1.Jawablah setiap pertanyaan berikut terkait
dengan dua bilangan ganjil berurutan, seperti 5 dan 7.
(1)Misalkan n adalah bilangan bulat. Jika
dimisalkan bilangan ganjil yang lebih kecil adalah 2n + 1, bagaimana menyatakan
bilangan ganjil yang lebih besar?
(2)Jelaskan mengapa jumlah dua bilangan ganjil
berurutan adalah kelipatan 4
2.Jelaskan dengan menggunakan bentuk aljabar:
mengapa jumlah 3 bilangan bulat dengan selisih 3, seperti 1, 4, 7 adalah
kelipatan 3.
3.Jika kita misalkan A = x2 – 3x – 5
dan B = -2x2 + x + 7, bentuk aljabar apa yang harus dikurangkan dari
A untuk menghasilkan B?
4.Tabung A memiliki jari-jari alas r cm dan
tinggi t cm. Tabung B memiliki jari-jari alas dua kali panjang jari-jari alas
tabung A, dan tingginya dari tinggi tabung A. Gunakan bentuk-bentuk
aljabar untuk menjelaskan berapa kali ukuran volume tabung B terhadap tabung A.
Bentuk aljabar terbagi menjadi suku tunggal (monom) dan suku banyak (polinom). Contoh suku tunggal (monom) yaitu 4x, xy, y, -6. Contoh suku banyak (polinom) yaitu 10x + 20, 2x + 2y.
Pada persamaan x2 - 4x + 3 dapat diketahui:
x2 = suku
-4x = suku
3 = suku konstanta
Banyaknya variabel yang dikalikan dalam suatu bentuk suku tunggal disebut derajat.
Contoh:
2x = berderajat 1
-3x2 = berderajat 2
5x2y = berderajat 3
Suatu bentuk aljabar berderajat 1 disebut bentuk linear, bentuk aljabar berderajat 2 yang hanya memiliki satu variabel disebut bentuk kuadrat.
Detail materi bilangan bulat dapat kalian lihat pada video di bawah ini ya
Pada pengukuran suhu, jika diketahui suhunya 2 derajat celcius dibawah 0 derajat, maka gunakan tanda negatif. Dibaca minus/negatif 2 derajat celcius. Jika suhu 27 derajat celcius di atas 0, maka gunakan tanda positif. Dibaca plus/positif 27 derajat celcius.
Pada ketinggian, misalnya ketinggian Gunung Semeru adalah 3.676 m di atas permukaan laut, gunakan tanda positif. Sedangkan jika diketahui kedalaman Palung Jawa adalah 7.140 m di bawah permukaan laut, gunakan tanda negatif.
Detail materi bilangan bulat dapat kalian lihat pada video di bawah ini ya
HTML merupakan sebuah bahasa yang menggunakan markup atau penanda pada setiap bagiannya untuk membuat halaman web. Penanda atau markup sering disebut dengan tag yang ditandai dengan tanda "<>". HTML sendiri memiliki peran untuk mengatur struktur yang ada pada website. Seperti halnya batubata pada bangunan yang digunakan sebagai landasan dalam pembangunan rumah.
Pembuatan website tidak hanya membutuhkan bahasa HTML karena website tidak akan menarik. Layaknya rumah yang tidak di plaster dan di cat menjadikannya bangunan yang tidak sempurna. CSS perlu dihadirkan untuk menyempurnakan website yang kita buat serta Javascript sehingga kenampakan website bisa sempurna. Terlebih untuk mendetailkan hingga ke database dapat menggunakan PHP dan My SQL.
Pada Tutorial kali ini, akan dibahas mengenai pembuatan website dari mulai penggunaan HTML hingga ujicoba pembuatan website sederhana menggunaan HTML.
Informasi berikut ini untuk menjawab soal
nomor 1-2
Tabel berikut ini berisi informasi dari 8 siswa
SMA mengenai rata-rata waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk menggunakan
media social serta nilai rata-rata yang mereka dapatkan
1.Prediksi
nilai rata-rata siswa yang menghabiskan waktu … jam dinamakan dengan
interpolasi
a.4
b.8
c.10
d.12
e.15
2.Rata-rata
waktu per hari yang dihabiskan oleh siswa dalam menggunakan media social adalah
… jam
a.2,125
b.3,475
c.3,625
d.4,150
e.4,225
3.Perhatikan
diagram pencar berikut
Diketahui diagram pencar dari data kandungan gula dan jumlah kalori
dalam satu sajian dari berbagai macam merek sereal. Pernyataan di bawah ini yang
sesuai dengan diagram pencar di atas adalah …
a.Ada 15
merek sereal pada informasi yang disajikan
b.Titik-titik
mempunyai kecenderungan turun ke bawah
c.Semakin
banyak kandungan gula semakin tinggi kalorinya
d.Jenis
korelasi pada diagram pencar adalah pola negative
e.Bentuk
tren data pada diagram pencar tidak berbentuk
4.Tabel
di bawah ini merupakan data dari penggunaan pupuk pada suatu lahan dan hasil
panen yang diperoleh.
Nilai jumlah kuadrat selisih variable independen x terhadap
rata-ratanya dan variable y terhadap rata-ratanya adalah …
a.128
b.140
c.193
d.225
e.275
Informasi berikut ini untuk menjawab soal
nomor 13-14.
Tabel berikut merupakan informasi antara
biaya iklan dan hasil penjualan dari sebuah perusahaan.
5.Gradien
garis regresi dari data pada table adalah …
a.6,8171
b.6,9022
c.7,1873
d.7,2869
e.7,4812
6.Pola
penyebaran titik-titik dari data adalah …
a.Titik-titik
mempunyai kecenderungan semakin naik ke atas jika dilihat dari kiri ke kanan
b.Titik-titik
yang terbentuk tidak berpola
c.Titik-titik
yang terbentuk membentuk garis patah
d.Titik-titik
mempunyai kecenderungan semakin turun ke bawah jika dilihat dari kiri ke kanan
e.Titik-titik
mempunyai kecenderungan naik ke atas kemudian turun ke bawah
7.Perhatikan
data pada table berikut ini
Diketahui
persamaan garis regresi untuk data tersebut adalah . Daru proses berikut
ini, yang termasuk ekstrapolasi adalah …
1.Diagram
pencar yang tepat untuk data pada tabel berikut adalah …
2.Variabel
kuantitatif merupakan variabel yang nilai satuannya dapat dinyatakan dalam
bentuk …
a.Kategori
b.Symbol
c.Perbandingan
d.Interval
e.Angka
3.Variabel
yang digunakan untuk membuat prediksi terhadap nilai variable dependen adalah
variable …
a.Dependen
b.Independent
c.Kualitatif
d.Kuantitatif
e.Numerik
4.Data
bivariat adalah data yang terdiri dari …
a.Satu
nilai
b.Banyak
nilai
c.Dua
variable kuantitatif
d.Dua
variable kualitatif
e.Variable
kuantitatif dan kualitatif
5.Pola
korelasi pada diagram pencar berikut ini adalah …
a.Negative
b.Positif
c.Tidak
berpola
d.Kurva
e.Linear
6.Perhatikan
table berikut ini
Persamaan garis regresi dari data tersebut adalah …
a.
b.
c.
d.
e.
7.Seorang
pelanggan sebuah toko cokelat menyelidiki hubungan antara harga (y rupiah) dari
100 gram cokelat dan persentase kandungan cokelat (x %). Data yang diperoleh
disajikan pada table berikut.
Rata-rata harga cokelat yang diteliti adalah …
a.Rp
4.750,00
b.Rp
5.250,00
c.Rp
5.500,00
d.Rp
6.000,00
e.Rp
6.500,00
Informasi berikut ini untuk menjawab soal
nomor 8-10.
Tabel berikut ini berisi informasi dari 8 siswa
SMA mengenai rata-rata waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk menggunakan
media social serta nilai rata-rata yang mereka dapatkan
8.Jika
persamaan garis regresi dari data tersebut adalah, prediksi nilai
rata-rata siswa yang menghabiskan waktu 5 jam per hari untuk media sosial
adalah …