Tujuan Nasionalisme

     Tujuan nasionalisme bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Menumbuhkan dna meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  • Membangun hubungan yang rukun dan harmonis antarindividu dan masyarakat.
  • Membangun dan mempererat tali persaudaraan antarsesama anggota masyarakat.
  • Berupaya untuk menghilangkan ekstrimisme atau tuntutan berlebihan dari warga negara kepada pemerintah.
  • Menumbuhkan semangat rela berkorban bagi tanah air dan bangsa.
  • Menjaga tanah air dan bangsa dari serangan musuh, baik dari luar maupun dari dalam negeri
Share:

Prinsip Nasionalisme

     Secara umum, semangat nadionalisme dalam negara kebanggasaan dijiwai oleh lima prinsip, yaitu:



--> Kesatuan (unity), dalam wilayah teritorial, bangsa, ideologi, dan doktrin kenegaraan, sistem politik atau pemerintahan, sistem perekonomian, sistem pertahanan keamanan, dan kebudayaan,

--> Kebebasan (freedom, independence, liberty),  dalam beragama, berbicara dan berpendapat secara lisan maupun tulisan, berkelompok dan berorganisasi,

--> Kesamaan (equality), dalam kedudukan hukum, hak, dan kewajiban,

--> Kepribadian (personality) dan identitas (identity), yaitu memiliki harga diri, rasa bangga dan rasa sayang terhadap kepribadian dan identitas bangsanya yang tumbuh dari dan sesuai dengna sejarah kebudayaannya.

--> Prestasi (achievement), yaitu cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan serta kebesaran dan kemanusiaan dari bangsanya.

Share:

Nasionalisme

     Nasionalisme asalah suatu gejala psikologis berupa rasa persamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai bangsa. Nasionalisme yang ada pada diri seseorang dipengaruhi oleh beberapa unsur, diantaranya adalah:


--> Kesatuan Sejarah
--> Kesatuan Nasib
--> Kesatuan Budaya
--> Kesatuan Wilayah
--> Kesatuan Kerohanian

Materi terkait Nasionalisme

Share:

Tes Wawasan Kebangsaan

     Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:



Dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Dengan tujuan mempu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

Dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

>> Pilar Negara
Dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengalaman nilai-nilai dalam pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika

>> Bahasa Indonesia
Dengan tujuan mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Share:

KEDINASAN

     Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negara yang dikelola oleh pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sekolah-sekolah kedinasan ini memberikan fasilitas pendidikan beasiswa penuh, bahkan mahasiswa mendapatkan uang saku untuk biaya hidup. Hal ini membuat banyak siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah Kedinasan. Ditambah lagi setelah lulus dipastikan alumninya secara otomatis mendapatkan pekerjaan dari negara.


     Ada banyak sekolah kedinasan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, diantaranya adalah
  • Politeknik Statistika STIS, Badan Pusat Statistik. Jakarta
  • Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) Tangerang, Banten
  • Politeknik Siber dan Sandi Negara, Ciseeng, Bogor
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Babakan Madang, Bogor
  • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), Tangerang, Banten
  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang
  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP), Limo, Depok
  • Politeknik Imigrasi (POLTEKIM), Depok
  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI - STTD), Bekasi
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang, Banten
  • Dan lain sebagainya
Materi Tes
--> Intelegensia Umum


Share:

Pembahasan Vektor Matematika 12 SMA Kmerdeka

1.       Besaran berikut yang merupakan besaran vektor adalah …

a.     Panjang

b.     Massa

c.      Volume

d.     Gaya

e.     Suhu

 

2.       Perhatikan gambar vektor berikut.

 


Vektor  MN = … 

3.       Perhatikan gambar berikut dan pernyataan-pernyataan di bawahnya.

Pernyataan yang benar adalah …

a.     i saja

b.     ii saja

c.      iii saja

d.     i dan ii

e.     ii dan iii

 

4.       Perhatikan vektor-vektor berikut

Vektor yang sama dengan (-2, 5) adalah …


5.      Jika koordinat titik P(4, 8) dan Q(2, -3). Vektor  PQ = ….


>> Pembahasan



Share:

Pembahasan Lingkaran dan Busur Lingkaran 11 SMA Kmerdeka

 

1.       Perhatikan lingkaran P berikut.

Jika keliling lingkaran 80 cm dan besar <QPR = 144o, panjang busur QR adalah … cm

a.     8

b.     16

c.      24

d.     30

e.     32

 

2.      Pada lingkaran P terdapat busur AB yang panjangnya 36 cm. Jika keliling lingkaran P adalah 96  cm, besar sudut pusat APB adalah …

a.     60o

b.     75o

c.      105o

d.     135o

e.     150o

 

3.       Perhatikan lingkaran P berikut


Jika besar <BPC = 116o, besar <PCA adalah …o

a.     32

b.     34

c.      39

d.     58

e.     62

 

4.       Diketahui pada lingkaran O terdapat titik-titik K, L, dan M. Jika besar <KLM = 52o, besar <KOM adalah … o

a.     26

b.     31

c.      52

d.     102

e.     104

 

5.       Perhatikan lingkaran berikut.

 


Besar <ABC adalah … o

a.     30

b.     45

c.      50

d.     75

e.     90

 

6.       Perhatikan lingkaran P berikut

 


Jika besar <KLM = 32o, besar <PLK adalah … o

a.     58

b.     64

c.      76

d.     96

e.     116

 

7.       Perhatikan lingkaran berikut.


 

Jika besar <CBD = 68o, besar <APD adalah … o

a.     34

b.     44

c.      48

d.     68

e.     136

 

8.       Diketahui titik-titik A, B, C, dan D terletak pada sebuah lingkaran. Jika besar <BAC = (x + 38)o dan <BDC = (4x – 25)o, nilai x adalah …

a.     21

b.     23

c.      25

d.     31

e.     33

 

9.       Perhatikan lingkaran P berikut.


 

Jika perbandingan besar <KLM dan <KML adalah 3 : 5, besar <MKL adalah … o

a.     12

b.     24

c.      36

d.     54

e.     60

 

10.    Perhatikan lingkaran P berikut.

 


Jika <ABE + <ACE + <ADE = 192o, besar <APE adalah … o

a.     32

b.     64

c.      96

d.     128

e.     192

 

11.    Perhatikan lingkaran berikut

Jika besar <APC = 82, tentukan besar <ABC.

12.    Perhatikan lingkaran berikut

Jika besar <APD = 128o, tentukan besar <CBD.

13.    Titik-titik P, Q, dan R terletak pada lingkaran K. Jika besar <PQR = 68o, tentukan besar <KPR.

 


14.    Perhatikan lingkaran P berikut.

Jika panjang AB = AC, tentukan besar <ABC.

 

15.    Perhatikan lingkaran P berikut.

Jika besar <BDC = (x + 8)o dan <APB = (4x – 4)o, tentukan:

a.     Nilai x

b.     Besar <BPC




Share:

Popular Posts

Followers

Program

Sitemap

Blog Archive