TES POTENSI SKOLASTIK (TPS):MATERI PENALARAN UMUM

TPS: PENALARAN UMUM


A.PENALARAN TEKS

1.Kalimat Pernyataan
a.Sebuah teks umumnya memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas atau tersembunyi dalam bacaan. 

Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H (apa, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana).

b.Cara menentukan kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan dalam soal dengan memahami isi bacaan secara keseluruhan. Setelah itu, bandingkan pernyataan pilihan jawaban dengan isi bacaan.

2.Kalimat Simpulan
  Kalimat simpulan adalah kalimat yang berisi pendapat akhir berdasarkan data-data yang terdapat dalam paragraf. Karena diambil dari data-data yang terdapat dalam teks, kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks. 

Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan dari sebuah paragraf adalah sebagai berikut.
a.Catatlah data-data penting dalam paragraf
b.Tulislah pendapat yang mencakupi keseluruhan data penting dari paragraf tersebut

Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut.
a.Kalimat simpulan dalam paragraf lazimnya menggunakan kata-kata penanda simpulan, misalnya jadi, oleh karena itu, dan dengan demikian.
b.Kalimat simpulan berisi pendapat akhir yang meliputi seluruh isi paragraf.

3.Rangkuman Bacaan
    Rangkuman adalah ringkasan sebuah teks secara singkat, jelas, dan berurutan (kronologis). Merangkum berarti membuat catatan panjang menjadi lebih pendek dengan tetap memperlihatkan sistematika kronologis ide pokok dalam tulisan aslinya.

Langkah-langkah merangkum bacaan.
a.Bacalah teks asli atau dengarkan naskah yang dibacakan
b.Tentukan ide pokok dalam setiap paragraf
c.Tulislah rangkuman dari bacaan tersebut
d.Bacalah kembali rangkuman yang telah dibuat

4.Membaca Grafik, Tabel, Bagan, dan Denah
  Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang naik turunnya hasil, statistik, dan sebagainya). Grafik berupa penyajian data-data dalam tabel yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau garis.

  Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi. Tabel biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam kolom dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah disimak. Tabel menyajikan informasi yang dapat dikelompokkan secara sistematik dalam jumlah tertentu.

  Bagan adalah gambaran atau sketsa abstrak yang menampilkan atau menjelaskan informasi tertentu. Data atau informasi tersebut dituangkan dalam bentuk gambar. Bentuk bagan bervariasi, antara lain, garis, lingkaran, batang, pohon, dan balok.

  Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat. Dalam pengertian yang lain, denah adalah gambaran sederhana dari suatu tempat. Denah merupakan peta berukuran kecil yang menunjukkan dan menggambarkan lokasi suatu tempat atau bangunan secara detail. Denah bisa digunakan seseorang untuk mencari suatu tempat agar tempat tersebut mudah ditemukan.

  Grafik, tabel, bagan, dan denah tidak dibuat untuk melengkapi teks aja. Grafik juga merupakan bagian tak terpisahkan dari teks yang disajikan. Fungsi grafik dalam teks untuk memudahkan seseorang memahami isi informasi dari suatu teks.

Fungsi Tabel
1.Mempermudah dalam mengetahui sebuah perubahan yang terjadi pada suatu hal, baik naik maupun 
   menurun.
2.Memberikan rangkuman berupa angka secara tersusun.

Fungsi Grafik
1.Menggambarkan data-data yang berupa angka dengan bentuk yang lebih sederhana namun
   teliti. Grafik lingkaran berfungsi menggambarkan informasi dalam persentase.
2.Menjelaskan perkembangan dan perbandingan suatu objek atau peristiwa yang saling berkaitan 
   secara singkat, padat, dan jelas.

Fungsi Bagan
1.Menggambarkan dan merangkum suatu ide, data, atau kejadian melalui media grafis.
2.Menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relatif, perkembangan, proses, klasifikasi, dan
    organisasi.
3.Memberikan ringkasan butir-butir yang penting dari suatu persentase.

Fungsi Denah
1.Menemukan sebuah lokasi suatu tempat dalam waktu yang cepat.
2.Sebagai alat untuk menunjukkan lokasi.

Berikut langkah-langkah membaca grafik, tabel, bagan, dan denah.
1.Bacalah judulnya. Pahami arti kata-kata dalam judul grafik, tabel, bagan, atau denah yang disajikan.
2.Bacalah data-data yang terdapat di atas, di bawah, atau di sisinya.
3.Ajukan pertanyaan tentang tujuan grafik, tabel, bagan, atau denah yang disajikan.
4.Bacalah grafik, tabel, bagan, atau denah secara menyeluruh.





Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (3)

II. Isian

Soal 1
Apa saja syarat-syarat larutan baku primer dan larutan baku sekunder yang digunakan pada proses titrasi?

Soal 2
Sebelum digunakan, natrium hidroksida yang tersedia di laboratorium harus dititrasi terlebih dahulu dengan larutan asam oksalat yang diketahui konsentrasinya. Mengapa demikian?

Soal 3
Larutan H3PO0,05M digunakan untuk menetralkan 50mL larutan Ca(OH)2. Jika larutan H3PO4 yang diperlukan sebanyak 30mL, tentukan massa Ca(OH)2 yang terdapat dalam larutannya! (Mr Ca(OH)2 = 74 gmol-1)

Soal 4
Sebanyak 10 mL HCl yang tidak diketahui konsentrasinya dititrasi dengan larutan NaOH 0,1M. Pada titik akhir titrasi diperoleh rata-rata volume NaOH yang diperlukan adalah 12,5mL. Hitunglah konsentrasi HCl yang dititrasi, lalu buatlah grafik titrasi asam-basanya!

Soal 5
Dalam pengujian alkalinitas air, 50mL sampel air yang akan diuji ditambah dengan 5 tetes indikator fenolftalein. Kemudian, sampel dititrasi dengan larutan H2SO0,02M hingga terjadi perubahan warna setelah penambahan 14mL larutan H2SO4 0,02M. Jika alkalinitas dinyatakan dengan satuan ppm CaCO(Mr=100 gmol-1) berapakah nilai alkalinitas sampel air tersebut?

Video Pembahasan

 PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (3)

Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (2)


I.Pilihan Ganda

Soal 6
Perhatikan data hasil titrasi antara larutan Ca(OH)dengan larutan HCl 0,18 M berikut.
Perc.
Volume Ca(OH)2 
Volume HCl
1)
30mL
19,8 mL
2)
30mL
20,0 mL
3)
30,L
20,2 mL
Berdasarkan data tersebut, massa Ca(OH)2 yang bereaksi adalah ... (Ar Ca=40 gmol-1, O=16gmol-1, dan H=1gmol-1)
a.0,10 g                                                 d.0,17 g
b.0,13 g                                                 e.0,20 g
c.0,15 g

Soal 7
Berikut data beberapa indikator dan trayek pH-nya serta kurva hasil titrasi asam-basa.
Indikator
Metil Jingga
Bromtimol Biru
Fenolftalein
Trayek pH
3,1-4,40
6,0-7,6
8,3-10,0
Pasangan asam-basa dan indikator yang digunakan berturut-turut adalah ...
a.NaOH-HCl, fenolftalein
b.HCl-NH3, bromtimol biru
c.NH3-HCl, bromtimol biru
d.NH4OH-NaOH,metil jingga
e.CH3COOH-NaOH, fenolftalein

Soal 8
Sebanyak 0,5 gram cuplikan yang mengandung natrium hidroksida dilarutkan dalam air. Jika diperlukan 25 mL larutan HCl 0,1M untuk menetralkannya, kadar natrium hidroksida dalam cuplikan tersebut sebesar ...(Ar Na=23 gmol-1, O=16gmol-1, dan H=1gmol-1)
a.10%                                                    d.30%
b.20%                                                    e.45%
c.25%

Soal 9
Sebanyak 0,58 gram basa tepat habis bereaksi dengan 100 mL 0,1M menurut persamaan reaksi berikut.
L(OH)2(aq) + H2SO4(aq)àLSO4(aq)+2H2O(l)
Massa atom relatif logam L adalah ... gmol-1 (Ar O=16gmol-1, dan H=1gmol-1)
a.12                                                      d.48
b.23                                                      e.52
c.24

Soal 10
Dina ingin mengendapkan semua ion perak dalam 15mL larutan AgNO0,2M dengan cara menambahkan 20mL larutan HCl 0,2M ke dalam larutan tersebut. Volume larutan NaOH 0,1M yang diperlukan untuk menetralkan kelebihan larutan HCl dalam reaksi tersebut adalah ... mL
a.2,5                                                         d.25,0
b.5,0                                                         e.40,0
c.10,0



Video Pembahasan

 PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (2)


Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (1)

I.Pilihan Ganda

Soal 1
Larutan asam klorida ditambah tiga tetes fenolftalein, lalu dititrasi dengan larutan natrium hidroksida. Persamaan reaksi yang terjadi sebagai berikut.
HCl(aq) + NaOH(aq) à NaCl(aq) + H2O(l)
Berdasarkan pernyataan tersebut, zat yang berfungsi sebagai titran adalah ...
a.air                                                             d.natrium klorida
b.fenolftalein                                               e.natrium hidroksida
c.asam klorida

Soal 2
Penambahan indikator dalam titrasi harus sedikit mungkin. Hal ini disebabkan ...
a.dapat mengubah pH larutan nitrat
b.konsentrasi larutan nitrat bertambah
c.larutan titrat akan langsung berubah warna
d.volume larutan titrat tidak boleh bertambah
e.mol titrat makin berkurang degan penambahan indikator

Soal 3
Indikator yang tepat digunakan untuk titrasi larutan asam format dengan KOH adalah ...
a.metil merah                                                d.bromtimol biru
b.metil jingga                                                e.bromfenol biru
c.fenolftalein

Soal 4
Penggunaan indikator fenolftalein dalam titrasi basa lemah dengan asam kuat tidak sesuai karena ...
a.pH larutan menjadi makin besar
b.keasaman larutan makin bertambah
c.trayek fenolftalein berada di bawah titik ekuivalen
d.titik ekuivalen terjadi di bawah trayek fenolftalein
e.fenolftalein tidak dapat menunjukkan perubahan warna

Soal 5
Perhatikan grafik titrasi asam-basa berikut!

Jika volume larutan yang dititrasi sebanyak 10 mL, konsentrasi larutan asam HX sebesar ...
a.0,2 M                                                            d.0,5 M
b.0,3 M                                                            e.0,6 M
c.0,4 M

---Selanjutnya---

Video Pembahasan

 PEMBAHASAN KIMIA KELAS 11 BAB 9 TITRASI ASAM BASA (1)

Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 9 BUNYI DAN CAHAYA (4)


II.Isian

Soal 6
Sumber bunyi dengan frekuensi bunyi 550 Hz dan pengamat bergerak saling menjauhi. Pengamat mendengar frekuensi bunyi 500 Hz. Diketahui kecepatan pengamat 15 m/s dan kecepatan bunyi di udara 340 m/s. Tentukan kecepatan sumber bunyi!

Soal 7
Perhatikan gambar berikut!

Sebuah cahaya monokromatik dengan panjang gelombang 6.000Ǻ mengenai dua celah seperti gambar di atas. Hitunglah jarak y!

Soal 8
Pada sebuah eksperimen interferensi celah tunggal digunakan cahaya merah dan ungu dengan panjang gelombang masing-masing 680 nm dan 425 nm. Pada eksperimen tersebut menggunakan celah yang sama dengan lebar celah sebesar d. Saat menggunakan cahaya merah pola interferensi terbentuk pada layar yang berjarak L dari celah tunggal. Selanjutnya, menggunakan cahaya ungu, agar jarak pita terang kedua dari terang pusat sama dengan jarak pita gelap keempat dari terang pusat ketika disinari cahaya merah, di manakah layar harus diletakkan?

Soal 9
Selaput tipis air sabun disinari dengan arah tegak lurus dengan menggunakan cahaya natrium 589,3 nm, Jika indeks bias air sabun 1,33, hitunglah:
a.tebal minimum selaput agar terjadi penguatan saat m=1
b.tebal minimum selaput agar terjadi pelemahan saat m=2

Soal 10
Diameter pupil seorang pengamat adalah 3,2 mm. Pengamat melihat cahaya tampak dengan panjang gelombang 600 nm pada jarak 100 cm. Jika indeks bias mata 4/3, tentukan daya urai lensa mata!




Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 9 BUNYI DAN CAHAYA (4)


Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 8 BUNYI (2)

II.Isian

Soal 1
Suatu gelombang gempa terasa di kota A dengan intensitas 1,25 x 104 W/m. Sumber gempa berasal dari kota B yang berjarak 25 km dari kota A. Apabila jarak antara kota A dan kota C sejauh 50 km dan ketiga kota tersebut membentuk segitiga siku-siku dengan sudut siku-siku di kota A, tentukan intensitas gempa yang terasa di kota C!    

Soal 2
Dua buah speaker memancarkan gelombang bunyi dengan frekuensi yang berbeda seperti gambar berikut.

Speaker A dan speaker B menghasilkan daya keluaran masing-masing 1,2 Ï€ MW dan 4,16 Ï€ MW. Tentukan taraf intensitas bunyi (log 3=0,48; log 5=0,70; log 8 = 0,90) pada titik O jika:
a.hanya speaker A yang memancarkan bunyi
b.hanya speaker B yang memancarkan bunyi dan
c.kedua speaker  memancarkan bunyi.

Soal 3
Sebuah petasan meledak terdengar oleh Sani, Seli, dan Susi seperti gambar berikut.
Intensitas bunyi yang terdengar oleh Sani sebesar 7,2x104 W/mdan amplitudo bunyi yang terdengar oleh Seli 18 cm. Tentukan perbandingan intensitas dan amplitudo bunyi yang terdengar oleh Sani, Seli, dan Susi!

Soal 4
Dawai sepanjang 110 cm digetarkan sehingga menghasilkan nada atas kedua berfrekuensi 450 Hz. Tentukan:
a.frekuensi nada dasar;
b.cepat rambat gelombang di dawai;
c.frekuensi nada atas keempat dan
d.panjang gelombang di dawai saat nada atas pertama

Soal 5
Pak Rantim membunyikan klakson sepeda motor yang memiliki taraf intensitas bunyi 40dB pada jarak 1 m. Diketahui intensitas ambang bunyi adalah 1x10-12 W/m. Tentukan:
a.intensitas bunyi pada jarak 10 m;
b.taraf intensitas bunyi pada jarak 1 m jika ada 10 klakson yang identik dibunyikan bersamaan; dan
c.daya yang dihasilkan klakson pada jarak 10 m


Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 8 BUNYI (2)

Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 8 BUNYI (1)

I.Pilihan Ganda

Soal 1
Sebuah alat pengukur intensitas bunyi diletakkan pada jarak 3 m dari sumber bunyi. Intensitas yang terukur sebesar 2,4 W/m2. Agar intensitas bunyi yang terukur 0,15 W/m2, alat tersebut digeser sejauh ...
a.0,5 m mendekati sumber bunyi
b.2 m mendekati sumber bunyi
c.4 m mendekati sumber bunyi
d.6 m mendekati sumber bunyi
e.9 m mendekati sumber bunyi

Soal 2
Pipa organa tertutup dan terbuka masing-masing menghasilkan frekuensi nada atas kedua dan terjadi pelayangan sebesar 150 Hz. Nada pipa organa tertutup lebih besar daripada pipa organa terbuka. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s dan panjang pipa organa terbuka 68 cm, perbandingan f2 antara pipa organa tertutup dan terbuka adalah ...
a.2:3
b.3:2
c.3:5
d.5:6
e.6:5

Soal 3
Sebuah dawai menghasilkan nada dasar sebesar f. Saat panjang dawai dipendekkan 10 cm tanpa mengubah tegangan dawai, frekuensi nada dasar yang menghasilkan menjadi 1,5f. Apabila dawai dipendekkan 2 cm lagi, frekuensi nada dasar yang dihasilkan menjadi ...

Soal 4
Kereta api bergerak relatif terhadap pendengar yang diam di depan stasiun. Kereta api membunyikan peluit dengan frekuensi 1.200 Hz. Apabila cepat rambat bunyi di udara 330 m/s dan kecepatan kereta api 108 km/jam, perhatikan pernyataan berikut.
1) Panjang gelombang bunyi menurut sumber bunyi 27,5 cm
2) Frekuensi pendengar saat kereta api mendekati 1.100 Hz
3) Frekuensi pendengar saat kereta api menjauhi 1.320 Hz
4) Panjang gelombang bunyi menurut pendengar saat kereta api menjauhi 30 cm.
5) Frekuensi pelayangan pendengar saat kereta api mendekati dan menjauhi 220 Hz

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh angka ...
a.1,3,5
b.1,4,5
c.2,3,4
d.2,3,5
e.3,4,5

Soal 5
Sebuah mobil dapat menghasilkan bunyi klakson dengan taraf intensitas 45 dB, lalu sebuah bus dapat menghasilkan bunyi klakson dengan taraf intensitas 70 dB. Apabila 1.000 klakson mobil dan 100 klakson bus dibunyikan bersamaan, perbandingan taraf intensitas mobil dengan bus adalah ...
a.3:4
b.4:5
c.5:6
d.6:7
e.7:9


Video Pembahasan

PEMBAHASAN FISIKA KELAS 11 BAB 8 BUNYI (1)



Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive