Alat Pemuas Kebutuhan


     Barang diartikan segala sesuatu yang berwujud, dapat dilihat, dan diraba. Jasa diartikan segala sesuatu yang tidak berwujud, tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan manfaatnya.


Alat Pemenuhan Kebutuhan Berdasarkan Ketersediaan

  1. Barang ekonomi diperoleh jika mengeluarkan pengorbanan tertentu. Barang ekonomi jumlahnya terbatas, peminatnya relatif besar. Pengorbanan yang dikeluarkan biasanya berupa uang dan waktu. Misalnya, seseorang mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk membeli sepotong baju atau sepasang sepatu.

  2. Barang bebas, tersedia dalam jumlah melimpah, tidak memerlukan pengorbanan tertentu. Misalnya, udara untuk bernapas, air laut, air sungai, sinar matahari, salju saat musim dingin, dan pasir di padang pasir.

  3. Barang illith, adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga dapat menimbulkan kerugian dan bahaya bagi kehidupan manusia. Misalnya, luapan air sungai dapat menimbulkan banjir dan api menimbulkan kebakaran.


Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaan

  1. Barang konsumsi, dapat langsung dikonsumsi manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup (barang siap pakai).

  2. Barang produksi, digunakan untuk mendukung proses produksi guna menghasilkan barang dan jasa, meliputi barang mentah (bahan baku), barang setengah jadi, dan barang modal.

Barang Berdasarkan Proses Produksi

Terdiri dari barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Contoh, pada pembuatan baju. Barang mentahnya adalah kapas, kemudian kapas dipintal menjadi benang. Benang ditenun menjadi selembar kain. Benang dan kain adalah barang setengah jadi. Selanjutnya, kain dijahit menjadi baju siap jadi.

Barang Menurut Hubungan dengan Barang Lain

  1. Barang substitusi (pengganti), digunakan untuk menggantikan fungsi barang lain. Misalnya, gas menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar.

  2. Barang komplementar (pelengkap), digunakan secara bersamaan dengan barang lainnya. Barang tersebut akan memiliki nilai guna tinggi jika digunakan secara bersama. Misalnya, mobil dapat berjalan jika diisi bensin, pena dengan tinta.
Share:

6 comments:

  1. Bagus ka, penjelasannya menyeluruh👍

    ReplyDelete
  2. Dampak negatif dan positif apa yang dari penggunaan alat pemuas

    ReplyDelete
  3. Mengapa jumlah alat pemuas kebutuhan jumlahnya tak terbatas?

    ReplyDelete
  4. Sudah bagus kak,materinya lengkap dan pembahasannya pun memahamkan

    ReplyDelete

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive