LATIHAN SOAL FUNGSI KUADRAT MATEMATIKA 10 SMA KURIKULUM MERDEKA PART 4

1.         Nilai m agar grafik fungsi y = (m – 1)x2 – 2mx + (m – 3) selalu berada di bawah sumbu X (definit negatif) adalah …

a.      m < ¾

b.      m > ¾

c.       m < 1

d.      m = 1

e.      m > 1

 

2.         Grafik fungsi f(x) = x2 + 4x – 30 simetri terhadap garis x = a. Nilai a adalah …

a.      -4

b.      -2

c.       -1

d.      2

e.      4

 

3.         Persamaan grafik parabola pada gambar di bawah adalah …

a.      f(x) = x2 + 4x

b.      f(x) = x2 – 4x

c.       f(x) = -x2 + 4x

d.      f(x) = -x2 – 4x + 4

e.      f(x) = -x2 + 4x – 4

 

4.         Koordinat titik balik fungsi kuadrat f(x) = 2x2 – 4x + 5 adalah …

a.      (-3, 1)

b.      (1, -3)

c.       (1, 3)

d.      (2, 5)

e.      (3, 1)

 

5.         Sebuah roket ditembakkan vertical ke atas, mencapai tinggi h meter setelah t detik dirumuskan dengan h(t) = 400t – 5t2. Tinggi maksimum roket itu adalah … meter

a.      1.200

b.      1.800

c.       8.000

d.      24.000

e.      36.000 


>> Selanjutnya

Share:

LATIHAN SOAL FUNGSI KUADRAT MATEMATIKA 10 SMA KURIKULUM MERDEKA PART 3

1.         Akar-akar dari persamaan (x – a) (x – b) = ab. Jika dinyatakan dalam a dan b adalah …

a.      x1 = a atau x2 = b

b.      x1 = a – b atau x2 = 2b

c.       x1 = b – a atau x2 = 0

d.      x1 = 0 atau x2 = a + b

e.      x1 = 0 atau x2 = a – b

 

2.         Jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat 3x2 + 3x + 2 = 0 adalah …

a.      3 dan 2

b.      1 dan -2/3

c.       -1 dan 2/3

d.      -1 dan -2/3

e.      -3 dan -2

 

3.         Jika salah satu akar persamaan 2x2 + (x – 3)x – 6 = 0 adalah 1 maka akar yang lain adalah …

a.      7

b.      4

c.       -2

d.      -3

e.      -6

 

4.         Persamaan kuadrat yang akar-akarnya satu kurangnya dari dua kali akar-akar persamaan kuadrat x2 + 3x + 7 = 0 adalah …

a.      x2 + 12x – 23 = 0

b.      x2 – 8x + 35 = 0

c.       x2 – 4x + 23 = 0

d.      x2 + 8x + 35 = 0

e.      x2 + 8x – 35 = 0

 

5.         Diketahui fungsi kuadrat f(x) = 2x2 – 7x – 4. Titik potong grafik fungsi kuadrat tersebut dengan sumbu X dan sumbu Y berturut-turut adalah …

a.      (-1,0); (2,0); dan (0, -4)

b.      (-1,0); (2,0); dan (0, 4)

c.       ( , 0); (4,0); dan (0, 4)

d.      ( , 0); (4,0); dan (0, -4)

e.      ( , 0); (-4,0); dan (0, -4) 

>> Selanjutnya



Share:

LATIHAN SOAL FUNGSI KUADRAT MATEMATIKA 10 SMA KURIKULUM MERDEKA PART 2

 

1.         Persamaan berikut yang memiliki akar-akar tidak nyata adalah …

a.      x2 + 5x + 7 = 0

b.      x2 + 12x + 9 = 0

c.       x2 – x – 1 = 0

d.      2x2 + x – 3 = 0

e.      2x2 – 5x + 3 = 0

 

2.         Akar dari -2x2 + 7x + 15 = 0 adalah x1 dan x2 di mana x2 > x1. Nilai dari 6x1 + 4x2 adalah …

a.      36

b.      24

c.       11

d.      -11

e.      -24

 

3.         Diberikan persamaan kuadrat x2 – 3x + 5 = 0. Jika p adalah akar dari persamaan kuadrat tersebut maka nilai dari p2 – 3p – 5 = …

a.      10

b.      5

c.       3

d.      0

e.      -10

 

4.         Salah satu akar dari x2 + ax + 12 = 0 adalah 3 kali akar lainnya. Nilai a adalah …

a.      8 atau -1/8

b.      2 atau 6

c.       -2 atau -6

d.      8 atau – 1/8

e.      -8 atau 8

 

5.         Agar persamaan kuadrat px2 + (p+8)x + 9 = 0 mempunyai akar-akar yang sama maka nilai p adalah …

a.      p < 4 atau p > 16

b.      p = 4 atau p = 16

c.       p = -4 atau p = -16

d.      4 < p < 16

e.      -16 < p < -4

 >> Selanjutnya



Share:

LATIHAN SOAL FUNGSI KUADRAT MATEMATIKA 10 SMA KURIKULUM MERDEKA PART 1

 

1.         Nilai x yang memenuhi persamaan kuadrat x2 + 7x – 8 = 0 adalah …

a.      -8 atau 1

b.      -7 atau 8

c.       -1 atau 8

d.      1 atau 8

e.      7 atau -8

 

2.         Akar-akar persamaan kuadrat x2 – 4x + 3 = 0 adalah …

a.      -1 atau -3

b.      -1 atau 3

c.       1 atau -3

d.      1 atau 3

e.      3 atau –2

 

3.         Akar-akar persamaan kuadrat dari 2x2 – x – 3 = 0 adalah …

a.      -1 atau -3/2

b.      -1 atau -2/3

c.       -1 atau 3/2

d.      1 atau 2/3

e.      1 atau 3/2

 

4.         Akar – akar persamaan kuadrat dari 5x2 + 8x – 4 = 0 adalah …

a.      -2 atau – 5/2

b.      -2 atau – 2/5

c.       -2 atau 5/2

d.      -2 atau 2/5

e.      2 atau 2/5

 

5.         Akar-akar persamaan kuadrat dari 3x2 + 6x + 2 = 0 adalah …


>> Lanjutan



Share:

Latihan Soal Gelombang Berjalan dan Stasioner 2 Fisika 11 SMA Part 2

SOAL 1

Gelombang yang memiliki frekuensi 450 Hz menjalar dengan kecepatan 350 m/s. Tentukan jarak dua titik yang memiliki beda fase 1/6​!

SOAL 2

Gelombang yang memiliki frekuensi 450 Hz menjalar dengan kecepatan 350 m/s. Tentukan beda fase pada salah satu titik dengan selisih waktu 10−3 s!  

SOAL 3

Seutas tali panjang 3 m salah satu ujungnya diikatkan pada tiang dan ujung yang lain digerakkan terus-menerus sehingga membentuk gelombang stasioner. Pada tali terbentuk tiga gelombang penuh. Tentukan jarak perut ketiga dari ujung terikat! 

SOAL 4 

Persamaan gelombang transversal yang merambat didefinisikan sebagai y=0,3 sin(1/60​t−1/20​x) dengan x dan y dalam meter dan t dalam sekon. Berapakah kelajuan maksimiun partikel dalam gelombang yang merambat? 

SOAL 5

Nada C tengah pada piano memiliki frekuensi 262 Hz dan nada A pada oktaf yang sama memiliki frekuensi 440 Hz. Jika senar A dan C memiliki kepadatan massa linear μ dan panjang l yang sama, tentukan rasio tegangan kedua senar! 

SOAL 6

Seutas tali panjangnya 2 meter bergetar dengan kecepatan 50 m/s. Tali ditegangkan dengan gaya 2,5 N. Hitung rnassa tali per satuan panjang! 



Share:

Latihan Soal Gelombang Berjalan dan Stasioner 2 Fisika 11 SMA Part 1

SOAL 1

Apa saja yang memengaruhi kecepatan gelombang transversal pada dawai? Bagaimana pengaruhya?  

SOAL 2

Mengapa penambahan tegangan pada senar akan memperbesar frekuensi dawai? 

SOAL 3

Dua gelombang melintas dalam arah berlawanan menghasilkan sebuah gelombang stasioner. Fungsi gelombang masing-masing adalah 

y1​=0,5 sin(3x−2t

y2 =0,5 sin(3x−2t

jika x dan y dalam m, dan t dalam sekon, tentukan amplitudo dari gerak harmonik sederhana dari elemen medium yang terletak di x=2,3 m!

SOAL 4

Dua gelombang pada seutas tali dinyatakan oleh fungsi gelombang y1​=0,5 cosπ(2x​−40t) dan y2​=0,5 cosπ(2x​+40t), tentukan posisi noktah-noktah yang terbentuk! 

SOAL 5

Tentukan cepat rambat gelombang berdiri pada tali yang panjangnya 1,5 m dengan massa per satuan panjang tali 9×10−3 kg/m dan diregangkan dengan tegangan sebesar 20 N! 

>> Selanjutnya





Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive