PEMBAHASAN SOAL FISIKA GERAK LURUS NO.1-5 KELAS 11 SMA

 

1.       Perhatikan data kecepatan gerak mobil pada lintasan lurus berikut

Mobil

Kecepatan Awal (km/jam)

Kecepatan Akhir (km/jam)

A

60

80

B

90

90

C

40

0

D

70

70

 

Mobil yang bergerak lurus berubah beraturan adalah mobil …

a.     A dan B

b.     A dan C

c.      A dan D

d.     B dan C

e.     B dan D

 

2.       Sebuah partikel mengalami perlambatan 15 m/s2 sehingga kecepatan partikel berubah dari 50 m/s menjadi 20 m/s. Jarak yang dilewati partikel selama mengalami perubahan kecepatan sebesar … m

a.     40

b.     50

c.      60

d.     70

e.     80

 

3.       Sebuah objek bergerak dengan kecepatan awal sebesar v m/s. Jika objek tersebut dipercepat hingga kecepatannya menjadi tiga kali kecepatan awal dan berpindah sejauh x m, percepatan objek tersebut selama mengalami perubahan kecepatan sebesar … m/s2

a.      

b.      

c.       

d.      

e.      

 

4.       Mobil bergerak dengan kecepatan 90 km/jam pada jalanan yang lurus. Tiba-tiba supir melihat pohon tumbang di depan mobilnya. Jarak antara mobil dengan pohon tumbang saat itu sejauh 86,5 m. Oleh karena supir masih terkejut, supir tersebut membutuhkan jeda 1 detik untuk menginjak rem. Setelah itu, mobil mengalami perlambat sebesar 5 m/s2. Pernyataan berikut yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

a.     Mobil menabrak pohon tumbang

b.     Mobil berhenti 1 m di depan pohon tumbang

c.      Mobil berhenti tepat 10 cm di depan pohon tumbang

d.     Mobil melaju sejauh 65 m sesaat setelah menginjak rem

e.     Mobil melaju sejauh 50 m saat jeda 1 detik supir menginjak rem

 

5.       Dua mobil bergerak dengan kecepatan 15 m/s dan 20 m/s secara bersamaan pada posisi awal yang sama. Setelah kedua mobil bergerak selama 30 detik, jarak kedua mobil tersebut sejauh … m

a.     120

b.     150

c.      450

d.     700

e.     900

Menu awal 

Selanjutnya




Share:

MENENTUKAN DAERAH ASAL FUNGSI 11 SMA KMERDEKA

 

1.      Diketahui fungsi f(x) = x + 1 dan g(x) = √x+4

Tentukan daerah asal dan hasil dari operasi pada fungsi berikut.

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

2.       Diketahui f(x) = 2x + 3 dan g(x) = x2

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

3.      Diketahui f(x) = √x   dan g(x) = x2 – 1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

4.      Diketahui f(x) = √(x^2 - 9) dan g(x) = x – 3

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

5.       Diketahui f(x) =  1/x - 1 dan g(x) = x/2x+1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

6.       Diketahui f(x) = 1/√x dan g(x) = 2/√x^3

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

7.      Diketahui f(x) = √x dan g(x) = √(x^2-4)

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

8.       Diketahui f(x) = 2/x-3 dan g(x) = 2x – 6

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)


9.       Diketahui f(x) = 2x+6/4+2x  dan g(x) = √x+1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

10.    Diketahui f(x) = 2x – 6 dan g(x) = 9 – 3x

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

11.    Diketahui f(x) = √16-x^2 dan g(x) = √4-x

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

   

>> Menu Awal

>> Pembahasan


Share:

LATIHAN SOAL BAB 1 BENTUK ALJABAR MATEMATIKA 8 SMP KURIKULUM MERDEKA

 1.       Jawablah setiap pertanyaan berikut terkait dengan dua bilangan ganjil berurutan, seperti 5 dan 7.

(1)   Misalkan n adalah bilangan bulat. Jika dimisalkan bilangan ganjil yang lebih kecil adalah 2n + 1, bagaimana menyatakan bilangan ganjil yang lebih besar?

(2)   Jelaskan mengapa jumlah dua bilangan ganjil berurutan adalah kelipatan 4

2.      Jelaskan dengan menggunakan bentuk aljabar: mengapa jumlah 3 bilangan bulat dengan selisih 3, seperti 1, 4, 7 adalah kelipatan 3.

3.       Jika kita misalkan A = x2 – 3x – 5 dan B = -2x2 + x + 7, bentuk aljabar apa yang harus dikurangkan dari A untuk menghasilkan B? 

4.    Tabung A memiliki jari-jari alas r cm dan tinggi t cm. Tabung B memiliki jari-jari alas dua kali panjang jari-jari alas tabung A, dan tingginya  dari tinggi tabung A. Gunakan bentuk-bentuk aljabar untuk menjelaskan berapa kali ukuran volume tabung B terhadap tabung A.



>> Daftar Isi

>> Materi

Share:

BAB 1 BENTUK ALJABAR MATEMATIKA 8 SMP KURIKULUM MERDEKA

Bentuk aljabar terbagi menjadi suku tunggal (monom) dan suku banyak (polinom). Contoh suku tunggal (monom) yaitu 4x, xy, y, -6. Contoh suku banyak (polinom) yaitu 10x + 20, 2x + 2y.

Pada persamaan x2 - 4x + 3 dapat diketahui:

x2 = suku

-4x = suku

3 = suku konstanta


Banyaknya variabel yang dikalikan dalam suatu bentuk suku tunggal disebut derajat.

Contoh:

2x = berderajat 1

-3x2 = berderajat 2

5x2y = berderajat 3


Suatu bentuk aljabar berderajat 1 disebut bentuk linear, bentuk aljabar berderajat 2 yang hanya memiliki satu variabel disebut bentuk kuadrat.

Detail materi bilangan bulat dapat kalian lihat pada video di bawah ini ya


>> Daftar isi

Share:

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive