PEMBAHASAN SOAL FISIKA GERAK LURUS NO.1-5 KELAS 11 SMA

 

1.       Perhatikan data kecepatan gerak mobil pada lintasan lurus berikut

Mobil

Kecepatan Awal (km/jam)

Kecepatan Akhir (km/jam)

A

60

80

B

90

90

C

40

0

D

70

70

 

Mobil yang bergerak lurus berubah beraturan adalah mobil …

a.     A dan B

b.     A dan C

c.      A dan D

d.     B dan C

e.     B dan D

 

2.       Sebuah partikel mengalami perlambatan 15 m/s2 sehingga kecepatan partikel berubah dari 50 m/s menjadi 20 m/s. Jarak yang dilewati partikel selama mengalami perubahan kecepatan sebesar … m

a.     40

b.     50

c.      60

d.     70

e.     80

 

3.       Sebuah objek bergerak dengan kecepatan awal sebesar v m/s. Jika objek tersebut dipercepat hingga kecepatannya menjadi tiga kali kecepatan awal dan berpindah sejauh x m, percepatan objek tersebut selama mengalami perubahan kecepatan sebesar … m/s2

a.      

b.      

c.       

d.      

e.      

 

4.       Mobil bergerak dengan kecepatan 90 km/jam pada jalanan yang lurus. Tiba-tiba supir melihat pohon tumbang di depan mobilnya. Jarak antara mobil dengan pohon tumbang saat itu sejauh 86,5 m. Oleh karena supir masih terkejut, supir tersebut membutuhkan jeda 1 detik untuk menginjak rem. Setelah itu, mobil mengalami perlambat sebesar 5 m/s2. Pernyataan berikut yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

a.     Mobil menabrak pohon tumbang

b.     Mobil berhenti 1 m di depan pohon tumbang

c.      Mobil berhenti tepat 10 cm di depan pohon tumbang

d.     Mobil melaju sejauh 65 m sesaat setelah menginjak rem

e.     Mobil melaju sejauh 50 m saat jeda 1 detik supir menginjak rem

 

5.       Dua mobil bergerak dengan kecepatan 15 m/s dan 20 m/s secara bersamaan pada posisi awal yang sama. Setelah kedua mobil bergerak selama 30 detik, jarak kedua mobil tersebut sejauh … m

a.     120

b.     150

c.      450

d.     700

e.     900

Menu awal 

Selanjutnya




Share:

MENENTUKAN DAERAH ASAL FUNGSI 11 SMA KMERDEKA

 

1.      Diketahui fungsi f(x) = x + 1 dan g(x) = √x+4

Tentukan daerah asal dan hasil dari operasi pada fungsi berikut.

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

2.       Diketahui f(x) = 2x + 3 dan g(x) = x2

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

3.      Diketahui f(x) = √x   dan g(x) = x2 – 1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

4.      Diketahui f(x) = √(x^2 - 9) dan g(x) = x – 3

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

5.       Diketahui f(x) =  1/x - 1 dan g(x) = x/2x+1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

6.       Diketahui f(x) = 1/√x dan g(x) = 2/√x^3

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

7.      Diketahui f(x) = √x dan g(x) = √(x^2-4)

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)

 

8.       Diketahui f(x) = 2/x-3 dan g(x) = 2x – 6

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x)


9.       Diketahui f(x) = 2x+6/4+2x  dan g(x) = √x+1

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

10.    Diketahui f(x) = 2x – 6 dan g(x) = 9 – 3x

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

 

11.    Diketahui f(x) = √16-x^2 dan g(x) = √4-x

a.     (f + g) (x)

b.     (f – g) (x)

c.      (f . g) (x)

d.     (f/g) (x) 

   

>> Menu Awal

>> Pembahasan


Share:

LATIHAN SOAL BAB 1 BENTUK ALJABAR MATEMATIKA 8 SMP KURIKULUM MERDEKA

 1.       Jawablah setiap pertanyaan berikut terkait dengan dua bilangan ganjil berurutan, seperti 5 dan 7.

(1)   Misalkan n adalah bilangan bulat. Jika dimisalkan bilangan ganjil yang lebih kecil adalah 2n + 1, bagaimana menyatakan bilangan ganjil yang lebih besar?

(2)   Jelaskan mengapa jumlah dua bilangan ganjil berurutan adalah kelipatan 4

2.      Jelaskan dengan menggunakan bentuk aljabar: mengapa jumlah 3 bilangan bulat dengan selisih 3, seperti 1, 4, 7 adalah kelipatan 3.

3.       Jika kita misalkan A = x2 – 3x – 5 dan B = -2x2 + x + 7, bentuk aljabar apa yang harus dikurangkan dari A untuk menghasilkan B? 

4.    Tabung A memiliki jari-jari alas r cm dan tinggi t cm. Tabung B memiliki jari-jari alas dua kali panjang jari-jari alas tabung A, dan tingginya  dari tinggi tabung A. Gunakan bentuk-bentuk aljabar untuk menjelaskan berapa kali ukuran volume tabung B terhadap tabung A.



>> Daftar Isi

>> Materi

Share:

BAB 1 BENTUK ALJABAR MATEMATIKA 8 SMP KURIKULUM MERDEKA

Bentuk aljabar terbagi menjadi suku tunggal (monom) dan suku banyak (polinom). Contoh suku tunggal (monom) yaitu 4x, xy, y, -6. Contoh suku banyak (polinom) yaitu 10x + 20, 2x + 2y.

Pada persamaan x2 - 4x + 3 dapat diketahui:

x2 = suku

-4x = suku

3 = suku konstanta


Banyaknya variabel yang dikalikan dalam suatu bentuk suku tunggal disebut derajat.

Contoh:

2x = berderajat 1

-3x2 = berderajat 2

5x2y = berderajat 3


Suatu bentuk aljabar berderajat 1 disebut bentuk linear, bentuk aljabar berderajat 2 yang hanya memiliki satu variabel disebut bentuk kuadrat.

Detail materi bilangan bulat dapat kalian lihat pada video di bawah ini ya


>> Daftar isi

Share:

LATIHAN SOAL BAB 1 BILANGAN BULAT MATEMATIKA 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

1.       Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Gunakan tanda positif atau negatif untuk menyajikan besaran.

(1)   Diketahui bahwa A adalah titik 0 km. Titik “3 km sebelah utara A” dinyatakan sebagai +3 km. Bagaimana menyatakan titik “5 km di sebelah selatan A”?

(2)   Apabila “rugi 200 rupiah” dinyatakan sebagai -200 rupiah, menyatakan apa +300 rupiah?

 

2.       Diberikan bilangan-bilangan

-12; +7; 0; +0,6; -3; +25;  

1)   Mana yang merupakan bilangan positif? Mana yang negatif?

2)   Mana yang merupakan bilangan bulat? Mana yang merupakan bilangan asli?

 

3.       Tandai titik-titik pada garis bilangan yang bersesuaian dengan bilangan berikut ini.

+5; +3; -2,8;  

 

4.       Bandingkan pasangan-pasangan bilangan-bilangan berikut ini dengan menggunakan tanda pertidaksamaan.

(1)   -3; +5

(2)   -1,6; -2,4

(3)   0; -7

(4)   +1; -3; -2

 

5.       Nyatakan nilai mutlak dari +16 dan . Temukan bilangan-bilangan yang nilai mutlaknya 9 dan 0 berturut-turut.


>> Daftar Isi

>> Materi

Share:

BAB 1 BILANGAN BULAT MATEMATIKA 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

 


Bilangan bulat terbagi menjadi 2:

1. Bilangan bulat positif

2. Bilangan bulat negatif

Pada pengukuran suhu, jika diketahui suhunya 2 derajat celcius dibawah 0 derajat, maka gunakan tanda negatif. Dibaca minus/negatif 2 derajat celcius. Jika suhu 27 derajat celcius di atas 0, maka gunakan tanda positif. Dibaca plus/positif 27 derajat celcius.

Pada ketinggian, misalnya ketinggian Gunung Semeru adalah 3.676 m di atas permukaan laut, gunakan tanda positif. Sedangkan jika diketahui kedalaman Palung Jawa adalah 7.140 m di bawah permukaan laut, gunakan tanda negatif.

Detail materi bilangan bulat dapat kalian lihat pada video di bawah ini ya


>> Daftar Isi

>> Latihan Soal

Share:

HTML Tutorial

     HTML merupakan sebuah bahasa yang menggunakan markup atau penanda pada setiap bagiannya untuk membuat halaman web. Penanda atau markup sering disebut dengan tag yang ditandai dengan tanda "<>". HTML sendiri memiliki peran untuk mengatur struktur yang ada pada website. Seperti halnya batubata pada bangunan yang digunakan sebagai landasan dalam pembangunan rumah.

     Pembuatan website tidak hanya membutuhkan bahasa HTML karena website tidak akan menarik. Layaknya rumah yang tidak di plaster dan di cat menjadikannya bangunan yang tidak sempurna. CSS perlu dihadirkan untuk menyempurnakan website yang kita buat serta Javascript sehingga kenampakan website bisa sempurna. Terlebih untuk mendetailkan hingga ke database dapat menggunakan PHP dan My SQL.

      Pada Tutorial kali ini, akan dibahas mengenai pembuatan website dari mulai penggunaan HTML hingga ujicoba pembuatan website sederhana menggunaan HTML.

--> Editor
--> Pendahuluan HTML
--> 

Share:

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive