Soal dan Pembahasan Rangkaian Arus Bolak Balik R - L - C Kelas 12 SMA Fisika

  1. Tuliskan persamaan tegangan V terhadap kuat arus I pada induktor berikut:

  2. Perhatikan gambar!


    a. Hitung impedansi dan sudut fase rangkaian
    b. Hitung arus efektifnya

  3. Sebuah rangkaian arus bolak-balik 220 volt dengan frekuensi 55 Hz dihubungkan dengan rangkaian L dan R = 110 ohm. Tegangan pada ujung resistor diukur 40 volt.
    a. Hitung tegangan ujung induktor
    b. Hitung induktansi diri induktor

  4. Sebuah induktor L = 0,25 H dan sebuah kapasitor C = 200 Î¼F dihubung seri dipasang pada sumber arus I = 5 sin 400t Ampere.
    a. Hitung impedansi
    b. Tulis persamaan tegangan sesaat

  5. Rangkaian R-L-C beresonansi pada frekuensi 2 MHz. Jika L  25/4Ï€ mH. Hitung nilai kapasitas kapasitor!

  6. Rangkaian R-L-C dengan R = 30 ohm, L = 40 mH, C = 50 Î¼F dihubung dengan sumber tegangan AC. Hitung frekuensi resonansi pada rangkaian!

  7. Rangkaian L dan R dengan L = 0,6 H, R = 20 ohm dihubung dengan sumber tegangan bolak-balik 220 volt berfrekuensi 10/Ï€ Hz.
    a. Hitung impedansi rangkaian
    b. Besar arus efektif
    c. Sudut fase I dan V

  8. Rangkaian R = 40 ohm, C = 250 Î¼F dipasang pada sumber tegangan arus I = 4 sin 100t Ampere. Tuliskan persamaan tegangan rangkaian!
<< Pembahasan


Share:

Soal dan Pembahasan Deret Geometri SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

  1. Tentukan suku ke-8 dari barisan geometri 125, 25, 5, 1, ....

  2. Rumus suku ke-n dari barisan geometri 64, 8, 1, 1/8, ... adalah ...

  3. Suku ke-3 dan suku ke-5 barisan geometri positif adalah 3 dan 48. Tentukan suku ke-8 barisan tersebut.

  4. Jika x-2, 3x - 6, 2x+10, adalah tiga suku pertama suatu barisan geometri, tentukan rasio barisan tersebut.

  5. Diketahui barisan geometri dengan suku pertama 3 dan suku terakhir 768. Tentukan suku tengah barisan tersebut.

  6. Diantara bilangan 3 dan 192 disisipkan lima bilangan, sehingga bilangan-bilangan membentuk barisan geometri. Tentukan suku ke-6 barisan tersebut.
<< Pembahasan


Share:

Soal dan Pembahasan Listrik Statis IPA 9 SMP (Part 2)

  1. Perhatikan gambar berikut!

    Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan berikut yang benar adalah ...
    a. muatan A memiliki potensial listrik yang lebih besar daripada muatan B
    b. muatan A memiliki potensial listrik yang lebih kecil daripada muatan B
    c. muatan A dan B memiliki potensial listrik yang sama
    d. muatan A dan B tidak dapat dibandingkan besar potensial listriknya karena berbeda jenis muatan

  2.  Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah ...
    a. lipase
    b. amilase
    c. esterogen
    d. neurotransmitter

  3. Akson atau neurit berfungsi untuk ...
    a. mempercepat jalannya impuls saraf
    b. meneruskan impuls dari dendrit ke akson
    c. meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lain
    d. menerima impuls dari sel lain dan meneruskannya ke badan sel

  4. Perhatikan gambar berikut!

    Bagian pada sel saraf yang berfungsi sebagai tempat terjadinya tarik-menarik muatan listrik adalah ...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  5. Berbagai hewan yang memiliki kemampuan menghasilkan muatan listrik umumnya memiliki sistem khusus pada tubuhnya yang disebut sebagai ...
    a. elektrisitas
    b. elektroplaks
    c. elektroreseptor
    d. neutrotransmitter

Pembahasan
Share:

Soal dan Pembahasan Listrik Statis IPA 9 SMP (Part 1)

 


  1. Sebuah penggaris plastik yang digosokkan pada kain wol akan bermuatan ... karena ...
    a. negatif, muatan negatif dari kain wol berpindah ke plastik
    b. positif, muatan positif dari kain wol berpindah ke penggaris plastik
    c. positif, muatan negatif dari penggaris plastik berpindah ke kain wol
    d. negatif, muatan positif dari penggaris plastik berpindah ke kain wol

  2. Muatan A tampak menolak muatan B tetapi menarik muatan C. Jika muatan C menolak muatan D positif, maka dapat dipastikan bahwa ...
    a. A bermuatan positif, B bermuatan positif, dan C bermuatan negatif
    b. A bermuatan negatif, B bermuatan negatif, dan C bermuatan positif
    c. A bermuatan positif, B bermuatan negatif, dan C bermuatan negatif
    d. A bermuatan negatif, B bermuatan positif, dan C bermuatan negatif

  3. Fungsi elektroskop untuk ...
    a. mengetahui ada tidaknya muatan pada sebuah benda
    b. mengukur besar muatan pada sebuah benda
    c. menghasilkan muatan dalam jumlah yang besar
    d. mengetahui besar gaya Coulomb dua benda bermuatan

  4. Dua buah muatan Q terpisah sejauh R memiliki gaya Coulomb sebesar F. Jika jarak kedua muatan diubah menjadi dua kali jarak mula-mula, maka besar gaya Coulomb yang dialami menjadi .... F
    a. 4
    b. 2
    c. 1/2
    d. 1/4

  5. Gaya Coulomb yang dialami oleh muatan A dan B adalah 7 x 10^-4 N. Jika besar muatan B adalah 2 x 10^-6 C, maka besar kuat medan listrik yang dirasakan oleh muatan B adalah ... N/C
    a. 0,35
    b. 3,5 
    c. 25
    d. 350

Pembahasan
Share:

Pembahasan SBDP Kelas 6 SD Tema 2 Pola Lantai Tari

  1. Pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak disebut ...
    a. pola gerak
    b. pola lantai
    c. pola seni
    d. pola tari
    Jawab: B

  2. Pola lantai pada gambar tersebut disebut pola lantai ...

    a. vertikal
    b. diagonal
    c. melengkung
    d. lingkaran
    Jawab: A

  3. Tari serimpi dari Jawa Tengah pada gambar tersebut memiliki pola lantai ...

    a. vertikal
    b. horizontal
    c. lingkaran
    d. diagonal
    Jawab: A

  4. Pola lantai diagonal dimiliki oleh tarian ...
    a. tari Ma'badong
    b. tari Serimpi
    c. tari Baris Cengkedan
    d. tari Gending Sriwijaya
    Jawab: D

  5. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai ...
    a. diagonal
    b. vertikal
    c. melengkung ke depan
    d. lingkaran
    Jawab: B

  6. Pola lantai tarian yang berasal dari Sumatera Barat tersebut adalah ...

    a. lingkaran
    b. diagonal
    c. melengkung
    d. lurus horizontal
    Jawab: D

  7. Fungsi pola lantai pada sebuah tarian adalah ....
    a. tampilan tari lebih menarik dan indah
    b. memudahkan dalam mengingat gerakan
    c. meminimalisasi kesalahan dalam gerakan
    d. memadukan gerakan dasar dan gerakan kreasi
    Jawab: A

  8. Perhatikan gambar berikut!

    Tarian ini menggunakan pola lantai . . . .
    a. garis melengkung
    b. garis diagonal
    c. garis vertikal
    d. garis horizontal
    Jawab: A

  9. Perhatikan gambar berikut!

    Tarian dari daerah Bengkulu ini bernama . . . .
    a. Andun
    b. Seudati
    c. Tandak
    d. Legong
    Jawab: A

  10. Tarian rakyat dan tradisional banyak menggunakan pola lantai . . . .
    a. garis melengkung
    b. garis diagonal
    c. garis vertikal
    d. garis horizontal
    Jawab: A

  11. Perhatikan gambar berikut!

    a. Jawa Barat
    b. Sulawesi Utara
    c. Madura
    d. Bali
    Jawab: D

  12. Contoh tari yang menggunakan pola lantai horizontal adalah ...
    a. kecak
    b. jaipong
    c. saman
    d. srimpi
    Jawab: C

  13. Tari topeng berasal dari ...
    a. Jawa Barat
    b. Bekasi
    c. Jakarta
    d. Madura
    Jawab: C

  14. Fungs pola lantai dalam tarian adalah ...
    a. memperindah pertunjukan tari
    b. melakukan gerakan tari
    c. mendisiplinkan para penari
    d. meletakkan posisi penari
    Jawab: A

  15. Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai diagonal adalah ....
    a. tari Remo
    b. tari Manuk Dadali
    c. tari Rampak
    d. tari Andun
    Jawab: A
Share:

Soal dan Pembahasan SBDP Kelas 6 SD Tema 2 Pola Lantai Tari

  1. Pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak disebut ...
    a. pola gerak
    b. pola lantai
    c. pola seni
    d. pola tari

  2. Pola lantai pada gambar tersebut disebut pola lantai ...

    a. vertikal
    b. diagonal
    c. melengkung
    d. lingkaran

  3. Tari serimpi dari Jawa Tengah pada gambar tersebut memiliki pola lantai ...

    a. vertikal
    b. horizontal
    c. lingkaran
    d. diagonal

  4. Pola lantai diagonal dimiliki oleh tarian ...
    a. tari Ma'badong
    b. tari Serimpi
    c. tari Baris Cengkedan
    d. tari Gending Sriwijaya

  5. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai ...
    a. diagonal
    b. vertikal
    c. melengkung ke depan
    d. lingkaran

  6. Pola lantai tarian yang berasal dari Sumatera Barat tersebut adalah ...

    a. lingkaran
    b. diagonal
    c. melengkung
    d. lurus horizontal

  7. Fungsi pola lantai pada sebuah tarian adalah ....
    a. tampilan tari lebih menarik dan indah
    b. memudahkan dalam mengingat gerakan
    c. meminimalisasi kesalahan dalam gerakan
    d. memadukan gerakan dasar dan gerakan kreasi

  8. Perhatikan gambar berikut!

    Tarian ini menggunakan pola lantai . . . .
    a. garis melengkung
    b. garis diagonal
    c. garis vertikal
    d. garis horizontal

  9. Perhatikan gambar berikut!

    Tarian dari daerah Bengkulu ini bernama . . . .
    a. Andun
    b. Seudati
    c. Tandak
    d. Legong

  10. Tarian rakyat dan tradisional banyak menggunakan pola lantai . . . .
    a. garis melengkung
    b. garis diagonal
    c. garis vertikal
    d. garis horizontal

  11. Perhatikan gambar berikut!

    a. Jawa Barat
    b. Sulawesi Utara
    c. Madura
    d. Bali

  12. Contoh tari yang menggunakan pola lantai horizontal adalah ...
    a. kecak
    b. jaipong
    c. saman
    d. srimpi

  13. Tari topeng berasal dari ...
    a. Jawa Barat
    b. Bekasi
    c. Jakarta
    d. Madura

  14. Fungs pola lantai dalam tarian adalah ...
    a. memperindah pertunjukan tari
    b. melakukan gerakan tari
    c. mendisiplinkan para penari
    d. meletakkan posisi penari

  15. Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai diagonal adalah ....
    a. tari Remo
    b. tari Manuk Dadali
    c. tari Rampak
    d. tari Andun
Share:

Soal dan Pembahasan Persamaan Kuadrat Matematika 9 SMP

  1. Nyatakanlah persamaan berikut dalam bentuk umum persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 serta tentukan nilai a, b, dan c untuk setiap persamaan kuadratnya!
    a. 5x2 - 5(x-1) + 10 = 12x + 3
    b. (2x+1) (3x - 1) = 0
    c. (3x + 7)(2x - 5) = 4x - 33
    d. 2(x2 - 5) + 1 = x(x - 4)

  2. Tentukan akar-akar persamaan kuadrat berikut dengan menggunakan pemfaktoran!
    a. x2 - 5x + 6 = 0
    b. 2x2 + 3x - 2 = 0
    c. 3x2 + 8x - 3 = 0

  3. Tentukanlah akar-akar persamaan kuadrat berikut dengan menggunakan cara melengkapkan kuadrat sempurna!
    a. x2 - 5x + 6 = 0
    b. 2x2 + 3x - 2 = 0
    c. 3x2 + 8x - 3 = 0

  4. Tentukanlah akar-akar persamaan kuadrat berikut dengan menggunakan cara rumus ABC!
    a. x2 - 5x + 6 = 0
    b. 2x2 + 3x - 2 = 0
    c. 3x2 + 8x - 3 = 0

  5. Tentukanlah akar-akar persamaan kuadrat berikut dengan menggunakan cara yang menurut kalian paling mudah dan berikanlah alasan serta penjelasan secara lengkap kenapa cara tersebut yang kalian pilih!
    a. x2 - x - 6 = 0
    b. 6x2 + 7x + 2 = 0

  6. Susunlah persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya sebagai berikut!
    a. 5 dan -6
    b. -2/3 dan 1/2
    c. (3 + 7) dan (3 - 7)

  7. Jika m dan n adalah akar-akar persamaan kuadrat x2 + 2x - 15 = 0. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya sebagai berikut!
    a. 2m - 3 dan 2n - 3
    b. 1/m dan 1/n
    c. n/m dan m/n

  8. Keliling sebuah taman kota yang berbentuk persegi panjang adalah 100 m. Jika luas taman tersebut adalah 400 meter satuan luas, hitung panjang dan lebar taman tersebut!

Pembahasan


Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive