Mengubah Persentase Perbesaran Tampilan Lembar Kerja

Mengubah Persentase Perbesaran Tampilan Lembar Kerja

Mungkin tampilan lembar kerja terlalu kecil pada layar monitor sehingga tabel data terlihat kurang jelas. Mungkin kolom atau baris dari tabel data banyak sehingga ada kolom atau baris data yang tidak terlihat di layar monitor. Supaya tabel data terlihat jelas, kita dapat memperbesar tampilan lembar kerja. Supaya tabel data terlihat keseluruhan, kita dapat memperkecil tampilan lembar kerja. Secara default, lembar kerja ditampilkan dengan perbesaran 100%. Kita dapat mengubah persentase perbesaran tampilan lembar kerja sesuai dengan kebutuhan.

  1. Klik tab View pada ribbon

  2. Klik tombol perintah Zoom untuk menampilkan kotak dialog Zoom dengan daftar pilihan persentase perbesaran seperti terlihat pada Gambar 5.3.







    Gambar 5.3 Pilihan persentase perbesaran tampilan lembar kerja











  3. Kemudian klik tombol pilihan 200% untuk memperbesar tampilan lembar kerja dua kali lipat.

  4. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Zoom. Tampilan lembar diperbesar dua kali seperti terlihat pada Gambar 5.4.








    Gambar 5.4 Lembar kerja yang diperbesar dengan presentase perbesaran 200%

Share:

Mengetik Data pada Lembar Kerja

 



Mengetik Data pada Lembar Kerja

Data yang ingin dihitung, dianalisis, atau ditampilkan grafiknya harus dimasukkan ke lembar kerja lebih dahulu. Sebagai contoh, ketikkan tabel data pada lembar kerja yang terbuka. Setelah selesai, tabel data pada lembar kerja terlihat seperti pada Gambar 5.2.










Gambar 5.2 Tabel data yang diketik pada lembar kerja

Share:

Petunjuk Pemasukan Data Angka

 





Petunjuk Pemasukan Data Angka
Dalam pemasukan data angka ke dalam sel, kita harus memperhatikan petunjuk-petunjuk berikut:





  1. Dalam Microsoft Excel, karakter yang dapat digunakan sebagai angka adalah hanya karakter 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 + - ( ) / % .Ee.

  2. Data yang mengandung karakter lain akan diperlakukan bukan data angka.

  3. Jika kita telah mengatur Regional Settings pada Control Panel ke bahasa dan negara/wilayah Indonesia, kita dapat mengetikkan data angka sebagaimana kita mengetik data angka di Indonesia. Gunakan tanda titik (.) untuk menunjukkan ribuan dan gunakan tanda koma (,) untuk menunjukkan pecahan desimal. Sebagai contoh, ketikkan 12.500,50 ke dalam sel B2. Pada sel B2 terlihat data angka 12.500,50 seperti terlihat pada Gambar dibawah ini.



    Gambar 4.7 Data angka ribuan berikut pecahan dengan cara penulisan di Indonesia

  4. Semua data angka ditulis rata kanan di dalam sel. Jika data angka yang dimasukkan rata kiri, berarti data tersebut bukan data angka.

  5. Untuk memasukkan data angka pecahan, awali dengan 0 (nol) dan spasi. sebagai contoh, ketikkan 0 1/2 pada sel. Data angka pecahan ini pada sel B2 terlihat seperti pada Gambar 4.8. Jika kita langsung mengetikkan 1/2, Excel akan menafsirkannya sebagai data tanggal 1 Februari. Jika data angka pecahan mempunyai angka bulat seperti 1½ (satu setengah), ketikkan dengan cara yang sama dengan diawali angka bulatnya (1) dan spasi, seperti terlihat pada Gambar 4.9.



    Gambar 4.8 Data angka pecahan



    Gambar 4.9 Data angka pecahan dengan angka bulat

  6. Angka negatif diawali dengan tanda minus (-) atau tutup angka tersebut dalam tanda kurung (). Sebagai contoh, ketikkan -10 pada sel B2. Data angka negatif ini akan terlihat seperti pada Gambar 4.10.


    Gambar 4.10 Data angka negatif
Share:

Memasukkan Data ke Lembar Kerja

 





Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Setelah mengetahui lembar kerja dan cara mengatur lebar kolom, kita dapat memasukkan data teks, angka, tanggal, atau waktu ke dalam sel lembar kerja. Cara memasukkan data ke dalam sel adalah sebagai berikut:




  1. Klik sel di mana kita akan memasukkan data untuk menjadikannya sebagai sel aktif.

  2. Kemudian ketikkan data yang akan dimasukkan ke dalam sel (Jakarta). Data yang diketik terlihat pada bar rumus seperti pada Gambar dibawah ini.

  3. Perhatikan dua tombol di kiri bar rumus, yaitu tombol Cancel X dan tombol Enter. Klik tombol Cancel untuk membatalkan pemasukan data. Klik tombol Enter pada bar rumus atau tekan tombol Enter pada keyboard untuk memasukkan data ke dalam sel.



    Gambar Data yang diketik pada bar rumus

Share:

Mengubah Lebar Kolom dengan Mouse

 


Mengubah Lebar Kolom dengan Mouse
Jika lebar sel tidak cukup untuk menampung data angka, tanggal, atau waktu, Excel akan menampilkan data tersebut dengan lambang ########. Jika lebar kolom tidak cukup menampung data teks, data teks tersebut akan terpotong oleh kolom data di sebelah kanan. Lebar kolom sel harus disesuaikan dengan panjang data. Supaya kita dapat mengubah lebar kolom segera, kita akan membahas pengubahan lebar kolom dengan mouse. Cara mengubah lebar kolom dengan mouse adalah sebagai berikut:



  1. Pada kepala kolom, tunjuk batas kanan kolom yang akan diubah lebarnya sampai penunjuk mouse berubah menjadi panah ganda ke kiri dan kanan. Sebagai contoh, batas kanan kolom F dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.


    Gambar Batas kolom



  2. Kemudian seret ke kanan untuk memperbesar lebar kolom atau seret ke kiri untuk memperkecil lebar kolom. Setelah lebar kolom yang dibutuhkan diperoleh, lepaskan tombol mouse.

Share:

Memindahkan Sel Aktif

 

  • Memindahkan Sel Aktif
    Sel aktif ada pada alamat A1 ketika buku kerja dibuka. Data yang diketik akan dimasukkan ke sel aktif. Kita dapat memindahkan sel aktif ke sel lain dengan menggunakan mouse atau keyboard. Untuk memindahkan sel aktif ke sel lain dengan mouse cukup dengan mengklik sel tersebut.



    Gambar bagian lembar kerja




    Kita menggunakan satu tombol atau kombinasi tombol keyboard untuk memindahkan sel aktif dengan keyboard. Lebih jelasnya, tombol atau kombinasi tombol yang kita gunakan untuk memindahkan sel aktif dapat dilihat pada tabel di bawah ini.










Share:

Buku Kerja dan Lembar Kerja

  • Buku Kerja dan Lembar Kerja
    Buku kerja adalah file dokumen di mana kita bekerja dan menyimpan data. Setiap buku kerja terdiri atas beberapa lembar kerja di mana kita dapat memasukkan dan menyusun bermacam-macam data atau informasi yang berhubungan. Gunakan lembar kerja untuk mendaftarkan, menghitung, dan menganalisa data. Kita dapat memasukkan dan mengedit data pada beberapa lembar kerja, dan melakukan perhitungan berdasarkan data dari banyak lembar kerja. Ketika membuat grafik, kita dapat menempatkan grafik pada lembar kerja dengan data yang berhubungan atau pada lembar kerja yang terpisah.

    Lembar kerja mempunyai nama. Nama dari lembar kerja terlihat pada tab lembar kerja yang berada di bagian bawah. Kita dapat berpindah dari suatu lembar kerja ke lembar kerja lain dengan cara mengklik tab lembar kerja tersebut.

  • Bagian Lembar Kerja
    Lembar kerja terdiri atas baris dan kolom. Kolom ditunjukkan dengan huruf pada kepala kolom (A, B, C, ..., Z, AA, AB, AC, ..., AZ, BA, BB, BC, .... , BZ, dan seterusnya). Baris ditunjukkan dengan angka pada kepala baris (1, 2, 3, ..., sampai 65536).

    Potongan antara baris dan kolom disebut sel. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Sebagai contoh, sel B20 adalah sel yang merupakan perpotongan antara kolom B dan baris 20. Sel aktif atau sel yang dipilih ditandai dengan garis tebal berwarna hijau di sekelilingnya, seperti terlihat pada Gambar berikut.

    Data yang kita ketikkan akan dimasukkan ke sel aktif ketika kita menekan tombol pada keyboard. Alamat sel aktif terlihat pada kotak alamat sel aktif di bagian atas lembar kerja.
    Gambar Sel aktif

    Setiap sel dibatasi oleh garis vertikal dan garis horizontal yang disebut garis grid (gridlines). Garis ini memudahkan kita melihat batas setiap sel. Jika kita mencetak lembar kerja, garis grid tidak akan ikut dicetak. Kita dapat mencetaknya dengan memberi tanda cek v pada pilihan Print di kelompok Sheet Options tab Page Layout.

    Buku kerja terdiri atas beberapa lembar kerja. Lembar kerja ditandai dengan tab lembar kerja Sheet1, Sheet2, Sheet3, dst. Kita dapat berpindah dari satu lembar kerja ke lembar kerja lain dengan mengklik tab lembar kerja. Lembar kerja yang dibuka ditampilkan dengan tab lembar kerja berwarna putih. Untuk membedakan suatu lembar kerja dengan lembar kerja lain, kita dapat memberi warna yang berbeda pada setiap tab lembar kerja.

    Pada bagian atas kiri lembar kerja terdapat bar rumus (formula bar). Bar rumus menampilkan rumus atau fungsi untuk melakukan perhitungan pada sel.


Share:

Popular Posts

Followers

Program

Labels

Sitemap

Blog Archive