Materi IPA Kelas 4 SD

 


Daftar Isi:

  1. Rangka Manusia
  2. Alat Indra Manusia
  3. Bagian-Bagian Tumbuhan
  4. Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya
  5. Daur Hidup Hewan
  6. Hubungan Ketergantungan AntarMakhluk Hidup dan Lingkungan
  7. Benda-Benda dan Sifatnya
  8. Perubahan Wujud Benda
  9. Sifat Bahan dan Kegunaannya
  10. Gaya
  11. Energi Panas dan Bunyi
  12. Energi Alternatif dan Penggunaannya
  13. Perubahan Energi
  14. Perubahan Kenampakan Bumi dan Langin
  15. Perubahan Lingkungan Fisik
  16. Sumber Daya Alam, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat

Share:

Pembahasan Alat Pernapasan Manusia dan Hewan IPA Kelas 5 SD

 Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!

  1. Organ-organ di bawah ini termasuk alat pernapasan, kecuali ....
    a. hidung
    b. kerongkongan
    c. paru-paru
    d. batang tenggorokan
     
  2. Pada proses pernapasan, penyaringan udara berlangsung di dalam ...
    a. bronkus
    b. hidung
    c. alveolus
    d. paru-paru

  3. Udara yang keluar masuk sewaktu kita sedang beristirahat disebut ...
    a. udara komplementer
    b. udara cadangan
    c. udara bersih
    d. udara residu
    Pembahasan
    Udara komplementer: volume udara saat menarik napas dalam-dalam (1.500 mm)
    Udara cadangan: udara yang masih dapat dikeluarkan paru-paru secara maksimal
    Udara residu: udara yang masih tersisa dalam paru-paru setelah ekspirasi.

  4. Apabila diafragma dalam keadaan datar, maka rongga dada membesar sehingga ...
    a. udara keluar dari paru-paru
    b. udara paru-paru keluar masuk
    c. udara dalam paru-paru akan tetap diam
    d. udara luar akan masuk ke dalam paru-paru
    Pembahasan
    Saat inspirasi (menghirup udara) otot diafragma kontraksi, sehingga berbentuk datar dan volume rongga dada membesar.

  5. Paru-paru kiri terdiri atas 2 lobus, sedangkan paru-paru kanan terdiri atas .... lobus
    a. 2
    b. 3
    c. 1
    d. 4

  6. Tujuan utama proses pernapasan manusia ialah untuk memperoleh ...
    a. karbondioksida
    b. oksida
    c. energi
    d. uap air

  7. Alat pernapasan yang dapat mengatur kelembapan udara yang masuk disebut ...
    a. paru-paru
    b. hidung
    c. bronkus
    d. trakea

  8. Pertukaran udara pada manusia terjadi di dalam ...
    a. bronkiolus
    b. trakea
    c. bronkus
    d. alveolus

  9. Perhatikan gambar di bawah!

    Bronkiolus ditunjukkan oleh nomor ...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    Pembahasan
    1: bronkus
    2: trakea
    3: bronkiolus
    4: alveolus

  10. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut ...
    a. bronkia
    b. alveolus
    c. faring
    d. pleura


Share:

Latihan Soal Alat Pernapasan Manusia dan Hewan IPA Kelas 5 SD

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!

  1. Organ-organ di bawah ini termasuk alat pernapasan, kecuali ....
    a. hidung
    b. kerongkongan
    c. paru-paru
    d. batang tenggorokan
     
  2. Pada proses pernapasan, penyaringan udara berlangsung di dalam ...
    a. bronkus
    b. hidung
    c. alveolus
    d. paru-paru

  3. Udara yang keluar masuk sewaktu kita sedang beristirahat disebut ...
    a. udara komplementer
    b. udara cadangan
    c. udara bersih
    d. udara residu

  4. Apabila diafragma dalam keadaan datar, maka rongga dada membesar sehingga ...
    a. udara keluar dari paru-paru
    b. udara paru-paru keluar masuk
    c. udara dalam paru-paru akan tetap diam
    d. udara luar akan masuk ke dalam paru-paru

  5. Paru-paru kiri terdiri atas 2 lobus, sedangkan paru-paru kanan terdiri atas .... lobus
    a. 2
    b. 3
    c. 1
    d. 4

  6. Tujuan utama proses pernapasan manusia ialah untuk memperoleh ...
    a. karbondioksida
    b. oksida
    c. energi
    d. uap air

  7. Alat pernapasan yang dapat mengatur kelembapan udara yang masuk disebut ...
    a. paru-paru
    b. hidung
    c. bronkus
    d. trakea

  8. Pertukaran udara pada manusia terjadi di dalam ...
    a. bronkiolus
    b. trakea
    c. bronkus
    d. alveolus

  9. Perhatikan gambar di bawah!

    Bronkiolus ditunjukkan oleh nomor ...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  10. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut ...
    a. bronkia
    b. alveolus
    c. faring
    d. pleura

Share:

Latihan Soal IPA Kelas 5 SD

 


Daftar Isi

  1. Alat Pernapasan Manusia dan Hewan
  2. Alat Pencernaan Manusia dan Makanan
  3. Darah
  4. Tumbuhan Hijau
  5. Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
  6. Struktur Bahan
  7. Perubahan Benda
  8. Gaya, Gerak, dan Energi
  9. Pesawat Sederhana
  10. Cahaya dan Sifatnya
  11. Batuan dan Proses Pembentukan Tanah
  12. Struktur Bumi dan Matahari
  13. Daur Air dan Peristiwa Alam
  14. Sumber Daya Alam

Share:

Hewan dengan Alat Pernapasan Trakea dan Kulit

Hewan dengan Alat Pernapasan Trakea 


Contohnya: serangga seperti belalang, jangkrik, kupu-kupu, lebah, kumbang, nyamuk, rayap, dan lalat.
Trakea merupakan lubang-lubang halus yang terdapat pada antarruas badan serangga. Dengan gerakan otot yang teratur dan aktif, maka udara akan masuk ke dalam tubuh serangga melalui trakea.


Gambar 1.1

Hewan dengan Alat Pernapasan Kulit


Contoh: cacing.






 
\


 

Agar pernapasan melalui kulit dapat terus berlangsung, maka kulit harus selalu dalam keadaan basah.

Share:

Hewan dengan Alat Pernapasan Paru-Paru (Reptil dan Amfibi)

Reptil

Reptil disebut juga hewan melata. Contohnya, cecak, kadal, tokek, buaya, komodo, ular, bunglon, kura-kura, dan penyu. Pada reptil yang hidup di air, misalnya buaya, saat menyelam hidungnya dapat ditutup sehingga air tidak masuk ke paru-paru.

Alat pernapasan reptil:
- hidung
- batang tenggorokan
- cabang batang tenggorokan
- paru-paru

Amfibi

Amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air. Pada katak, setelah telur menetas menjadi berudu, hidupnya di air dan bernapas menggunakan insang. Pada saat berudu mulai berkaki dan menjadi katak, pernapasan menggunakan paru-paru.

Katak juga bernapas melalui kulit. Kulit katak harus selalu dalam keadaan basah, oleh karena itu, katak senang hidup di tempat berair.


Gambar 1.1

Share:

Sensor Visual mulai 2,5 - 4 tahun (Kotak Warna 2)

Manfaat Kegiatan:

  • mengembangkan visual warna, koordinasi tangan mata, dan kemampuan berhitung, menulis, serta sains.
  • melatih mengelompokkan warna
  • mengenal kata papan dan aneka warna
Alat yang Dibutuhkan:
Sebelas papan warna sekunder, primer, dan netral. Masing-masing satu pasang.

Gambar 1.1

Cara Bekerja I: Mencocokkan Warna
  • Keluarkan papan warna dari tempatnya.
  • Susun secara horizontal/vertikal. Ajak anak mencari warna yang sama
  • Keluarkan tiga pasang papan (hijau, oranye, ungu), minta anak mencari warna yang sama. Keluarkan warna lainnya dan lakukan hal yang sama.

Gambar 1.2

Cara Bekerja II: Mengenal Warna
  • Keluarkan warna dasar. Minta anak menyebutkan warna tersebut. Selanjutnya kenalkan warna-warna lain.
  • Jika anak kesulitan mengingat tiga warna, cukup kenalkan dua nama warna dahulu

Gambar 1.3


Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive