Latihan Soal No.4-10 TKA SMA BIOLOGI : 1. KEANEKARAGAMAN HAYATI

Soal 4

Hutan mangrove di pesisir Indonesia seringkali diubah menjadi lahan tambak udang karena dianggap lebih menguntungkan secara ekonomi. Tentukan kebenaran pernyataan berikut berdasarkan evaluasi antara nilai ekologis dan nilai ekonomis hutan mangrove.

  1. Secara ekologis, hutan mangrove berfungsi sebagai penahan abrasi, tempat pemijahan ikan, dan penyerap karbon yang nilainya seringkali terabaikan. (Benar/Salah)

  2. Konversi mangrove menjadi tambak udang selalu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir secara berkelanjutan dalam jangka panjang. (Benar/Salah)

  3. Hilangnya hutan mangrove dapat meningkatkan risiko bencana alam seperti tsunami dan intrusi air laut ke daratan. (Benar/Salah)


Soal 5

Perhatikan data fiktif berikut mengenai jumlah spesies di dua taman nasional (TN) di Indonesia:

  • TN X: 15 spesies mamalia, 30 spesies burung, 5 spesies reptil. Terletak di pulau besar dekat benua.

  • TN Y: 10 spesies mamalia, 25 spesies burung, 12 spesies reptil. Terletak di kepulauan terisolasi di Indonesia bagian timur.

Manakah evaluasi yang paling tepat mengenai data keanekaragaman hayati tersebut?

A. TN X memiliki keanekaragaman hayati lebih tinggi karena luasnya lebih besar.
B. TN Y kemungkinan memiliki tingkat endemisitas lebih tinggi per spesiesnya karena faktor isolasi geografis, terutama pada reptil.
C. Jumlah spesies burung yang lebih tinggi di TN X menunjukkan kualitas habitat yang lebih baik.
D. Keanekaragaman hayati di kedua taman nasional tersebut identik dan tidak dipengaruhi oleh letak geografis.


Soal 6

Salah satu ciri khas keanekaragaman hayati di Indonesia adalah adanya tiga tingkatan, yaitu gen, jenis, dan ekosistem. Munculnya berbagai varietas mangga seperti mangga arumanis, manalagi, dan golek merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat …

A. Gen
B. Jenis
C. Ekosistem
D. Komunitas


Soal 7

Garis Wallace dan Garis Weber membagi Indonesia menjadi tiga zona biogeografi dengan karakteristik flora dan fauna yang berbeda. Manakah kesimpulan yang dapat ditarik dari adanya garis-garis imajiner tersebut? (Pilih semua jawaban yang benar)

  • Tingkat endemisitas fauna tertinggi ditemukan di zona Peralihan (Wallacea).

  • Flora di wilayah barat Indonesia (Paparan Sunda) menunjukkan lebih banyak kemiripan dengan flora benua Asia.

  • Garis Wallace dan Weber tidak berpengaruh terhadap persebaran flora, hanya fauna.

  • Pulau Sulawesi memiliki komposisi fauna yang unik karena merupakan percampuran antara zona Asiatik dan Australis.


Soal 8

Indonesia memiliki fauna yang unik dan terbagi dalam tiga wilayah berdasarkan garis Wallace dan Lydekker. Jodohkan fauna khas Indonesia berikut dengan wilayah persebarannya yang tepat.

  • Anoa, Maleo, dan Komodo

  • Orangutan, Badak bercula satu, dan Harimau Sumatera

  • Burung Cenderawasih dan Kanguru Pohon

Pilihan wilayah:

  • Asiatik (Paparan Sunda)

  • Australis (Paparan Sahul)

  • Peralihan (Wallacea)


Soal 9

Sebagai seorang siswa, Anda menemukan bahwa di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda terdapat sebuah mata air yang mulai tercemar sampah domestik dan ekosistem di sekitarnya mulai rusak. Manakah tindakan nyata yang mencerminkan penerapan prinsip pelestarian keanekaragaman hayati yang dapat Anda lakukan? (Pilih semua jawaban yang benar)

  • Membuat poster atau kampanye media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan mata air.

  • Mengorganisir kegiatan kerja bakti membersihkan sampah di sekitar mata air bersama teman-teman atau karang taruna.

  • Melaporkan masalah pencemaran tersebut kepada pihak berwenang seperti Dinas Lingkungan Hidup setempat.

  • Memasukkan spesies ikan non-asli yang tahan polusi untuk menjaga agar mata air tetap terlihat “hidup”.


Soal 10 

Sebuah kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon ditetapkan sebagai situs warisan dunia karena menjadi habitat terakhir Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Tentukan kebenaran pernyataan berikut terkait upaya pelestarian keanekaragaman hayati di kawasan tersebut.

  1. Penetapan Taman Nasional Ujung Kulon adalah bentuk pelestarian ex-situ. (Benar/Salah)

  2. Ancaman utama populasi Badak Jawa di Ujung Kulon adalah perburuan liar dan hilangnya habitat. (Benar/Salah)

  3. Memindahkan sebagian Badak Jawa ke suaka badak baru merupakan strategi konservasi in-situ untuk mengurangi risiko bencana alam. (Benar/Salah)


PEMBAHASAN: 


Share:

Latihan Soal No. 1-3 TKA SMA BIOLOGI : 1. KEANEKARAGAMAN HAYATI

Soal 1

Pelepasan ikan Arapaima (Arapaima gigas), predator air tawar dari Sungai Amazon, ke perairan Sungai Brantas di Jawa Timur telah menimbulkan kekhawatiran. Dari sudut pandang konservasi keanekaragaman hayati, dampak negatif utama dari tindakan ini adalah …

A. Meningkatkan keanekaragaman jenis ikan di Sungai Brantas.
B. Menyebabkan persaingan dan pemangsaan terhadap spesies ikan asli (endemik).
C. Memperbaiki kualitas air sungai karena ikan Arapaima memakan alga.
D. Menjadi sumber protein baru yang bernilai ekonomis tinggi bagi masyarakat.


Soal 2

Upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia didukung oleh berbagai peraturan dan kesepakatan internasional. Jodohkan instrumen hukum/konservasi berikut dengan contoh penerapannya yang tepat.

  1. Pengaturan perdagangan internasional Trenggiling dan Gading Gajah agar tidak menyebabkan kepunahan.

  2. Penetapan status “dilindungi” untuk Elang Jawa dan dasar hukum untuk sanksi bagi pemburunya.

  3. Kawasan pelestarian in-situ yang melindungi ekosistem terumbu karang beserta biota lautnya di perairan Bunaken.

Pilihan:

  • UU No. 5 Tahun 1990

  • Konvensi CITES

  • Taman Nasional


Soal 3

Kenaikan suhu permukaan laut akibat pemanasan global menjadi ancaman serius bagi ekosistem terumbu karang di Raja Ampat, Papua. Fenomena coral bleaching (pemutihan karang) semakin sering terjadi. Jika kondisi ini terus berlanjut tanpa mitigasi, manakah dampak berantai (cascading effect) yang paling mungkin terjadi pada ekosistem tersebut?

A. Populasi alga zooxanthellae akan meledak dan meningkatkan pertumbuhan karang.
B. Hilangnya terumbu karang akan menyebabkan penurunan drastis populasi ikan karang dan biota laut lain yang bergantung pada habitat dan sumber makanan lain.
C. Suhu air yang lebih hangat akan menarik lebih banyak spesies ikan dari laut luar dan meningkatkan munculnya terumbu karang.
D. Terumbu karang akan beradaptasi dengan cepat dan berubah warna menjadi lebih cerah secara permanen, meningkatkan daya tarik wisata.


PEMBAHASAN: 



Share:

TKA SMA FISIKA : 1. PENGUKURAN DAN ANGKA PENTING Part 2

Soal 6

Sebidang tanah diukur panjangnya 12,5 m dan lebarnya 4,2 m. Manakah pernyataan yang benar terkait hasil perhitungan luas tanah tersebut?

Luas tanah adalah 52,5 m².

Hasil perhitungan luas harus ditulis dalam dua angka penting.

Luas tanah yang dilaporkan adalah 53 m².

Jumlah angka penting pada hasil pengukuran panjang adalah dua.


Soal 7

Dua siswa, Adi dan Budi, mengukur panjang sebuah pensil. Adi menggunakan mistar dan mendapatkan hasil 15,4 cm. Budi menggunakan jangka sorong dan mendapatkan hasil 15,43 cm. Manakah analisis yang paling tepat?

A. Pengukuran Adi lebih akurat karena lebih mudah dilakukan.
B. Pengukuran Budi lebih presisi karena menggunakan alat dengan skala terkecil yang lebih baik.
C. Kedua pengukuran sama baiknya karena angkanya mirip.
D. Pengukuran Budi salah karena menambahkan angka yang tidak perlu.


Soal 8

Jodohkan setiap kegiatan pengukuran dengan alat ukur yang paling TEPAT untuk digunakan agar mendapatkan hasil yang presisi.

  • Mengukur tebal selembar kertas HVS

  • Mengukur diameter dalam sebuah cincin

  • Mengukur massa sebongkah batu akik

Pilihan alat ukur:

  • Mikrometer Sekrup

  • Jangka Sorong

  • Neraca Tiga Lengan


Soal 9

Sebuah kawat diukur diameternya di lima titik berbeda menggunakan mikrometer sekrup, menghasilkan data: 2,45 mm; 2,46 mm; 2,44 mm; 2,45 mm; 2,45 mm.
Manakah kesimpulan yang dapat ditarik dari data ini? (Pilih lebih dari satu jawaban)

  • Alat ukur yang digunakan tidak presisi.

  • Diameter rata-rata kawat adalah 2,45 mm.

  • Adanya variasi hasil menunjukkan adanya kesalahan acak (random error).

  • Pelaporan hasil pengukuran diameter sebaiknya 2,4 mm untuk menghindari keraguan.


Soal 10

Sebuah tim praktikum melaporkan volume balok sebagai V=(24,3±0,2)  cm3V = (24,3 \pm 0,2)\; \text{cm}^3.
Analisislah laporan tersebut dan tentukan apakah pernyataan berikut Benar atau Salah.

  1. Laporan tersebut menyiratkan bahwa hasil pengukuran panjang, lebar, dan tinggi memiliki 3 angka penting.

  2. Nilai ±0,2 cm³ merupakan representasi dari kesalahan sistematis yang terjadi saat pengukuran.

  3. Nilai volume balok yang sebenarnya diyakini berada di antara 24,1 cm³ dan 24,5 cm³.


PEMBAHASAN: 


Share:

TKA SMA FISIKA : 1. PENGUKURAN DAN ANGKA PENTING Part 1

Soal 1

Seorang siswa melaporkan hasil pengukuran panjang sebuah benda adalah 20,50 cm. Berapa banyak angka penting yang dimiliki oleh hasil pengukuran tersebut?

A. Dua
B. Tiga
C. Empat
D. Lima


Soal 2

Jodohkan alat ukur panjang berikut dengan tingkat ketelitian (skala terkecil) yang dimilikinya.

  • Mistar/Penggaris

  • Jangka Sorong

  • Mikrometer Sekrup

Pilihan ketelitian:

  • 0,001 cm

  • 0,01 cm

  • 0,1 cm


Soal 3

Saat mengukur tebal sebuah buku menggunakan mikrometer sekrup, skala utama menunjukkan angka 7,5 mm dan skala putar (nonius) menunjukkan angka 22. Berapakah hasil pengukuran tebal buku tersebut?

A. 7,22 mm

B. 7,522 mm

C. 7,72 mm

D. 9,7 mm


Soal 4

Tentukan apakah pernyataan mengenai aturan angka penting berikut Benar atau Salah.

  1. Angka 0,0960 memiliki empat angka penting.

  2. Hasil dari 2,5 m + 1,25 m adalah 3,75 m menurut aturan angka penting.

  3. Semua angka bukan nol adalah angka penting.


Soal 5

Sebuah balok diukur massanya dengan neraca tiga lengan dan hasilnya adalah 255,5 gram. Volume balok tersebut adalah 50,0 cm³. Berapakah massa jenis balok tersebut jika dituliskan sesuai aturan angka penting?

A. 5,11 g/cm³

B. 5,1 g/cm³

C. 5,110 g/cm³

D. 5 g/cm³


PEMBAHASAN: 


Share:

Latihan Soal Persamaan Garis Singgung Ellips dengan Gradien MTK 12SMA

 Soal

 Tentukan persamaan garis singgung elips pada:


PEMBAHASAN: 


Share:

No.1-5 Latihan Soal Baris dan Deret Aritmatika dan Geometri Matematika SMA

 Soal 1

Suku ke-18 dari barisan bilangan 18, 14, 10, 6, ... adalah
a. -66
b. -62
c. -54
d. -50
e. -46


Soal 2

Banyak suku pada deret 3 + 6 + 9 + ... + 108 adalah ...
a. 18
b. 19
c. 20
d. 28
e. 36


Soal 3

Jumlah n suku pertama suatu deret aritmatika dirumuskan dengan Sn = 3n2 +4n. Suku ke-3 deret tersebut adalah
a. 19
b. 22
c. 27
d. 30
e. 39


Soal 4

Diketahui suku pertama barisan aritmatika adalah 7 dan suku ke-3 adalah 15.
Suku ke-25 barisan tersebut adalah...
a. 103
b. 96
c. 93
d. 79
e. 72


Soal 5

Diketahui rumus jumlah n suku pertama deret aritmatika adalah Sn =

n219nS_n = n^2 - 19n. Rumus suku ke-n deret tersebut adalah ...



Soal 3PEMBAHASAN: 


Share:

Latihan Soal No.6-10 Latihan Soal Baris dan Deret Aritmatika dan Geometri Matematika SMA

 Soal 6 

Suku ke-n barisan aritmatika dinyatakan dengan rumus Un = 5n - 3. Jumlah 12 suku pertama dari deret yang bersesuaian adalah

a. 27
b. 57
c. 342
d. 354
e. 708


Soal 7

Tempat duduk di sebuah gedung diatur mulai dari barisan depan ke belakang dengan banyak baris di belakang 3 kursi lebih banyak dari baris di depannya. Jika dalam gedung tersebut terdapat 12 baris kursi dan baris terdepan ada 8 kursi, banyak kursi dalam gedung tersebut adalah...
a. 324 kursi
b. 294 kursi
c. 268 kursi
d. 240 kursi
e. 232 kursi


Soal 8

Seorang petani jeruk mencatat hasil panennya selama 11 hari pertama. Setiap harinya, hasil panen mengalami kenaikan tetap dimulai hari pertama, kedua, ketiga berturut-turut 15 kg, 17 kg, 19 kg, dan seterusnya. Jumlah hasil panen selama 11 hari pertama adalah...
a. 260 kg
b. 271 kg
c. 275 kg
d. 286 kg
e. 297 kg


Soal 9

Diketahui deret bilangan 10 + 11 + 12 + 13 + ... + 99. Dari deret bilangan tersebut, jumlah bilangan yang habis dibagi dua tetapi tidak habis dibagi lima adalah...
a. 950
b. 1.480
c. 1.930
d. 1.980
e. 2.430


Soal 10 

Diketahui suku tengah suatu barisan aritmatika dengan beda positif adalah 28. Jika jumlah n suku pertamanya adalah 476 dan selisih antara suku ke-n dengan suku pertamanya adalah 48, suku ke-10 barisan tersebut adalah...
a. 22
b. 24
c. 31
d. 34
e. 37


PEMBAHASAN: 


Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive