No. 11-20 Latihan Soal TKA Kimia Paket 2 12 SMA

 11. Evaluasi Fenomena dalam Kehidupan

Mengapa garam dapur (NaCl) sering ditambahkan  pada es saat membuat es krim secara tradisional?

A. Agar es tidak mencair 

B. Agar rasa es krim menjadi asin 

C. Untuk menurunkan titik beku campuran  sehingga es krim cepat membeku 

D. Untuk menaikkan titik didih air 

E. Agar air tidak membeku 

Jawaban: C. Untuk menurunkan titik beku  campuran sehingga es krim cepat membeku

Pembahasan: Penambahan NaCl ke es  menyebabkan penurunan titik beku (fenomena  koligatif). Campuran air + garam dapat mencapai  suhu lebih rendah dari 0 °C sehingga mempercepat  pembekuan adonan es krim. 


12. Hubungan Penyebab dan Akibat 

Jika tekanan gas dalam wadah tertutup  dipanaskan pada volume tetap, maka ...

A. Massa gas berkurang 

B. Tekanan gas naik karena molekul bergerak lebih  cepat 

C. Volume gas bertambah 

D. Molekul gas berkurang 

E. Tekanan gas tetap 

Jawaban: B. Tekanan gas naik karena molekul  bergerak lebih cepat 

Pembahasan: Hukum Gay-Lussac menyatakan  tekanan gas berbanding lurus dengan suhu mutlak  pada volume tetap. Peningkatan suhu → energi  kinetik molekul bertambah → tekanan naik. 


13. Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Data

Sebuah larutan mengandung 0,5 mol NaOH dalam  250 mL larutan. Tentukan konsentrasinya!
A. 1 M 
B. 2 M 
C. 3 M 
D. 0,25 M 
E. 4 M 
Jawaban: B. 2 M 
Pembahasan: 
Mol = 0,5 mol 
Volume = 250 mL = 0,25 L 
Molaritas = mol/volume = 0,5/0,25 = 2 M.




14. Kesimpulan dari Data 

Reaksi pembakaran: CH₄ + 2O₂ → CO₂ + 2H₂O. Jika  dibakar 16 g CH₄ (Mr=16) dengan oksigen  berlebih, volume CO₂ yang dihasilkan pada STP  adalah ... (1 mol gas = 22,4 L) 

A. 11,2 L 

B. 22,4 L 

C. 33,6 L 

D. 44,8 L 

E. 16,0 L 

Jawaban: B. 22,4 L 

Pembahasan: 

Mol CH₄ = 16/16 = 1 mol → menghasilkan 1 mol  CO₂. 

Volume CO₂ = 1 mol × 22,4 L/mol = 22,4 L. 

15. Geometri Molekul 

Molekul NH₃ memiliki bentuk ... karena ...

A. Linier – tiga pasangan elektron bebas B. Tetrahedral – tidak ada pasangan elektron  bebas 

C. Segitiga piramida – ada pasangan elektron  bebas pada N 

D. Linier – semua elektron terikat 

E. Oktahedral – enam pasangan elektron

Jawaban: C. Segitiga piramida – ada pasangan  elektron bebas pada N 

Pembahasan: NH₃ memiliki 3 ikatan dan 1  pasangan elektron bebas. Menurut teori VSEPR,  bentuknya trigonal piramida. 

16. Ikatan Kimia 

Manakah senyawa berikut yang memiliki ikatan  kovalen koordinasi? 

A. H₂O 

B. NH₄⁺ 

C. CO₂ 

D. NaCl 

E. CaO 

Jawaban: B. NH₄⁺ 

Pembahasan: Pada NH₄⁺, ion H⁺ tidak memiliki  elektron sehingga pasangan elektron bebas pada N  disumbangkan seluruhnya → ikatan kovalen  koordinasi. 

17. Perhitungan Pereaksi Pembatas 

Reaksi: 2H₂ + O₂ → 2H₂O. Jika tersedia 4 mol H₂  dan 3 mol O₂, pereaksi pembatasnya adalah ...

A. H₂ 

B. O2

C. H₂O 

D. Tidak ada 

E. Sama-sama habis 

Jawaban: A. H₂ 

Pembahasan: 

Perbandingan stoikiometri H₂:O₂ = 2:1 

Jumlah tersedia: 4 mol H₂ : 3 mol O₂ = 4:3 → lebih  banyak O₂ daripada kebutuhan. H₂ akan habis dulu  sehingga menjadi pereaksi pembatas.


18. Hukum Perbandingan Tetap 

Siapa penemu hukum perbandingan tetap yang  menyatakan bahwa perbandingan massa unsur  dalam senyawa selalu tetap? 

A. Dalton 

B. Avogadro 

C. Gay-Lussac 

D. Proust 

E. Boyle 

Jawaban: D. Proust 

Pembahasan: Joseph Proust menyatakan bahwa  setiap senyawa memiliki komposisi massa unsur  yang tetap dan pasti.


19. Penentuan Rumus Empiris 

Suatu senyawa mengandung 40% C, 6,7% H, dan  53,3% O. Tentukan rumus empirisnya! (Ar: C=12,  H=1, O=16) 

A. CHO 

B. CH₂O 

C. C₂H₄O₂ 

D. C₃H₆O₃ 

E. C₂H₂O 

Jawaban: B. CH₂O 

Pembahasan: 

C: 40/12 ≈ 3,33 

H: 6,7/1 ≈ 6,7 

O: 53,3/16 ≈ 3,33 

Dibagi 3,33 → C:1, H:2, O:1 → Rumus  empiris CH₂O. 


20. Konfigurasi Elektron 

Unsur X memiliki nomor atom 17. Konfigurasi  elektron dan golongan periodiknya adalah ...

A. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵, golongan VIIA 

B. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁴, golongan VIA 

C. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p³, golongan VA 

D. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p², golongan IVA 

E. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p¹, golongan IIIA

Jawaban: A. 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵, golongan VIIA

Pembahasan: Nomor atom 17 adalah klorin.  Memiliki 7 elektron valensi (golongan halogen  VIIA). 


Share:

No. 1-10 Latihan Soal TKA Kimia Paket 2 12 SMA

1. Identifikasi Fakta dan Konsep 

Zat berikut yang termasuk larutan elektrolit kuat  adalah ... 

A. CH₃COOH 

B. HCl 

C. NH₃ 

D. C₂H₅OH 

E. H₂O 

Jawaban: B. HCl 

Pembahasan: HCl adalah asam kuat yang  terionisasi sempurna dalam air sehingga  merupakan elektrolit kuat. CH₃COOH dan NH₃  elektrolit lemah, sedangkan C₂H₅OH dan H₂O  bukan elektrolit. 

2. Hubungan dan Sifat 

Manakah pasangan yang benar antara sifat dan  jenis ikatan? 

A. Titik didih tinggi – Ikatan kovalen nonpolar

B. Titik leleh rendah – Ikatan ion 

C. Konduktor listrik padat – Logam 

D. Tidak larut dalam air – Senyawa ion 

E. Konduktor listrik dalam larutan – Kovalen polar

Jawaban: C. Konduktor listrik padat – Logam

Pembahasan: Logam memiliki elektron bebas yang  bergerak sehingga dapat menghantarkan listrik  dalam keadaan padat. Senyawa ion  

menghantarkan listrik hanya dalam keadaan cair  atau larutan. 

3. Identifikasi Komponen Sistem 

Dalam sel volta Zn-Cu, elektroda Zn berfungsi  sebagai ... 

A. Katode, tempat reduksi 

B. Katode, tempat oksidasi 

C. Anode, tempat oksidasi 

D. Anode, tempat reduksi 

E. Katode, tidak bereaksi 

Jawaban: C. Anode, tempat oksidasi 

Pembahasan: Pada sel volta, anode adalah tempat  oksidasi. Zn mengalami oksidasi menjadi Zn²⁺ di  anode, sedangkan Cu²⁺ mengalami reduksi di  katode. 

4. Fenomena Kimia dalam Kehidupan 

Zat berikut yang digunakan sebagai pengawet  makanan dan merupakan asam organik adalah ... 

A. Natrium benzoat 

B. Natrium hidroksida 

C. Kalium permanganat 

D. Asam sulfat 

E. Natrium klorida 

Jawaban: A. Natrium benzoat 

Pembahasan: Natrium benzoat adalah garam dari  asam benzoat yang digunakan sebagai pengawet  makanan. 


5. Interpretasi Data 

Perhatikan grafik pemanasan air berikut (sumbu  X = waktu, sumbu Y = suhu). Suhu berhenti naik di  100 °C dalam waktu tertentu. Hal ini  menunjukkan ... 

A. Air tidak memerlukan energi untuk berubah  wujud 

B. Energi panas digunakan untuk memanaskan air

C. Energi panas digunakan untuk menguapkan air

D. Titik didih air berubah 

E. Tidak ada perubahan energi 

Jawaban: C. Energi panas digunakan untuk  menguapkan air 

Pembahasan: Pada titik didih, suhu tetap karena  energi panas digunakan untuk memutus gaya  antarpartikel (perubahan fase). 


6. Perhitungan Kimia 

Jika 4 gram NaOH dilarutkan dalam air hingga  volumenya 500 mL, konsentrasi larutan adalah ...  (Ar Na=23, O=16, H=1) 

A. 0,05 M 

B. 0,10 M 

C. 0,20 M 

D. 0,25 M 

E. 0,40 M 

Jawaban: D. 0,25 M 

Pembahasan: 

Mr NaOH = 40 g/mol 

Mol = 4 g / 40 g/mol = 0,1 mol 

Volume = 500 mL = 0,5 L 

Molaritas = mol / volume = 0,1 / 0,5 = 0,2 M →  Koreksi! ini 0,2 M (C). 

Revisi Jawaban: C. 0,20 M 


7. Analisis Persamaan Reaksi 

Perhatikan reaksi: 2H₂ + O₂ → 2H₂O. Jika tersedia 8 mol H₂ dan 4 mol O₂, pereaksi pembatasnya  adalah ... 

A. H₂

B. O₂ 

C. H₂O 

D. Tidak ada 

E. Keduanya 

Jawaban: B. O₂ 

Pembahasan: 

Perbandingan stoikiometri H₂:O₂ = 2:1 

Jumlah tersedia: 8 mol H₂ : 4 mol O₂ = 2:1 → sesuai  stoikiometri, habis bersamaan. 

Revisi: Karena perbandingan sama, tidak ada  pereaksi pembatas. 

Jawaban benar: D. Tidak ada 

8. Prediksi dan Aplikasi 

Jika tekanan gas dalam bejana tertutup dinaikkan  pada suhu tetap, volume gas akan ... 

A. Tetap 

B. Berkurang 

C. Bertambah 

D. Tidak dapat diprediksi 

E. Menjadi nol 

Jawaban: B. Berkurang 

Pembahasan: Hukum Boyle: P₁V₁ = P₂V₂ (pada T  konstan), tekanan naik → volume turun. 

9. Evaluasi Proses 

Mengapa logam natrium disimpan dalam minyak  tanah? 

A. Agar tetap larut 

B. Agar tetap basah 

C. Agar tidak bereaksi dengan air dan udara D. Agar tetap padat 

E. Agar tidak larut dalam minyak 

Jawaban: C. Agar tidak bereaksi dengan air dan  udara 

Pembahasan: Natrium sangat reaktif dengan air  dan oksigen membentuk basa dan gas hidrogen,  sehingga harus dilindungi dalam media nonpolar  seperti minyak. 

10. Rancangan Eksperimen 

Untuk menentukan pengaruh suhu terhadap laju  reaksi, variabel bebasnya adalah ... 

A. Waktu reaksi 

B. Suhu larutan 

C. Volume larutan 

D. Jenis katalis 

E. Tekanan gas 

Jawaban: B. Suhu larutan 

Pembahasan: Variabel bebas adalah faktor yang  divariasikan. 


Share:

No 21 - 30 Latihan Soal Geguritan B. Jawa 1 SD

 Geguritan 3 – “Ibu”

Ibu tansah ngopeni,

Ora nate sambat,

Tresnane tanpa upami,

Ibu cahya atiku.


Soal 21.

Sapa sing dadi tokoh utama geguritan?

A. Bapak

B. Ibu

C. Guru

D. Kanca

E. Bocah

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan nyebutake tembung “Ibu.”


Soal 22.

Apa sing dilakoni ibu?

A. Lunga-lunga

B. Ngopeni

C. Nesua

D. Turu

E. Dolanan

Jawaban: B

Pembahasan: Larik pisanan “Ibu tansah ngopeni.”


Soal 23.

Tembung “tanpa upami” tegese...

A. Tanpa tandhing

B. Ora ana pangan

C. Luwih murah

D. Ora ana rasa

E. Ora ana uwong

Jawaban: A

Pembahasan: “Tanpa upami” tegese ora ana tandhingane.


Soal 24.

Sikap ibu miturut geguritan?

A. Gampang nesu

B. Ora peduli

C. Tresna lan sabar

D. Seneng dolanan

E. Aneh

Jawaban: C

Pembahasan: Geguritan nerangake tresna lan sabare ibu.


Soal 25.

Apa sing dadi pepindhane ibu ing geguritan?

A. Cahya atiku

B. Lintang

C. Srengenge

D. Bulan

E. Kembang

Jawaban: A

Pembahasan: Ana larik “Ibu cahya atiku.”


Soal 26.

Sikap apa sing bisa ditiru saka ibu?

A. Nesu

B. Rukun, sabar, tresna

C. Gampang putus asa

D. Aneh

E. Ora gelem nulungi

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan nyritakake ibu sing rukun, sabar, lan tresna.


Soal 27.

Apa tujuan penulis geguritan iki?

A. Ngeguyu

B. Memuji lan ngurmati ibu

C. Nglakoni lelucon

D. Dolanan

E. Rame-rame

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan muji katresnan ibu marang anak.


Soal 28.

Tembung “sambat” tegese...

A. Turu

B. Ngunyeng

C. Ngomel utawa ngeluh

D. Macul

E. Nulis

Jawaban: C

Pembahasan: Sambat tegese ngeluh.


Soal 29.

Apa sing dadi rasa utama geguritan iki?

A. Susah

B. Tresna lan pamuji

C. Rame

D. Galau

E. Bingung

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan nuwuhake rasa tresna marang ibu.


Soal 30.

Apa pesen moral saka geguritan iki?

A. Aja turu

B. Tansah ngurmati lan tresna marang ibu

C. Aja dolanan

D. Aja lunga-lunga

E. Aja sambat

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan ngajari supaya tresna lan ngajeni ibu.

Share:

No 11 - 20 Latihan Soal Geguritan B. Jawa 1 SD

 Geguritan 2 – “Alam Desa”

Pagi-pagi manuk podho muni,

Sawah ijo nggoda mripat,

Udara seger ngambah ati,

Desa ayu, tentrem, lan resik.


Soal 11.

Apa sing muni esuk-esuk?

A. Kucing

B. Manuk

C. Asu

D. Sepur

E. Bocah

Jawaban: B

Pembahasan: Ana larik “Pagi-pagi manuk podho muni.”


Soal 12.

Warna sawah ing geguritan mau...

A. Abang

B. Kuning

C. Ijo

D. Putih

E. Biru

Jawaban: C

Pembahasan: Ana larik “Sawah ijo nggoda mripat.”


Soal 13.

Tembung “nggoda mripat” tegesé...

A. Nggusah mripat

B. Nggawa mripat

C. Nglarani mripat

D. Nggawe ayu katon

E. Nggawe mripat lara

Jawaban: D

Pembahasan: Nggoda mripat tegese katon endah.


Soal 14.

Udara desa digambarake...

A. Kotor lan abut

B. Seger

C. Panas

D. Berisik

E. Garing

Jawaban: B

Pembahasan: Ana larik “Udara seger ngambah ati.”


Soal 15.

Kahanan desa miturut geguritan...

A. Gering

B. Ayu, tentrem, resik

C. Kroso rame

D. Sepi lan medeni

E. Abot

Jawaban: B

Pembahasan: Larik pungkasan nerangake “Desa ayu, tentrem, lan resik.”


Soal 16.

Apa tujuane geguritan iki?

A. Nggambarake kahanan desa sing ayu lan nyaman

B. Nggambarake kutha rame

C. Ngajari maca cepet

D. Crita perang

E. Crita dolanan

Jawaban: A

Pembahasan: Geguritan nyritakake suasana alam desa sing endah lan tentrem.


Soal 17.

Tembung “tentrem” tegese...

A. Galau

B. Ayem, rukun

C. Panas

D. Kotor

E. Rame

Jawaban: B

Pembahasan: Tentrem tegese ayem lan rukun.


Soal 18.

Unsur alam sing disebut ana geguritan iki yaiku...

A. Manuk, sawah, udara

B. Sepur, gedhung, manuk

C. Gedhung, wit

D. Listrik, jalan

E. Kutha

Jawaban: A

Pembahasan: Geguritan nyebutake manuk, sawah, lan udara.


Soal 19.

Wektu sing diceritakake geguritan yaiku...

A. Esuk

B. Sore

C. Wengi

D. Bengi

E. Srengenge tilem

Jawaban: A

Pembahasan: Ana larik “Pagi-pagi manuk podho muni.”


Soal 20.

Sapa sing bisa nikmati suasana ing geguritan mau?

A. Guru

B. Wong-wong ing desa

C. Murid

D. Kepala sekolah

E. Polisi

Jawaban: B

Pembahasan: Geguritan nyebutake kahanan desa sing tentrem kanggo warga desa.

Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive