berwarna hijau di sekelilingnya, seperti terlihat pada Gambar berikut.

    Data yang kita ketikkan akan dimasukkan ke sel aktif ketika kita menekan tombol pada keyboard. Alamat sel aktif terlihat pada kotak alamat sel aktif di bagian atas lembar kerja.
    Gambar Sel aktif

    Setiap sel dibatasi oleh garis vertikal dan garis horizontal yang disebut garis grid (gridlines). Garis ini memudahkan kita melihat batas setiap sel. Jika kita mencetak lembar kerja, garis grid tidak akan ikut dicetak. Kita dapat mencetaknya dengan memberi tanda cek v pada pilihan Print di kelompok Sheet Options tab Page Layout.

    Buku kerja terdiri atas beberapa lembar kerja. Lembar kerja ditandai dengan tab lembar kerja Sheet1, Sheet2, Sheet3, dst. Kita dapat berpindah dari satu lembar kerja ke lembar kerja lain dengan mengklik tab lembar kerja. Lembar kerja yang dibuka ditampilkan dengan tab lembar kerja berwarna putih. Untuk membedakan suatu lembar kerja dengan lembar kerja lain, kita dapat memberi warna yang berbeda pada setiap tab lembar kerja.

    Pada bagian atas kiri lembar kerja terdapat bar rumus (formula bar). Bar rumus menampilkan rumus atau fungsi untuk melakukan perhitungan pada sel.


Share:

Bar Tool Tampilan Layar

 

Bar Tool Tampilan Layar

Ketika kita memulai Excel, tampilan yang terlihat adalah tampilan normal. Layar pengeditan Excel mempunyai tiga pilihan tampilan, seperti terlihat pada Gambar diatas. Tampilan layar ini dapat kita ubah dari satu tampilan ke tampilan lain sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Pengubahan tampilan layar berguna untuk mendapatkan cara yang mudah dan cepat untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan.

Lebih jelasnya, pilihan-pilihan tampilan layar pengeditan Excel adalah sebagai berikut :

           Tombol               Tampilan             Keterangan

  1.             Normal              Lembar kerja ditampilkan dalam tampilan draft tanpa melihat
                                          tata letak halaman lembar kerja.


  2.         Print Layout         Tampilan ini digunakan untuk melihat tata letak halaman 
                                         lembar kerja. Tampilan ini mengakibatkan proses penampilan
                                         lembar kerja sedikit lebih lambat. Tetapi, kita dapat melihat                                           hasil cetakan lembar kerja pada kertas.
                               
  3. Page Break Preview    Tampilan ini akan menampilkan garis perpindahan halaman
                                         pada lembar kerja sehingga kita dapat mengetahui apakah
                                         tabel data terletak pada satu halaman atau ada bagian tabel data
                                         yang terletak pada halaman lain.

  4.               Mengatur besar atau kecilnya tampilan lembar kerja. Klik
                  tombol Zoom Out (-) untuk mengecilkan tampilan lembar
                                                          kerja atau klik tombol Zoom in (+) untuk memperbesar. Atau
                                          Slider      seret slider zoom ke kiri untuk mengecilkan tampilan dan seret
                                         Zoom       ke kanan untuk memperbesar. Persentase perbesaran tampilan
                                                          terlihat disebelah kiri slider zoom.

Share:

Tombol Ukuran Jendela

 


Tombol ukuran jendela dapat kita lihat pada gambar diatas. Tombol ini terletak disudut kanan atas jendela Excel dan berisi tiga tombol. Fungsi masing-masing tombol adalah sebagai berikut:

  1. Minimize : Tombol ini berguna untuk memperkecil ukuran jendela Microsoft Excel menjadi sebuah tombol yang aktif pada taskbar.


  2. Restore : Tombol ini berguna untuk mengembalikan ukuran jendela Microsoft Excel ke ukuran semula.


  3. Close : Tombol ini berguna untuk menutup jendela Microsoft Excel.



  4. Maximize : Tombol ini ditampilkan jika ukuran jendela dikembalikan ke ukuran semula dengan tombol Restore. Tombol ini juga berguna untuk memaksimalkan ukuran jendela Excel

Jika jendela Microsoft Excel dalam ukuran semula, tombol ditengah akan menjadi tombol Maximize. Tetapi jika jendela Microsoft Excel dalam ukuran maksimum, maka tombol di tengah akan menjadi tombol Restore.

Share:

Backstage View

Icon dan Keterangannya

  1. Menutup backstage view.

  2. Menampilkan informasi buku kerja yang dibuka atau ditampilkan.

  3. Membuka buku kerja Excel baru.
  4.  Membuka file buku kerja Excel yang telah ada.
  5. Menyimpan perubahan file buku kerja Excel.
  6. Menyimpan tabel data yang telah diketik dengan memberi nama file buku kerja dalam beberapa format yang tersedia.

  7. Menampilkan informasi Histori file buku kerja yang dibuka.
  8. Mencetak file buku kerja yang dibuka ke printer atau menampilkan bentuk cetakan lembar kerja pada file buku kerja.

  9. Menyimpan buku kerja ke OneDrive atau mengirim file buku kerja kepada orang lain dengan menggunakan email.
  10. Membuat dokumen PDF/XPS dari file buku kerja yang dibuka. Kita dapat mengubah tipe file buku kerja Excel ke bentuk lain, seperti buku kerja Excel 97-2003, lembar kerja Open Document, template, buku kerja Macro-Enabled, buku kerja binary, dll.

  11. Menutup file buku kerja yang sedang dibuka.
  12. Menampilkan informasi pengguna dan produk aplikasi Office 2016 yang kita gunakan.
  13. Mengatur tampilan dan fasilitas Microsoft Excel sesuai dengan kebutuhan.
  14. Memberikan info masukan ke Microsoft untuk perbaikan fitur-fitur Microsoft Excel

Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive