LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN PELUANG PART 2 MATEMATIKA 10 SMA KURIKULUM MERDEKA

 

1.         Sebuah dadu dilempar 2 kali. Berapa peluang munculnya mata dadu 3 pada pelemparan pertama dan mata dadu 5 pada pelemparan kedua.

 

2.         Yasmin memiliki 3 pensil, 2 bolpoin biru, dan 5 bolpoin hitam. Yasmin ingin mengerjakan tugas di buku dengan menggunakan pensil atau bolpoin yang dimilikinya. Berapa banyak pilihan alat tulis yang dapat dipakai Yasmin?

 

3.         Linda ingin mendengarkan lagu di handphone. Di handphone miliknya terdapat 5 lagu pop, 4 lagu rock, dan 3 lagu dangdut. Linda ingin mendengarkan lagu pop atau dangdut. Berapa banyak cara Linda memilih lagu yang akan dia dengar?

 

4.         Dalam pelemparan dua dadu, tentukan peluang munculnya mata dadu berjumlah 5 atau 7

 

5.         Sebuah uang logam dan sebuah dadu dilempar sekali. Berapa peluang munculnya gambar pada uang logam dan munculnya bilangan prima pada dadu.

 

6.         Dua buah dadu dilempar undi secara bersamaan. Tentukan peluang muncul mata dadu berjumlah 3 atau bernomor sama

 

7.         Dalam suatu kaleng tersisa 3 permen strawberry dan 3 permen coklat. Jika dari kaleng tersebut diambil 2 permen sekaligus, tentukan peluang mendapatkan 1 permen strawberry dan 1 permen coklat

 

8.         Dua buah dadu berwarna merah dan biru dilempar bersamaan. Berapa peluang munculnya mata dadu 2 pada dadu merah dan mata dadu 3 pada dadu biru

 

9.         Sebuah kartu diambil secara acak dari sebuah kantong yang berisi nomor 1-30. Tentukan peluang terambilnya kartu bernomor kelipatan 3 atau factor dari 10

 

10.     Sebuah kartu diambil dari seperangkat kartu  bernomor 1-9. Misalnya kejadian A adalah peluang terambilnya kartu bernomor pria dan kejadian B adalah peluang terambilnya kartu bernomor genap. Tentukan peluang kejadian A atau B.

 

11.     Dari seperangkat kartu bridge diambil sebuah kartu secara acak. Tentukan peluang terambilnya kartu berwarna merah atau kartu As.



Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive