MATERI BIOLOGI KELAS 10 BAB 1 RUANG LINGKUP BIOLOGI (3)


4.Kerja Ilmiah
A.Merencanakan Penelitian Ilmiah
Penelitian merupakan salah satu tahap metode ilmiah yang mengunakan langkah-langkah yang sistematis dan teratur serta berpikir logis.

1.Menetapkan Bentuk Penelitian
   a.Aspek Tujuan
      Jika mengarah pada perluasan ilmu disebut penelitian dasar. Jika mengarah pada pemecahan
      masalah dan untuk mendapatkan manfaat bagi masyarakat disebut penelitian terapan.
   b.Aspek Metode
      1) Penelitian Deskriptif (Penelitian Praeksperimen)
           Dilakukan eksplorasi untuk menggambarkan suatu objek tertentu secara jelas dan sistematis
           yang bertujuan untuk memprediksi gejala yang berlaku atas dasar data di lapangan.
      2) Penelitian Sejarah
           Hampir mirip dengan penelitian deskrptif. Memfokuskan pencarian data dengan metode
           wawancara pada pelaku sejarah.
      3) Penelitian Survei atau Normatif atau Status
           Para peneliti menggunakan variabel dan popuasi yang luas dengan tujuan sebagai bentuk
           awal penelitian, mengembangkan, eksplorasi objek, dan melakukan klasifikasi terhadap
           masalah yang akan dipecahkan.
      4) Penelitian Eksperimen
           Para peneliti melakukan 3 syarat penelitian, yaitu mengontrol, memanipulasi, dan observasi.
           Lalu membagi objek yang diteliti menjadi 2 grup, grup perlakuan dan grup kontrol. Sering
           digunakan di bidang IPA.

2.Merumuskan Tujuan Penelitian
    Penelitian dilakukan untuk memperoleh suatu tujuan, antara lain:
    a.Memperoleh informasi baru
    b.Mengembangkan dan menjelaskan teori yang sudah ada

3.Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah
    Pertimbangan untuk memilih atau menentukan apakah suatu masalah layak dan sesuai untuk
    diteliti pada dasarnya dilakukan dua arah.
    a.Pertimbangan dari Arah Masalahnya
    b.Pertimbangan dari Arah Calon Peneliti

4.Studi Pustaka
   Berbentuk kajian teoritis yang pembahasannya difokuskan pada informasi sekitar permasalahan
   penelitian yang hendak dipecahkan. Sumber bahan studi:
   a.Jurnal Penelitian
   b.Buku
   c.Surat Kabar dan Majalah
   d.Internet

5.Menyusun Hipotesis
    Merupakan jawaban sementara yang masih bersifat teoritis dan masih perlu diuji kebenarannya
    secara empiris melalui data yang diperoleh di lapangan.
    a.Hipotesis Alternatif
        Dugaan yang menyatakan ada pengaruh, hubungan, atau perbedaan antara variabel yang
        diteliti.
    b.Hipotesis Nol
        Dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh, hubungan, atau perbedaan antara variabel
        yang diteliti.

6.Menetapkan Variabel
    a.Variabel Bebas
        Variabel yang memengaruhi variabel yang lain.
    b.Variabel Terikat
        Variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas

7.Pemilihan Instrumen (Alat) untuk Memperoleh Data
   Alat yang digunakan harus disesuaikan dengan variabelnya, kemudian pertimbangan dari segi
   kualitas alat (taraf reliabilitas dan validitas), dan sudut praktis (besar kecilnya biaya dan mudah
   tidaknya mengoperasikan alat tersebut).

B.Melakukan Penelitian Karya Ilmiah
        Setelah dugaan sementara dirumuskan dan semua tahap perencanaan sudah dilakukan, tahap berikutnya adalah membuktikan hipotesis yang dirumuskan itu benar atau tidak.

C.Mengomunikasikan Hasil Penelitian
         Pengolahan data melalui suatu proses analisis data, kemudian melakukan pembahasan dari hasil analisis yang diperoleh dan menyajikannya dalam bentuk diagram, grafik, atau tabel agar mudah dipahami oleh pembaca dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan.

D.Bersikap Ilmiah
    Merupakan sikap yang dimiliki oleh seorang peneliti.
    1.Mampu membedakan fakta dan opini
    2.Berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi
    3.Mengembangkan keingintahuan
    4.Kepedulian terhadap lingkungan
    5.Berpendapat secara ilmiah dan kritis
    6.Berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggung jawab terhadap usulannya
    7.Bekerja sama
    8.Jujur terhadap fakta
    9.Tekun

Contoh Karya Ilmiah
a. Judul Penelitian : 
    PENGARUH INTENSITAS CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KACANG HIJAU

b. Rumusan masalah :
    1. Adakah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau?
    2. Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau?

c. Mengajukan hipotesis :
    Cahaya dapat mempengaruhi petumbuhan dan perkembangan tanaman. Biji kacang hijau yang berada di lingkungan yang intensitas cahayanya berbeda, akan menghasilkan tinggi yang berbeda. Tumbuhan ditempat gelap akan lebih cepat tinggi, dari pada di tempat terang.

d. Melakukan Percobaan :
    a). Jenis penelitian eksperimen.
    b). Variabel bebas adalah cahaya matahari, variabel terikat adalah morfologi kacang hijau dan variabel 
         terikat adalah polibek, tanah, biji kacang hijau dan penyiraman.
    c). Cara kerjanya adalah menanam biji kacang hijau pada dua polibek dengan kwalitas tanah yang sama
         kemudian polibek ditempatkan pada dua tempat yang berbeda, polibek A di tempat terang dan 
         polibek b di tempat gelap (ditutup dengan kardus supaya tidak terkena cahaya), lakukan penyiraman 
         setiap hari, dan amati pertumbuhan yang terjadi.
    d). Data hasil pengamatan menunjukan bahwa terdapat perbedaan pertumbuhan dan perkembangan 
         ditempat yang terkena cahaya dan yang tidak terkena cahaya, hal ini menunjukan bahwa cahaya          
         mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau.

 e.Menarik kesimpulan :
    Hasil penelitian menunjukan cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari langsung pertumbuhannya lebih lambat, daun lebar dan tebal,  berwarna hijau,batang tagak kokoh. Sedangkan yang tidak terkena matahari (gelap), pertumbuhan lebih cepat tinggi (etiolasi), daunnya tipis, berwarna pucat, batang melengkung tidak kokoh, ini terjadi karena cahaya dapat menghambat pertumbuhan hormon auksin.

Jadi hipotesis adalah benar.


Quiz:

Ketentuan
a.Quiz diperuntukkan bagi para pembaca blog
b.Quiz berlaku selama 1 bulan dari tanggal upload 8-29 Mei 2020
c.Pemenang Quiz akan diundi pada tanggal 30 Mei 2020 dan diumumkan melalui 
   instagram @clinicbimbel
d.Cara menjawab Quiz langsung saja di komen di blog pada bagian bawah
e.Syarat peserta quiz minimal 10 orang yang mengikuti, jadi jangan lupa share ke teman-teman ya!
f.Hadiah Quiz berupa voucer pulsa senilai Rp 25.000

Pertanyaan
1. Mengapa ilmuwan harus memiliki sikap ilmiah?
2. Tulislah minimal 1 judul karya ilmiah, kemudian identifikasi variabel bebas dan variabel terikat

Share:

MATERI BIOLOGI KELAS 10 BAB 1 RUANG LINGKUP BIOLOGI (2)


2.Permasalahan Biologi

a.Tingkat Molekul
    Molekul dibedakan menjadi makromolekul yang lebih sederhana hingga atom (proton, neutron, dan elektron) yang membangunnya. Dalam tubuh makhluk hidup, selalu mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) dalam tubuhnya. Sekumpulan atom akan membentuk molekul yang disebut molekul organik.
      Ada 4 golongan molekul organik, yaitu molekul lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat. Interaksi antar molekul tersebut akan membentuk organ yang memiliki fungsi tertentu. Selanjutnya, interaksi tersebut membentuk organisasi tingkat sel. Contoh permasalahan biologi yang dapat muncul di tingkat molekul adalah virus.

b.Tingkat Sel
       Sel merupakan unit fungsional dan struktural terkecil bagi makhluk hidup. Semua makhluk hidup tersusun oleh sel, ada yang bersel satu atau bersel banyak. Ciri-ciri sel:
1. dapat berkembang biak atau menghasilkan keturunan
2. dapat menghasilkan energi
3. memberikan respon/tanggapan terhadap rangsang
4. melakukan pencernaan intraseluler
5. tumbuh dan berkembang
       Permasalahan biologi tingkat sel yaitu adanya perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan.

c.Tingkat Jaringan
        Jaringan adalah sekumpulan sel-sel yang bentuknya sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Jairngan penyusun tubuh hewan, antara lain, epitelium, otot, ikat, tulang, dan saraf. Jaringan pada tumbuhan, antara lain, epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim, endodermis, xilem, dan floem. Contoih permasalahan tingkat jaringan adalah cara jaringan otot dapat berkontraksi sehingga menggerakkan tulang.

d.Tingkat Organ
       Sekumpulan jaringan bekerja sama membentuk organ. Terbagi menjadi organ luar dan organ dalam. Sekumpulan organ bekerja sama membentuk suatu sistem untuk menjalankan fungsi tertentu yang disebut sistem organ. Manusia dan hewan mempunyai sistem organ, tetapi tumbuhan tidak. Contoh permasalahan di tingkat organ adalah infeksi usus halus.

e.Tingkat Individu atau Makhluk Hidup
         Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal.

f.Tingkat Populasi
        Populasi artinya kumpulan dari individu sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat. Contoh permasalahan tingkat populasi adalah budi daya ikan mas. Untuk budi daya ikan mas, perlu individu sejenis yang sifatnya unggul.

g.Tingkat Ekosistem
         Kumpulan beberapa populasi yang tinggal bersama di suatu wilayah tertentu.

h.Tingkat Bioma
       Ada 6 macam bioma, mulai dari khatulistiwa sampai kutub, yaitu bioma gurun, padang rumput, hutan gugur, hutan hujan tropis, taiga, dan bioma tundra.


3.Manfaat Biologi bagi Kehidupan Manusia
  • Hasil kemajuan dari bidang biologi disebut Bioteknologi.
  • Bioteknologi bidang kedokteran: ditemukannya berbagai penyakit dan cara menyembuhkannya, bayi tabung, transplantasi organ, dll
  • Bioteknologi bidang pertanian: persilangan untuk membuat bibit unggul, teknik menyambung pada budi daya tanaman, kultur jaringan, budi daya tanaman dalam waktu singkat dan jumlah banyak, serta rekayasa genetika yang berhasil menciptakan buah semangka tanpa biji, dll.
  • Bioteknologi bidang peternakan: teknik inseminasi buatan (kawin suntik) telah menciptakan berbagai hewan ternak unggul.
  • Bioteknologi bidang industri: pemanfaatan mikroorganisme pada industri makanan, contoh nata de coco, yoghurt, kecap, tempe, keju, dll.
Share:

MATERI BIOLOGI KELAS 10 BAB 1 RUANG LINGKUP BIOLOGI (1)



1.Objek Biologi
  • Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bio (hidup) dan logos (ilmu pengetahuan).
  • Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan.
  • Objek biologi terdiri dari organisme berbagai tingkat struktur terendah hingga tertinggi (unsur, molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma).
  • Unsur : zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil.
  • Molekul : zat kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur yang dapat dipecah lagi.
  • Sel : unit terkecil dan fungsional penyusun tubuh makhluk hidup.
  • Jaringan : sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

  • Organ : kumpulan dari jaringan-jaringan yang saling bekerja sama membentuk fungsi di dalam tubuh. Contoh: mata, hidung, jantung, ginjal, otak, dll.
  • Sistem organ : kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang lebih luas di dalam tubuh. Contoh: sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah, dll.
  • Organisme : makhluk hidup tunggal atau individu. Merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yang saling bekerja sama menjalankan fungsi kehidupan.
  • Populasi : kumpulan individu sejenis yang tinggal di suatu tempat.
  • Komunitas : kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu habitat tertentu.
  • Ekosistem : kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk hubungan interaksi atau saling ketergantungan. Contoh: ekosistem perairan dan ekosistem daratan.
  • Bioma : bagian terkecil dari ekosistem di daratan. Contoh: bioma hutan hujan tropis, bioma gurun, dll.
  • Biosfer : tempat makhluk hidup tinggal dan melangsungkan hidupnya yaitu di bumi.



Share:

PEMBAHASAN SOAL BIOLOGI KELAS 10 BAB 7 PLANTAE



PETUNJUK KHUSUS

PETUNJUK A
Pilih satu jawaban yang paling benar

PETUNJUK B
Soal terdiri dari 3 bagian, PERNYATAAN, kata SEBAB, dan ALASAN yang disusun berurutan
Pilihlah
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya berhubungan
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak berhubungan
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan dan alasan salah

PETUNJUK C
Pilihlah:
A. Jika 1, 2, 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 benar
E. Jika semuanya benar

Soal 1
Perhatikan bagan pergilaran keturunan pada paku homosfor ini:

Anteridium ditunjukkan oleh nomor ...
A.1                                               D.4
B.2                                               E.5
C.3                                           
Jawaban: B

Soal 2
Di bawah ini yang bukan termasuk kedalam kelompok paku purba yaitu ...
A.Rhynia major
B.Zosterophyllum australianum
C.Psilotum nudum
D.Lycopodium cernuum
E.Asteroxylon elberfeldense
Jawaban: D
Contoh paku purba:
-Rhynia major
-Taeniocrada deeheniana
-Zosterophyllum australianum
-Asteroxylon mackei
-Asteroxylon elberfeldense
-Psilotum nudum
-Psilotum triquetrum
-Tmesipteris tannensis

Soal 3
Perhatikan bagan pergilaran keturunan pada paku heterosfor ini:
Makroprotalium ditunjukkan oleh nomor ...
A.1                                                  D.4
B.2                                                  E.5
C.3
Jawaban: D


Soal 4
Lumut kerak mempunyai sifat-sifat ...
(1)dapat merupakan tumbuhan epifit
(2)merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai akar, batang, dan daun
(3)merupakan simbiosis antara jamur dengan ganggang
(4)dapat hidup pada batu karang
Jawaban: E
-Lumut kerak termasuk Thallophyta yang tidak berakar, berbatang, dan berdaun.
-Lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur dengan ganggang, merupakan tumbuhan epiphyt
  dan merupakan tumbuhan perintis
-Tumbuhan perintis adalah tumbuhan yang dapat tumbuh pada tempat dimana tumbuhan lain tidak
  dapat tumbuh
-Jadi lumut kerak dapat tumbuh pada batu karang.

Soal 5
Akar dan batang dikotil sama dengan monokotil dalam hal
(1) epidermis akar
(2) floeterma
(3) korteks batang
(4) endodermis akar
Jawaban: C
-Pada batang dikotil terdapat floetherma, sedangkan batang monokotil tidak mempunyai floetherma
-Endodermis pada akar dikotil yang tua tidak berfungsi lagi karena lapisan gabus yang disebut 
  cincin kaspari akan tumbuh meluas menutup permukaan sel endodermis sehingga sel 
  endodermis tidak dapat dilalui air.
-Tapi pada akar dikotil selalu tumbuh cabang akar yang baru dengan sel endodermis yang baru 
  yang dapat berfungsi untuk memindahkan air dari korteks ke silinder pusat. Pada batang 
  monokotil tidak ada floetherma.
-Endodermis pada akar monokotil yang tua ada yang tetap berfungsi untuk memindahkan 
  air dari korteks ke silinder pusat.
-Sel endodermid yang tetap berfungsi pada akar monokotil tua itu disebut sel penerus = sel peresap.

Soal 6
Sorum yang masih muda akan terlindungi oleh ...
a.annulus                                                 D.sori
b.operculum                                            E.indusium
c.strobilus
Jawaban: E
Insidium : pelindung sorus yang masih muda

Soal 7
Pinus ini merupakan tumbuhan yang selalu hijau (evergreen)
SEBAB
Pinus termasuk ke delem kelompok Cycadinae.
Jawaban: C
Pernyataan BENAR, alasan SALAH, Pinus termasuk kelompok Coniferinae.

Soal 8
Yang termasuk ke dalam kelompok tumbuhan Gymnospermae adalah ...
(1)Gnetinae
(2)Coniferinae
(3)Cycadinae
(4)Gramineae
Jawaban: A
Tumbuhan biji terbuka Gymnospermae dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu:
-kelompok melinjo (Gnetinae)
-kelompok pinus (Coniferinae)
-kelompok pakis haji (Cycadinae)

Soal 9
Paku yang bersimbiosis dengan Anabaena azollae adalah ...
A.Alsophila galuca
B.Adiantum farleyense
C.Platycerium bifurcatum
D.Azolla pinnata
E.Marsilea crenata
Jawaban: D

Soal 10
Tumbuhan paku dapat hidup di tepi sungai di tempat-tempat yang lembap disebut ...
A.higrofit                                                     D.epifit
B.hidrofit                                                     E.saprofit
C.xerofit
Jawaban: A

Share:

SOAL BIOLOGI KELAS 10 BAB 7 PLANTAE



PETUNJUK KHUSUS

PETUNJUK A
Pilih satu jawaban yang paling benar

PETUNJUK B
Soal terdiri dari 3 bagian, PERNYATAAN, kata SEBAB, dan ALASAN yang disusun berurutan
Pilihlah
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya berhubungan
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak berhubungan
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan dan alasan salah

PETUNJUK C
Pilihlah:
A. Jika 1, 2, 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 benar
E. Jika semuanya benar

Soal 1
Perhatikan bagan pergilaran keturunan pada paku homosfor ini:

Anteridium ditunjukkan oleh nomor ...
A.1                                               D.4
B.2                                               E.5
C.3                                             

Soal 2
Di bawah ini yang bukan termasuk kedalam kelompok paku purba yaitu ...
A.Rhynia major
B.Zosterophyllum australianum
C.Psilotum nudum
D.Lycopodium cernuum
E.Asteroxylon elberfeldense

Soal 3
Perhatikan bagan pergilaran keturunan pada paku heterosfor ini:

Makroprotalium ditunjukkan oleh nomor ...
A.1                                                  D.4
B.2                                                  E.5
C.3

Soal 4
Lumut kerak mempunyai sifat-sifat ...
(1)dapat merupakan tumbuhan epifit
(2)merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai akar, batang, dan daun
(3)merupakan simbiosis antara jamur dengan ganggang
(4)dapat hidup pada batu karang

Soal 5
Akar dan batang dikotil sama dengan monokotil dalam hal
(1) epidermis akar
(2) floeterma
(3) korteks batang
(4) endodermis akar

Soal 6
Sorum yang masih muda akan terlindungi oleh ...
a.annulus                                                 D.sori
b.operculum                                            E.indusium
c.strobilus

Soal 7
Pinus ini merupakan tumbuhan yang selalu hijau (evergreen)
SEBAB
Pinus termasuk ke delem kelompok Cycadinae.

Soal 8
Yang termasuk ke dalam kelompok tumbuhan Gymnospermae adalah ...
(1)Gnetinae
(2)Coniferinae
(3)Cycadinae
(4)Gramineae

Soal 9
Paku yang bersimbiosis dengan Anabaena azollae adalah ...
A.Alsophila galuca
B.Adiantum farleyense
C.Platycerium bifurcatum
D.Azolla pinnata
E.Marsilea crenata

Soal 10
Tumbuhan paku dapat hidup di tepi sungai di tempat-tempat yang lembap disebut ...
A.higrofit                                                     D.epifit
B.hidrofit                                                     E.saprofit
C.xerofit

--Jawaban--
Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Part 3



Soal 11
Hitunglah Ksp dari senyawa-senyawa berikut!

a.AgBr, s = 4 x 10-3 mol L-1
b.Ce(OH)3, s = 1 x 10-6 mol L-1
c.Ca3(PO4)2, s = 1,2 x 10-5 mol L-1


Soal 12
Disajikan beberapa harga Ksp senyawa pada suhu 25osebagai berikut.

a.Ksp AIPO4 = 9,8 x 10-21
b.Ksp CO3(AsO4)2 = 6,8 x 10-29
c.Ksp Pb(OH)2 = 1,4 x 10-20
d.Ksp FeS = 8,0 x 10-19

Urutkan senyawa-senyawa tersebut dari yang paling mudah larutan dalam air!

Soal 13
Jika diketahui Ksp PbSOsebesar 2 x 10-8, hitunglah massa garam yang terlarut dalam 500 mL air!
(Ar Pb=207 g mol-1, S=32 g mol-1, dan O=16 g mol-1)

Soal 14
Diketahui kelarutan dalam air pada suhu tertentu sebesar 0,25 ppm, tentukan hasil kali kelarutan
(Ar Ca=40 g mol-1 , C=12 g  mol-1, dan O=16 g mol-1 )

Soal 15
Pada suhu sebanyak 3,48 mg FeCOdilarutkan dalam 500 mL air. Tentukan hasil kali kelarutan garam FeCOtersebut!
(Ar Fe=56 g mol-1 , C=12 g mol-1 , dan O=16 g mol-1)

Video Pembahasan






Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Part 2



Soal 6
Pernyataan yang tepat mengenai kelarutan CaCOdan Ag2COdalam air adalah ...
(Ksp CaCO3 = 2,8 x 10-9 dan Ksp Ag2CO3 = 8,0 x 10-12)
a.kelarutan Ag2CO3 sama dengan kelarutan CaCO3
b.kelarutan Ag2CO3 lebih kecil daripada kelarutan CaCO3
c.Ag2CO3 dan CaCOsama-sama sukar larut dalam air
d.CaCO3 lebih mudah larut dalam air dibandingkan Ag2CO3
e.kelarutan Ag2CO3 lebih besar daripada kelarutan CaCO3

Soal 7
Konsentrasi ion tembaga terkecil terdapat dalam larutan jenuh ...
a.tembaga(I) iodida (Ksp = 1 x 10-12)
b.tembaga(I) klorida (Ksp = 1 x 10-7)
c.tembaga(I) bromida (Ksp = 1 x 10-8)
d.tembaga(II) karbonat (Ksp = 1 x 10-10)
e.tembaga(II) hidroksida (Ksp = 1 x 10-20)

Soal 8
Jika Ksp Hg2SO4 = 6 x 10-7, konsentrasi ion Hg+ dan ion SO42- dalam larutan jenuh Hg2SO4 berturut-turut adalah ...
a.21,2 x 10-3 mol L-1 dan 5,3 x 10-3 mol L-1
b.15,9 x 10-3 mol L-1 dan 21,2 x 10-3 mol L-1
c.10,6 x 10-3 mol L-1 dan 21,2 x 10-3 mol L-1
d.10,6 x 10-3 mol L-1 dan 5,3 x 10-3 mol L-1
e.5,3 x 10-3 mol L-1 dan 10,6 x 10-3 mol L-1

Soal 9
Diketahui harga tetapan hasil kali kelarutan sebagai berikut.
Ksp PbCl= 1,7 x 10-5
Ksp PbCO= 1 x 10-13
Ksp PbCrO= 2 x 10-14
Ksp Pb(OH)= 1 x 10-16
Ksp PbSO= 2 x 10-8
konsentrasi ion timbal terbesar terdapat dalam larutan jenuh ...

a.PbCl2
b.PbCO3
c.PbSO4
d.PbCrO4
e.Pb(OH)2


Soal 10
Hasil kali kelarutan Mg3(PO4)yang memiliki kelarutan 2,62 mg L-1 adalah ...
(Ar Mg=24 gmol-1, P=31 gmol-1, dan O=16 gmol-1)
a.1,08 x 10-20
b.5,40 x 10-23
c.1,08 x 10-23
d.5,40 x 10-25
e.1,08 x 10-25

--Selanjutnya--

Video Pembahasan

Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive